Roboguru

Tentukanlah unsur intrinsik (judul, tema, alur, latar, tokoh, watak, amanat) naskah drama tersebut!

Pertanyaan

Tentukanlah unsur intrinsik (judul, tema, alur, latar, tokoh, watak, amanat) naskah drama tersebut!space

Pembahasan Soal:

Drama adalah sebuah cerita atau kisah yang menggambarkan kehidupan dan watak melalui tingkah laku dialog yang dipentaskan. Naskah drama dibentuk unsur-unsur drama yang disebut unsur intrinsik. Unsur intrinsik adalah unsur yang berada di dalam karya itu sendiri. Unsur intrinsik drama terdiri dari judul, tema, alur, latar, tokoh, watak, amanat. Unsur intrinsik naskah drama tersebut adalah:

  • Judul adalah nama suatu drama. Dengan melihat judul, kita akan mengetahui beberapa hal atau jalan cerita dari suatu drama. Judul sebuah drama dapat ditentukan dengan membaca keseluruhan cerita. Cerita tersebut berisi tentang pertemuan Gita dan Dwi yang sudah lama tidak bertemu. Gita dan Dwi adalah sahabat sejak SD. Mereka bertemu tidak sengaja, lalu saling bertukar nomer HP dan akun twitter. Maka, judul yang dapat digunakan dan sesuai dengan kutipan naskah  drama tersebut adalah Sahabat Lama.
  • Tema adalah ide pokok yang menjadi dasar atau pokok utama dari drama. Pokok utama dari naskah drama tersebut adalah Pertemuan dengan sahabat lama.
  • Alur adalah rangkaian jalan cerita yang terjadi pada drama. Tahapan-tahapan dalam alur meliputi tahapan awal (pengenalan tokoh- tokoh cerita serta perwatakan, latar), Pemunculan konflik, Komplikasi (peningkatan konflik), Klimaks (puncak konflik), Resolusi (jalan keluar dari setiap konflik yang ada), dan koda (akhir dari cerita). Berdasarkan naskah drama tersebut, tahapan alur dimulai dari bagian pengenalan tokoh (Dwi dan Gita) yang tidak sengaja bertemu saat Dwi membantu Gita membereskan kertas. Komplikasi ditunjukkan pada saat Gita mengucapkan terima kasih dan terburu-buru meninggalkan Dwi, namun Dwi mengenali Gita. Klimaks terjadi pada saat Dwi memotong pembicaraan Gita untuk mengingatkan Gita bahwa dia adalah sahabat waktu SD. Gita yang terburu-buru. Namun, Dwi segera meminta no HP Gita, tapi Gita lupa nomer Hpnya. Setelah itu, resolusinya ditunjukkan dengan Gita yang menyarankan agar memfollow twitternya. Akhir cerita tersebut ditunjukkan dengan pertemuan Dwi dan Gita di kantin sekolah. Ternyata, mereka bertemu lagi di sekolah yang sama.
  • Latar adalah keterangan mengenai tempat, waktu, dan suasana di dalam naskah drama. Latar tempat dalam naskah drama tersebut adalah sebuah tempat saat Dwi membantu Gita membereskan kertas yang berjatuhan dan di kantin sekolah. Latar suasana dalam naskah drama tersebut adalah terkejut.
  • Tokoh adalah pelaku yang memerankan seorang tokoh dalam cerita. Tokoh yang ada dalam naskah drama tersebut adalah Dwi dan Gita.
  • Watak adalah karakter atau sifat yang dimiliki oleh tokoh. Dalam naskah drama, tokoh Dwi berwatak baik, suka membantu, sedangkan watak Gita adalah pelupa.
  • Amanat, yaitu pesan yang terkandung dalam drama. Amanat drama tersebut adalah Jangan melupakan sahabat lama.

Dengan demikian, unsur intrinsik drama di atas adalah: 

  1. Judul: Sahabat Lama
  2. Tema: Pertemuan dengan sahabat lama
  3. Alur: Alur maju
  4. Latar: Kantin sekolah
  5. Tokoh: Dwi dan Gita
  6. Watak: Dwi: Berwatak baik, Gita: Pelupa
  7. Amanat: Jangan melupakan sahabat lamaspace​​​​​​​

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Hayati

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

Terakhir diupdate 18 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Amanat dari kutipan drama tersebut adalah ....

Pembahasan Soal:

Drama merupakan suatu karya sastra yang ditulis dalam bentuk dialog dan dengan maksud dipertunjukkan oleh aktor.

Salah satu unsur drama adalah amanat. Amanat drama merupakan pesan yang disampaikan pengarang cerita drama kepada penonton. Amanat drama dapat disampaikan dengan melalui peran para tokoh drama.

Kutipan drama tersebut bercerita tentang Riski yang tidak menceritakan pada Eko bahwa mainan yang dia pinjam telah rusak karena tidak sengaja menjatuhkannya dan dengan suara gemetar, dia meminta maaf pada Eko. Eko memaafkannya dan mengatakan agar lain kali menjaga mainan tersebut baik-baik. 

Amanat yang terdapat pada kutipan tersebut adalah kita harus hidup rukun dan saling memaafkan.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan D.undefined   

Roboguru

Berdasarkan penggalan naskah di atas, Yanti bersifat ....

Pembahasan Soal:

Watak merupakan perilaku yang diperankan oleh si tokoh drama tersebut. Watak protagonis adalah salah satu jenis watak dan protagonis adalah berwatak baik. Sedangkan watak antagonis merupakan watak yang jahat.

Dari penggalan naskah di atas, Yanti bersifat mudah tersinggung. Hal ini ditunjukkan oleh dialog "Lho? Aku gak ngapa-ngapain kok. Aku dari tadi Cuma ngobrol sama Ana di sini. Ngapain juga repot-repot nyari kecoak. Nggak penting banget."

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan C.space  

Roboguru

Latar tempat kutipan drama tersebut adalah....

Pembahasan Soal:

Drama adalah sebuah cerita atau kisah yang menggambarkan kehidupan dan watak melalui tingkah laku dialog yang dipentaskan. Drama memiliki latar tertentu, salah satunya adalah latar tempat. Latar tempat yaitu penggambaran tempat  kejadian di dalam cerita, seperti di rumah, di sekolah, dan lain-lain. Latar tempat dapat disampaikan langsung dalam narasi atau penggambaran dengan kata-kata yang mengacu pada tempat tertentu.
Berdasarkan soal, drama tersebut berisi tentang suasana ujian di sekolah. Banu meminta jawaban kepada Dini, sedangkan Sita bertanya kepada Banu. Adi mengingatkan  agar tidak bersuara terlalu kencang nanti guru akan dengar. Sita kesulitan menjawab soal-soal. Guru mengetahui kejadian saling menyontek dan mempersilakan Dini, Banu, Sita, dan Adi mengumpulkan jawaban dan keluar. Penggambaran tempat yang sesuai suasana ujian tersebut adalah di kelas.

Dengan demikian, latar tempat kutipan drama tersebut adalah di kelas.

Roboguru

Setting waktu yang terjadi pada kutipan teks drama tersebut adalah ....

Pembahasan Soal:

Setting atau latar adalah gambaran tempat, waktu, serta situasi yang terjadi dalam kisah drama yang berlangsung.

Setting waktu yang terjadi pada kutipan teks drama tersebut adalah siang hari. Hal ini ditunjukkan oleh Sepulang sekolah Deri membuka sepatu dan kaos kakinya. Sepulang sekolah di sini berarti pada siang hari.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan B.undefined 

Roboguru

Perhatikan naskah drama berikut! Remaja Milenium     Pada suatu pagi yang cerah, dua orang reporter mendatangi seorang siswi yang cukup terkenal di SMP Rambate Rata Raya untuk diwawancarai. Repor...

Pembahasan Soal:

Kutipan kalimat yang menunjukan sikap tokoh Erni terhadap bahasa daerahnya ditunjukan pada kalimat Kamu bisa menggunakan bahasa daerah kamu seperti yang kamu lakukan di video-video YouTube kamu. Dari kalimat tersebut, dapat dilihat bahwa tokoh Eni sangat bangga menggunakan bahasa daerahnya. Hal tersebut dibuktikan dengan Eni yang biasa menggunakan bahasa daerah pada video-video youtubenya. undefined 

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved