Roboguru

Teori atom yang menyatakan bahwa reaksi kimia adalah pemisahan, penggabungan, atau penyusunan kembali atom-atom, sehingga atom tidak bisa dibuat atau dimusnahkan merupakan teori yang dikemukakan oleh....

Pertanyaan

Teori atom yang menyatakan bahwa reaksi kimia adalah pemisahan, penggabungan, atau penyusunan kembali atom-atom, sehingga atom tidak bisa dibuat atau dimusnahkan merupakan teori yang dikemukakan oleh....

  1. Dalton

  2. Thomson

  3. Niels Bohr

  4. Rutherford

  5. Max Planck

Pembahasan Soal:

Menurut dalton suatu atom dapat bergabung atau berpisah dengan atom lainnya untuk membentuk suatu zat baru melalui suatu reaksi kimia sehingga atom tidak dapat diciptakan atau dimusnakan.

Oleh karena itu, teori atom tersebut merupakan teori yang dikemukakan oleh dalton.

Jadi, jawaban yang benar adalah A.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Muhammad

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

Terakhir diupdate 12 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Menurut John Dalton, "atom dari unsur yang sama mempunyai ukuran, massa, dan sifat yang sama sedangkan atom dari unsur yang berbeda mempunyai ukuran, massa, dan sifat yang berbeda". Apakah Anda setuju...

Pembahasan Soal:

Walaupun teori atom Dalton dapat menjelaskan berbagai fakta eksperimen, teori tersebut masih banyak kelemahan. Salah satunya, tidak menjelaskan perbedaan antara atom unsur yang satu dengan unsur lainnya. Sejak akhir abad 19 para ahli dapat menunjukkan bahwa atom bukanlah sesuatu yang tidak terbagi melainkan terdiri atas partikel yang lebih kecil lagi, yang disebut partikel subatom, yaitu proton, elektron, dan neutron. 

Hasil percobaan menunjukkan bahwa satu unsur mungkin saja terdiri dari atom-atom yang berbeda massa, jadi tidak identik. Atom-atom dari unsur yang sama tetapi berbeda massa ini disebut isotop. Misalnya, karbon terdiri dari dua jenis atom yang ditandai sebagai C-12 dan C-13. Kedua isotop karbon tersebut memiliki sifat-sifat yang sama namun massanya berbeda, yaitu 12 dan 13. Oleh karena isotop dari satu unsur mempunyai nomor atom sama, maka cara membedakannya hanya dengan menyatakan nomor massanya.

Jadi, teori Dalton tersebut kurang disetujui karena dengan adanya penemuan terkait isotop dan isobar menjadi tidak mendukung teori dari Dalton.space

Roboguru

Berikut ini adalah gambar model atom sesuai perkembangan : Gambar yang sesuai dengan penemunya adalah ....

Pembahasan Soal:

Gambar model atom pada soal sesuai dengan penemunya adalah sebagi berikut.

  1. John Dalton : Atom adalah bagian terkecil penyusun materi yang tidak dapat dibagi lagi. (Gambar I)
  2. J.J Thomson : Atom merupakan suatu bola pejal berumuatan positif dengan elektron tersebar di dalamnya seperti roti kismis. (Gambar II)
  3. Rutherford : Atom terdiri dari inti-inti yang  bermuatan positif dan elektron bermuatan negatif yang beredar mengelilingi inti. (Gambar III)
  4. Niels Bohr : Elektron beredar mengelilingi inti pada lintasan dan tingka energi tertentu. (gambar IV)
  5. Mekanika kuantum : atom terdiri atas inti atom dengan elektron yang terletak dalam awan elektron / kebolehjadian ditemukan elektron pada daerah tertentu di sekitar inti atom yang disebut orbital. (Gambar V).

Dengan demikian, pasangan gambar yang sesyuai dengan penemunya yang tepat yaitu John Dalton I dan Niels Bohr IV.

Jadi, jawaban yang benar adalah A.undefined

Roboguru

Siapakah di antara ilmuwan-ilmuwan berikut yang mempelajari kimia dan mengajukan teori atom? a. John Berzellius b. John Dalton c. Robert Brown d. Dmitri Mendeleev

Pembahasan Soal:

Diantara ilmuan-ilmuan tersebut yang mempelajari kimia dan mengajukan teori arom adalah John Dalton. John Dalton merumuskan defenisi presisi mengenai penyusun materi yang tidak dapat dibagi lagi, serta mengemukakan 4 postulat tentang atom, yaitu sebagai berikut.

  1. Atom adalah bagian terkecil dari suatu unsur dan tidak dapat dibagi lagi
  2. Atom-atom unsur sejenis mempunyai sifat yang identik, seperti volume, bentuk, maupun massanya. Sedangkan atom dari unsur berbeda memiliki sifat yang berbeda pula
  3. Dalam reaksi kimia, terjadi penggabungan atau pemisahan atom yang terjadi penataan ulang membentuk komposisi tertentu. Tidak ada atom yang hilang atau tercipta dalam suatu reaksi, yang terjadi hanyalah penataan ulang atom-atom (hukum konservasi massa).
  4. Atom dapat bergabung dengan atom lain untuk membentuk suatu molekul dengan angka perbandingan bulat dan sederhana. Postulat ini merupakan konsep molekul, yaitu antaratom dapat bergabung membentuk molekul baik dari atom-atom sejenis ataupun berbeda jenis (hukum perbandingan tetap).

Jadi, diantara ilmuan-ilmuan tersebut yang mempelajari kimia dan mengajukan teori atom adalah John Dalton.

Roboguru

Nyatakan poin utama teori atom Dalton menurut kata-kata Anda sendiri. Teori atom Dalton yang manakah yang ternyata tidak benar?

Pembahasan Soal:

Menurut Dalton, hipotesis tentang atom adalah sebagai berikut.

  • unsur tersusun atas partikel yang tidak dapat dibagi lagi yang disebut "atom"
  • atom penyusun unsur yang sama adalah identik, sedangkan atom penyusun unsur yang tidak sama adalah berbeda
  • senyawa tersusun atas atom-atom dengan perbandingan tertentu
  • atom tidak dapat diciptakan dan dimusnahkan

Anggapan Dalton bahwa atom tidak dapat dibagi lagi terbukti tidak benar setelah ditemukannya partikel-partikel subatom yang menyusun atom seperti proton, elektron, dan neutron.

Jadi, teori atom Dalton menyatakan bahwa atom adalah satuan terkecil yang tidak bisa dibagi lagi. Anggapan Dalton bahwa atom tidak dapat dibagi lagi terbantahkan sejak ditemukannya partikel-partikel subatom.space

Roboguru

Reaksi kimia merupakan pemisahan, penggabungan, atau penyusunan kembali atom-atom, sehingga atom tidak bisa dibuat atau dimusnahkan. Teori ini dikemukakan oleh ….

Pembahasan Soal:

Teori atom yang dikemukakan oleh dalton menyatakan bahwa atom-atom dapat bergabung, berpisah, atau  penyusunan kembali atom-atom untuk membentuk zat baru sehingga tidak mungkin untuk menciptakan atau memusnakan atom.

Oleh karena itu, teori atom tersebut dikemukakan oleh Dalton.

Jadi, jawaban yang benar adalah A.

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved