Iklan

Iklan

Pertanyaan

Teori atom menurut Ernest Rutherford memiliki beberapa kelemahan di antaranya atom menurut Rutherford merupakan atom yang tidak stabil. Jelaskan mengapa atom menurut teori Rutherford tidak stabil!

Teori atom menurut Ernest Rutherford memiliki beberapa kelemahan di antaranya atom menurut Rutherford merupakan atom yang tidak stabil. Jelaskan mengapa atom menurut teori Rutherford tidak stabil!space 

Iklan

Y. Maghfirah

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Teori Ernest Rutherford : Atom terdiri dari suatu inti atom yang memiliki muatan listrik positif. Inti atom mengandung hampir seluruh massa atom dan dikelilingi oleh elektron-elektron bermuatan negatif dengan model seperti model tata surya. Atom bermuatan netral karena jumlah muatan inti sama dengan jumlah muatan elektron yang mengelilingi. Selama mengelilingi inti, gaya sentripetal pada elektron dibentuk oleh gaya Coulomb (elektrostatis). Kelemahan Teori Atom Rutherford : Elektron bergerak mengelilingi inti akan memancarkan suatu gelombang elektromagnetik yang menyebabkan energi total elektron akan berkurang dari waktu ke watku dan menjadikan lintasan edar mengecil. Hingga pada suatu saat ketika energi elektron habis, elektron akan jatuh ke inti dan membuat atom tidak stabil (padahal kenyataannya atom tersebut stabil). Jika lintasan elektron mengecil tiap saat, maka periode dan frekuensi gelombang yang dipancarkan menjadi bermacam-macam.

Teori Ernest Rutherford:

  1. Atom terdiri dari suatu inti atom yang memiliki muatan listrik positif.
  2. Inti atom mengandung hampir seluruh massa atom dan dikelilingi oleh elektron-elektron bermuatan negatif dengan model seperti model tata surya.
  3. Atom bermuatan netral karena jumlah muatan inti sama dengan jumlah muatan elektron yang mengelilingi.
  4. Selama mengelilingi inti, gaya sentripetal pada elektron dibentuk oleh gaya Coulomb (elektrostatis).

Kelemahan Teori Atom Rutherford:

  1. Elektron bergerak mengelilingi inti akan memancarkan suatu gelombang elektromagnetik yang menyebabkan energi total elektron akan berkurang dari waktu ke watku dan menjadikan lintasan edar mengecil. Hingga pada suatu saat ketika energi elektron habis, elektron akan jatuh ke inti dan membuat atom tidak stabil (padahal kenyataannya atom tersebut stabil).
  2. Jika lintasan elektron mengecil tiap saat, maka periode dan frekuensi gelombang yang dipancarkan menjadi bermacam-macam.

Latihan Bab

Model Atom

Inti Atom

Radioaktivitas dan Peluruhan

Radioisotop

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

564

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Mengapa teori atom Rutherford bertentangan dengan teori Gelombang Elektromagnetik?

1rb+

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia