Roboguru

Teori tumbukkan menyatakan, bahwa reaksi terjadi jika antarpartikel saling bertumbukkan. Akan tetapi hanya tumbukkan antarpartikel yang memiliki energi yang cukup dan arah yang tetap yang dapat menghasilkan reaksi. Hal apa yang menentukan kelajuan reaksi saat tumbukkan .

Pertanyaan

Teori tumbukkan menyatakan, bahwa reaksi terjadi jika antarpartikel saling bertumbukkan. Akan tetapi hanya tumbukkan antarpartikel yang memiliki energi yang cukup dan arah yang tetap yang dapat menghasilkan reaksi. Hal apa yang menentukan kelajuan reaksi saat tumbukkan horizontal ellipsis.

  1. Energi potensial, arah tumbukkan dan kompleks teraktivasispace 

  2. Frekuensi tumbukkan, energi potensial, dan arah tumbukkanspace 

  3. Arah tumbukkan, frekuensi tumbukkan, dan energi partikel pereaksispace 

  4. Katalis, komplek teraktivasi, dan energi potensial space 

  5. Frekuensi tumbukkan, arah tumbukkan, dan energi potensial.space 

Pembahasan Soal:

Reaksi kimia terjadi ketika partikel-partikel pereaksi saling bertumbukan. Namun, tidak semua tumbukan yang terjadi akan menghasilkan zat baru. Zat baru dapat dihasilkan dari tumbukan efektif. Ada dua kondisi yang diperlukan agar tumbukan efektif, yaitu tumbukan antarpartikel harus tepat sasaran (orientasi tumbukannya tepat) dan tumbukan harus menghasilkan energi yang cukup untuk memutuhkan ikatan dalam partikel reaktan. Peningkatan konsentrasi, suhu dan luas permukaan pereaksi dapat meningkatkan frekuensi tumbukan. Sehingga kemungkinan tumbukan efektif juga semakin banyak.

Jadi, hal yang menentukan kelajuan reaksi saat tumbukkan adalah arah tumbukkan, frekuensi tumbukkan, dan energi partikel pereaksi.

Jadi,  jawaban yang tepat adalah C.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Acfreelance

Terakhir diupdate 13 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Tumbukan antarmolekul di dalam suatu reaksi kimia ....

Pembahasan Soal:

Teori tumbukan merupakan penjelasan kualitatif tentang bagaimana suatu reaksi kimia dapat berlangsung dan mengapa laju reaksi dapat berbeda untuk reaksi yang berbeda. Teori tumbukan pertama kali diusulkan oleh Max Trautz pada tahun 1916. Max menyatakan bahwa ketika partikel reaktan bertumbukan satu dengan yang lainnya, hanya beberapa persen tumbukan saja yang menyebabkan perubahan kimia yang dikenal sebagai tumbukan yang efektif.

Agar terjadi tumbukan yang efektif maka diperlukan syarat yaitu orientasi tumbukan molekul harus tepat. Orientasi merupakan arah atau posisi antarmolekul yang bertumbukan. Sebelum suatu tumbukan terjadi, partikel partikel memerlukan suatu energi minimum yang dikenal dengan energi pengaktifan atau energi aktivasi (Ea).

Energi aktivasi adalah energi minimum yang diperlukan untuk berlangsungnya suatu reaksi. Energi tersebut yang kemudian digunakan untuk memutus ikatan sekaligus membentuk ikatan yang baru, sehingga terbentuklah produk reaksi.

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa tumbukan antarmolekul di dalam suatu reaksi kimia tidak selalu menghasilkan reaksi kimia.

Jadi, jawaban yang benar adalah A.

Roboguru

Pernyataan tentang teori tumbukan berikut yang benar adalah ... (1) Tumbukan efektif merupakan tumbukan yang menghasilkan reaksi. (2)   Kenaikan suhu berakibat meningkatnya energi kinetik gas. (3) ...

Pembahasan Soal:

Partikel-partikel yang terdapat dalam gas, zat cair, atau larutan selalu bergerak acak. Pergerakan partikel-partikel yang acak ini akan mengakibatkan terjadinya tumbukan antar-partikel. Teori tumbukan adalah teori yang menyebutkan bahwa terjadinya reaksi disebabkan adanya tumbukan antar-partikel zat pereaksi yang menghasilkan energi yang cukup untuk memulai reaksi. Tumbukan yang menghasilkan energi yang cukup untuk menghasilkan reaksi disebut dengan tumbukan efektif.

Berdasarkan teori tumbukan, terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi laju reaksi.

  1. Konsentrasi pereaksi

    Semakin besar konsentrasi pereaksi, semakin besar jumlah partikel pereaksi sehingga semakin banyak peluang terjadinya tumbukan. Hal ini menyebabkan semakin besar peluang untuk terjadinya tumbukan efektif antar-partikel yang mengakibatkan laju reaksi semakin cepat.
     
  2. Suhu

    Pada suhu tinggi, partikel-partikel yang terdapat dalam suatu zat akan bergerak lebih cepat daripada suhu rendah. Semakin tinggi suhu, energi kinetik partikel semakin meningkat. Semakin tinggi energi kinetik partikel yang bergerak, jika saling bertabrakan akan menghasilkan energi yang tinggi pula, sehingga makin besar peluang terjadinya tumbukan efektif dan semakin cepat laju reaksinya.
     
  3. Luas permukaan zat pereaksi

    Semakin luas permukaan zat pereaksi, semakin halus bentuk zat tersebut. Semakin luas permukaan mengakibatkan semakin banyak permukaan zat-zat pereaksi yang saling bersentuhan atau bertumbukan, sehingga semakin besar peluang terjadinya tumbukan efektif yang mempercepat laju reaksi
     
  4. Katalis

    Energi minimal yang diperlukan untuk berlangsungnya suatu reaksi disebut energi pengaktifan atau energi aktivasi. Semakin rendah energi aktivasi suatu reaksi, semakin mudah reaksi tersebut terjadi. Beberapa reaksi yang sukar berlangsung disebabkan oleh tingginya energi aktivasi. Agar reaksi lebih mudah berlangsung, ditambahkan katalis. Katalis mempercepat reaksi dengan cara mengubah jalannya reaksi, dimana jalur reaksi yang ditempuh tersebut mempunyai energi aktivasi yang lebih rendah daripada jalur reaksi yang biasanya ditempuh.


Jadi, jawaban yang tepat adalah A.space space space

Roboguru

Gambar A, B, dan C berikut menunjukkan reaksi pada tiga suhu yang berbeda.     (a) Gambar manakah yang menunjukkan campuran reaksi pada suhu tertinggi? Jelaskan! (b) Gambar manakah yang menunjukka...

Pembahasan Soal:

Berdasarkan teori tumbukan, semakin tinggi suhu, maka pergerakan partikel pereaksi semakin cepat.

  • Gambar B menunjukkan campuran reaksi pada suhu tertinggi, terlihat dari banyaknya pergerakan partikel pereaksi.
  • Gambar A menunjukkan campuran reaksi pada suhu terendah, terlihat dari sedikitnya pergerakan partikel pereaksi.

Jadi, gambar B menunjukkan reaksi pada suhu tertinggi dan gambar A pada suhu terendah.space 

Roboguru

Faktor apa saja yang berhubungan dengan tumbukan partikel yang dapat meningkatkan laju reaksi ?

Pembahasan Soal:

Faktor-faktor yang memengaruhi laju reaksi karena tumbukan antarpartikelnya yaitu:

  • Konsentrasi, jika konsentrasi bertambah, frekuensi tumbukan akan semakin sering, Sehingga peluang terbentuknya produk semakin besar.
  • Luas permukaan, jika pereaksi dipecah-pecah menjadi bagian-bagian yang lebih kecil, luas permukaannya semakin meningkat. Sehingga jumlah partikel pereaksi yang berada dipermukaan lebih banyak untuk ditumbuk dan membentuk produk.
  • Suhu,  dalam keadaan suhu tinggi, energi kinetika pereaksi yang saling bertumbukan meningkat. Sehingga dapat melebihi energi aktivasi-energi kinetik miniumum agar terjadi perubahan kimia.  

Dengan demikian, faktor-faktor yang memengaruhi laju reaksi berkaitan dengan tumbukan antarpartikelnya adalah konsentrasi, luas permukaan, dan suhu.space 

Roboguru

Reaksi antara  dengan CO menghasilkan NO dan  dengan model tumbukan seperti pada gambar berikut:   Jelaskan, mengapa tumbukan (a) yang paling efektif dan menghasilkan produk reaksi!

Pembahasan Soal:

Pada reaksi (a), atom O pada NOyang elektronegatif tepat mengarah ke atom C yang elektropositif pada CO, orientasi yang tepat seperti ini yang menyebabkan tumbukan efektif.

Sedangkan pada reaksi (b), atom-atom O dari kedua molekul yang elektronegatif mengakibatkan tolakan ketika terjadi tumbukan. 

Lalu pada reaksi (c), atom N dan O keduanya memiliki pasangan elektron bebas mengakibatkan tolakan ketika terjadi tumbukan

Kemudian pada reaksi (d), meskipun atom N memiliki pasangan elektron bebas dan atom C yang elektropositif. Tetapi atom N kurang elektronegatif dalam molekul NO2, karena pengaruh tarikan atom O yang lebih elektronegatif. Sehingga tumbukan yang terjadi tidak akan  seefektif reaksi (a).  

Dengan demikian, maka jawaban yang tepat adalah sesuai penjelasan di atas.space 

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved