Iklan

Iklan

Pertanyaan

Bacalah puisi berikut!


Tuhan, Kita Begitu Dekat
Karya: Abdul Hadi W.M.

Tuhan
Kita begitu dekat
Sebagai api dengan panas
Aku panas dalam apimu

Tuhan
Kita begitu dekat
Seperti kain dengan kapas
Aku kapas dalam kainmu

Tuhan
Kita begitu dekat
Seperti angin dengan arahnya
Kita begitu dekat
Dalam gelap
Kini aku nyala
Pada lampu padammuspace 

Tentukan tema puisi tersebut! Jelaskan jawaban Anda!

Tentukan tema puisi tersebut! Jelaskan jawaban Anda!space 

Iklan

W. Wahyuni

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Makassar

Jawaban terverifikasi

Jawaban

tema puisi tersebut adalah ungkapan perasaan seorang hamba yang merasakan kedekatan dengan Tuhan. Hal ini sesuai dengan judul dari puisi tersebut dan penggunaan kata-kata "kita begitu dekat" yang terus diulang pada setiap bait.

tema puisi tersebut adalah ungkapan perasaan seorang hamba yang merasakan kedekatan dengan Tuhan. Hal ini sesuai dengan judul dari puisi tersebut dan penggunaan kata-kata "kita begitu dekat" yang terus diulang pada setiap bait.space 

Iklan

Pembahasan

Puisi adalah karangan yang dibuat untuk mengungkapkan pikiran dan perasaan dengan menonjolkan penggunaan kata-kata yang indah. Kita dapat menuangkan berbagai gagasan dan pikiran menjadi sebuah barisan kata yang indah. Teks puisi dibentuk oleh struktur fisik yaitu majas, rima, kata konotasi, dan kata-kata berlambang. Selain itu dibentuk pula oleh struktur batin yakni tema, nada, suasana, rasa, dan amanat. Seperti pada puisi tersebut yang telah dibentuk oleh unsur-unsur dari struktur fisik dan struktur batin. Puisi yang berjudul "Tuhan, Kita Begitu Dekat" memiliki tema keagamaan yang mengungkapkan perasaan penulis sebagai hamba yang merasa bahwa Tuhan itu dekat. Dengan demikian, tema puisi tersebut adalah ungkapan perasaan seorang hamba yang merasakan kedekatan dengan Tuhan. Hal ini sesuai dengan judul dari puisi tersebut dan penggunaan kata-kata "kita begitu dekat" yang terus diulang pada setiap bait.

Puisi adalah karangan yang dibuat untuk mengungkapkan pikiran dan perasaan dengan menonjolkan penggunaan kata-kata yang indah. Kita dapat menuangkan berbagai gagasan dan pikiran menjadi sebuah barisan kata yang indah.  Teks puisi dibentuk oleh struktur fisik  yaitu majas, rima, kata konotasi, dan kata-kata berlambang. Selain itu dibentuk pula oleh struktur batin yakni tema, nada, suasana, rasa, dan amanat. Seperti pada puisi tersebut yang telah dibentuk oleh unsur-unsur dari struktur fisik dan struktur batin. Puisi yang berjudul "Tuhan, Kita Begitu Dekat" memiliki tema keagamaan yang mengungkapkan perasaan penulis sebagai hamba yang merasa bahwa Tuhan itu dekat.

Dengan demikian, tema puisi tersebut adalah ungkapan perasaan seorang hamba yang merasakan kedekatan dengan Tuhan. Hal ini sesuai dengan judul dari puisi tersebut dan penggunaan kata-kata "kita begitu dekat" yang terus diulang pada setiap bait.space 

Latihan Bab

Mengenal Teks Puisi

Unsur-Unsur Teks Puisi

Menganalisis Teks Puisi

Menyusun Teks Puisi

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

501

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Amanat yang terkandung pada petikan puisi tersebut adalah ....

480

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia