Iklan

Iklan

Pertanyaan

Si Kancil berjalan berjingkat-jingkat di kebun Pak Tani. Kancil hendak mencuri mentimun. Di tengah kebun ada boneka orang-orangan, Si Kancil tidak takut malah menendang boneka itu. Ternyata boneka orang-orangan itu telah diberi getah nangka sehingga kaki Si Kancil menempel pada boneka itu dan sulit dilepaskan. Kemudian Pak Tani datang menangkap Kancil.space 

Tentukan watak tokoh dalam cerita di atas!

Tentukan watak tokoh dalam cerita di atas!space 

Iklan

N. Fatimah

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Jawaban terverifikasi

Jawaban

watak tokoh Kancil adalah sombong dan watak tokoh Pak Tani adalah cerdik.

watak tokoh Kancil adalah sombong dan watak tokoh Pak Tani adalah cerdik.space 

Iklan

Pembahasan

Menurut KBBI, watak adalahsifat batin manusia yang memengaruhi segenap pikiran dan tingkah laku. Tokoh adalahpemegang peran (peran utama) dalam roman atau drama. Tokoh dalam cerita di atas adalah Kancil dan Pak Tani. Kancil memiliki sifat yang kurang baik, dia sombongkarena merasa dirinya tidak takut dengan boneka yang ternyata terdapat getahsehingga dia bisa dengan mudahditangkap oleh Pak Tani. Hal itu dibuktikan dengan kutipan kalimat "Di tengah kebun ada boneka orang-orangan, Si Kancil tidak takut malah menendang boneka itu." Pak Tani memiliki watak cerdik karena berhasil membuat jebakan untuk menangkap Kancil. Hal itu dibuktikan dengan kutipan kalimat "Ternyata boneka orang-orangan itu telah diberi getah nangka sehingga kaki Si Kancil menempel pada boneka itu dan sulit dilepaskan. Kemudian Pak Tani datang menangkap Kancil." Dengan demikian, watak tokoh Kancil adalah sombong dan watak tokoh Pak Tani adalah cerdik .

Menurut KBBI, watak adalah sifat batin manusia yang memengaruhi segenap pikiran dan tingkah laku. Tokoh adalah pemegang peran (peran utama) dalam roman atau drama.

Tokoh dalam cerita di atas adalah Kancil dan Pak Tani. Kancil memiliki sifat yang kurang baik, dia sombong karena merasa dirinya tidak takut dengan boneka yang ternyata terdapat getah sehingga dia bisa dengan mudah ditangkap oleh Pak Tani. Hal itu dibuktikan dengan kutipan kalimat "Di tengah kebun ada boneka orang-orangan, Si Kancil tidak takut malah menendang boneka itu."

Pak Tani memiliki watak cerdik karena berhasil membuat jebakan untuk menangkap Kancil. Hal itu dibuktikan dengan kutipan kalimat "Ternyata boneka orang-orangan itu telah diberi getah nangka sehingga kaki Si Kancil menempel pada boneka itu dan sulit dilepaskan. Kemudian Pak Tani datang menangkap Kancil."

Dengan demikian, watak tokoh Kancil adalah sombong dan watak tokoh Pak Tani adalah cerdik.space 

Latihan Bab

Tema 4 Subtema 1: Jenis-jenis Pekerjaan

Tema 4 Subtema 2: Pekerjaan di Sekitarku

Tema 4 Subtema 3: Pekerjaan Orang Tuaku

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

317

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Tentukan tokoh dalamcerita di atas!

35

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia