Iklan

Iklan

Pertanyaan

Bacalah teks berita berikut dengan saksama.


Aldila Sutjiadi Andalan Tenis Putri di Asian Games 2018

Jakarta - Aldila Sutjiadi menjadi kandidat kuat sebagai wakil tunggal putri pada tenis di Asian Games 2018. Kendati berat, ia tak mau menyerah.

    Regenerasi petenis putra dan putri Indonesia berjalan lamban. Boleh dibilang, sektor putri lebih kritis. Setelah memiliki Yayuk Basuki, Romana Tedjakusuma, Wyne Prakusya, dan Angelique Widjaja, belum muncul lagi petenis putri yang mampu menembus persaingan dunia di kelas profesional. Celakanya, Indonesia menjadi tuan rumah Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang.

    Menilik Asian Games sebelumnya, sudah tiga gelaran multievent itu petenis putri Indonesia tak bergigi. Kini, waktu yang tersisa menuju Asian Games 2018 tinggal empat bulan lagi. Di antara jumlah petenis putri yang minim, Indonesia memiliki Dila, sapaan karib Aldila Sutjiadi.

    Dila masih berusia 22 tahun. Dia belum setahun menjadi predikat petenis profesional. tepatnya mulai Juli tahun lalu setelah lulus dari kuliah di Universitas Kentucky, Amerika Serikat. Saat ini, Dila yang masih berada di urutan ke-872 dunia bakal menjadi tumpuan di Asian Games. Asian Games yang cukup istimewa karena Indonesia menjadi tuan rumah.

    Dengan peringkat dan durasi pendek sebagai petenis profesional, Dila pun masih minim pengalaman dibandingkan calon lawan di Asian Games nanti. China memiliki berlapis-lapis petenis putri di 100 besar dunia. Sebut saja Shuai Zhang, Shuai Peng, Qiang Wang. Petenis Jepang, naomi Osaka, bahkan tembus peringkat 21 dunia. Taiwan juga memiliki Su Wei Hsieh. Thailand Luksika Kumkhum yang ada di peringkat 85 dunia. Dia peraih medali emas SEA Games 2017 Kuala umpur.

    Dila menyadari situasi itu. Dia bahkan tak menyangka begitu kritisnya kondisi tenis Indonesia hingga dia yang masih berada di urutan 800-an dunia menjadi yang terbaik saat ini. Tapi, Dila tak mau berlarut-larut dengan beban yang ada di pundaknya. Dia akan berupaya maksimal untuk mempersembahkan yang terbaik buat Indonesia.

    "Melihat pesaing cukup berat (untuk mendapatkan medali). Ada China, Korea, Jepang, dan Thailand yang memiliki petenis-petenis yang ada di top 100 dunia. Peluang kecil, tapi masih ada kesempatan untuk mendapatkan medali," ujar Dila kemudian menarik napas panjang.

    Saat ini, Dila terdaftar sebagai anggota pelatnas tenis bersama lima petenis putri lainnya. Jika sedang bersama-sama di Jakarta, mereka digodok di lapangan tenis Hotel Sultan. Mereka ditangani oleh direktur teknik dari Belanda, Frank van Fraeyenhove, dan pelatih lokal, Dedy Prasetyo. Tapi dalam mengikuti turnamen sesuai jadwal yang sudah diaturnya, Dila masih merogoh kocek sendiri dan biaya dari KONI Jawa Timur. Dila juga tak memiliki pelatih yang mengikuti tur ke ajang internasional ataupun nasional.

    Kendati banyak lubang dalam persiapan menuju Asian Games 2018, Dila optimistis status tuan rumah bakal menjadi keuntungan tersendiri bagi dia dan atlet Indonesia lainnya. "Aku antusias banget tampil di Asian Games. Mungkin karena aku bisa bawa nama indonesia. lni ajang Asian Games pertamaku. Semoga saja bisa memberikan yang terbaik," ujar Dila.

Sumber: sport.detik.comspace 

Tentukan struktur teks berita tersebut dengan menentukan gagasan utamanya. Bagian Struktur Paragraf Gagasan Utama Teras Berita

Tentukan struktur teks berita tersebut dengan menentukan gagasan utamanya.

Bagian Struktur Paragraf  Gagasan Utama
Teras Berita    

 

space 

Iklan

U. Yuliani

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Gunadarma

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Teks berita merupakan teks yang memuat informasi mengenai kejadian atau peristiwa terkini sesuai fakta. Teks berita memiliki struktur yaitu kepala, teras, tubuh, dan kaki berita. Teras berita merupakan bagian pembuka yang berisi intisari berita. Bagian teras berita pada teks di atas dapat diidentifikasi pada paragraf pertama. Paragraf tersebut berisi tentang Aldila Sutjiadi sebagai kandidat kuat wakil tunggal putri di Asian Games 2018 yang pantang menyerah. Paragraf pertama juga memiliki gagasan utama yang merupakan inti dari pembahasan suatu paragraf. Aldila Sutjiadi menjadi kandidat kuat sebagai wakil tunggal putri pada tenis di Asian Games 2018. Kendati berat, ia tak mau menyerah. Gagasan utama paragraf tersebut yaitu Aldila Sutjiadi menjadi kandidat kuatsebagai wakil tunggal putri pada tenis di Asian Games 2018. Berdasarkan uraian tersebut,struktur teras berita pada teks tersebut terdapat pada paragraf pertama. Adapun gagasan utama paragraf pertama yaitu Aldila Sutjiadi menjadi kandidat kuatsebagai wakil tunggal putri pada tenis di Asian Games 2018.

Teks berita merupakan teks yang memuat informasi mengenai kejadian atau peristiwa terkini sesuai fakta. Teks berita memiliki struktur yaitu kepala, teras, tubuh, dan kaki berita. 

Teras berita merupakan bagian pembuka yang berisi intisari berita.

Bagian teras berita pada teks di atas dapat diidentifikasi pada paragraf pertama. Paragraf tersebut berisi tentang Aldila Sutjiadi sebagai kandidat kuat wakil tunggal putri di Asian Games 2018 yang pantang menyerah.

Paragraf pertama juga memiliki gagasan utama yang merupakan inti dari pembahasan suatu paragraf. 

Aldila Sutjiadi menjadi kandidat kuat sebagai wakil tunggal putri pada tenis di Asian Games 2018. Kendati berat, ia tak mau menyerah.

Gagasan utama paragraf tersebut yaitu Aldila Sutjiadi menjadi kandidat kuat sebagai wakil tunggal putri pada tenis di Asian Games 2018.

Berdasarkan uraian tersebut, struktur teras berita pada teks tersebut terdapat pada paragraf pertama. Adapun gagasan utama paragraf pertama yaitu Aldila Sutjiadi menjadi kandidat kuat sebagai wakil tunggal putri pada tenis di Asian Games 2018. space 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

224

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Tentukan struktur teks berita tersebut dengan menentukan gagasan utamanya.

3

3.5

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia