Pertanyaan

Lakon Remaja
Arloji
Karya P. Hariyanto

    Kisah ini terjadi di sebuah kamar depan keluarga yang cukup terpandang. Terdapat berbagai perlengkapan yang lazim di kamar tamu semacam itu, namun yang terpenting ialah seperangkat meja dan kursi tamu. Pada kira-kira pukul 09.00 drama ini terjadi.

    Dengan penuh keriangan, si Jidul membersihkan meja dan kursi-kursi. Kepalanya melenggut-lenggut, pantatnya bergidal-gidul seirama dengan musik dangdut yang terdengar meriah. Jidul terkejut ketika musik mendadak berhenti.

(1) Pak Pikun: (muncul, langsung menuju Jidul) "Ayo! Mana! Berikan kembali padaku! Ayo! Mana!"

(2) Jidul: (ber-ah-uh, sambil memberikan isyarat yang menyatakan ketidakmengertiannya)

(3) Pak Pikun: "Jangan berlagak lupa! Siapa lagi kalau bukan kamu yang mengambilnya? Ayo, Jidul, kamu sembunyikan di mana, heh?"

(4) Jidul: (ber-ah-uh, semakin bingung dan takut)

(5) Pak Pikun: "Dasar tangan panjang! Belum sampai sebulan di sini kamu sudah kambuh lagi, ya? Dasar nggak tahu diri! Ayo, kembalikan kepadaku! Mana, heh?"

(6) Jidul: (meringkuk diam)

(7) Pak Pikun: (semakin keras suaranya) "Jidul! Kamu mau kembalikan apa tidak? Mau insaf apa tidak? Apa mau kupanggilkan orang-orang sekampung untuk mengadilimu, heh? Kamu mau dipukuli seperti dulu lagi atau mau aku bawa ke meja hijau? Ayo, mana?"

(8) Ibu: (Muncul tergesa-gesa) "Eh, ada apa Pak Pikun? Ada apa dengan Jidul?"

(9) Pak Pikun: "Anak ini memang tidak pantas dikasihani, Bu. Dia mencuri lagi, Bu!"

(10) Ibu: "Mencuri?" (tertegun). "Kamu mengambil hak orang lain lagi, Jidul?"

(11) Jidul: (ber-ah-uh sambil menggoyang-goyangkan kepala dan tangannya)

(12) Pak Pikun: "Mungkir, ya? Padahal jelas, Bu! Tadi saya mandi. Setelah itu, arloji saya tertinggal di kamar mandi. Lalu dia masuk, entah mengapa. Lalu tidak ada lagi arloji saya, Bu."

(13) Ibu: "O, arloji Pak Pikun hilang, begitu?"

(14) Pak Pikun: "Bukan hilang, Bu! Jelas dicurinya! Ayo, ngaku saja! Kamu ngaku saja, Jidul!"

(15) Jidul: (ber-ah-uh mencoba menjelaskan ketidaktahuannya)

(16) Pak Pikun: "Masih mungkir? Minta ku pukul?"

(17) Ibu: "Sabar, Pak Pikun! Sabar, kendalikan diri!"

(18) Pak Pikun: "Maaf, Bu. Ini biar saya urus sendiri! Kamu baru mau ngaku kalau dipukul, ya? Sini!" (Mau memukul si Jidul).

(19) Jidul: (Meloncat, lari ke luar dikejar oleh Pak Pikun)

(20) lbu: "Sabar dulu Pak Pikun! Diperiksa dulu! (mendesah sendiri) Ya, ampun! Orang sudah tua kok gegabah, tidak sabaran begitu, keras kepala pula."

(21) Tritis: (Muncul membawa buku dan alat tulis) "Uh! Pagi-pagi sudah mencuri. Ganggu orang belajar saja!"

(22) Ibu: "Belum jelas, Tritis!"

(23) Tritis: "Ah, Ibu sih suka membela si Jidul! Siapa lagi kalau bukan dia yang mengambil arloji Pak Pikun? Apa ibu lupa? Dia kan dulu ketahuan mencuri ayam kita, ketahuan, mau dipukuli orang malah kemudian dibela Ayah dan ditampung di rumah kita. Keenakan dia, maka kini mencuri lagi!"

(24) Ibu: "Ya, memang, dulu pernah mencuri. ltu karena ia kelaparan. Tetapi, belum tentu sekarang dia mengambil arloji Pak Pikun, Tritis!"

(25) Tritis: "Kalau bukan si Jidul, apa Ibu atau aku yang mengambil arloji itu, Ibu?" (Tertawa).

(26) Ibu: (Menemukan ide). "Ah! Mungkin masih ada di kamar mandi, Tritis! Atau mungkin di dekat jemuran. Pak Pikun kan pelupa. Mari kita coba mencarinya!" (Bersama Tritis melangkah ke kiri akan ke luar, tetapi kemudian terhenti)

    Terdengar suara rusuh. Si Jidul kembali meloncat masuk dari kanan. Maunya berlari, tetapi tersandung sesuatu. Ia jatuh terguling mengejutkan Ibu dan Tritis. Dan sebelum sempat bangkit, Pak Pikun sudah keburu masuk pula dan menangkapnya dengan geram.

(27) Pak Pikun: (sambil mengacung-acungkan penggada besar, tangan kirinya tetap mencengkeram leher kaus si Jidul). "Mau, lari ke mana lagi, heh? Ku pukul kamu sekarang!"

(28) Ibu: "Sabar, Pak! Tunggu dulu!"

(29) Pak Pikun: "Tunggu apa lagi, Bu! Anak nggak benar ini harus saya ajar biar kapok." (Akan memukulkan penggadanya).

(30) Ibu: “Tunggu dulu! Siapa tahu, Jidul benar tidak mencuri dan Pak Pikun yang tidak benar menaruh arlojinya!"

(31) Pak Pikun: "Tak mungkin, Bu! Saya yakin, si bocah ini pencurinya. Kamu harus menanggung akibatnya." (akan memukulkan penggadanya).

(32) Tritis: (Melihat tangan Pak Pikun) "Eh, lihat! Arlojinya kan itu! Di pergelangan tangan kananmu, Pak Pikun. Lihat!” (Tertawa ngakak).

(33) Ibu: "O, iya! Betul! Dasar Pak Pikun ya Pikun!" (Tertawa geli).

    Pak Pikun tertegun memandang pergelangan tangannya yang kanan. Dilepaskannya si Jidul. Diamat-amatinya arloji itu. Penggadanya sudah dijatuhkan. Dengan sangat malu, ia berjalan ke luar tertegun-tegun, diiringi gelak tawa Ibu dan Titis. Sementara itu, si Jidul pun tertawa-tawa pula dengan caranya sendiri yang spesifik.space 

Sumber: Kumpulan Naskah Remaja (dengan pengubahan)space 

Tentukan struktur drama "Arloji" dalam tabel berikut!

Tentukan struktur drama "Arloji" dalam tabel berikut!space 

E. Iga

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Sanata Dharma

Jawaban terverifikasi

Jawaban

dapat disimpulkan bahwa pada teks drama "Arloji" terdapat struktur adegan.

dapat disimpulkan bahwa pada teks drama "Arloji" terdapat struktur adegan.space 

Pembahasan

Drama berarti dialog yang dipentaskan atau cerita atau kisah, terutama yang melibatkan konflik atau emosi, yang khusus disusun untuk pertunjukan teater. Dalam teks atau naskah drama, terdapat struktur drama yaitu: Prolog disebut juga pengantar pembuka. Kebanyakan prolog drama berupa narasi yang memperkenalkan latar dan tokoh. Akan tetapi, ada juga naskah drama yang tidak memiliki prolog, langsung pada dialog. Dialog adalah percakapan antara tokoh satu dengan tokoh lain. Jika percakapan dilakukan sendiri disebut monolog. Babak atau disebut juga episode (dalam ragam prosa). Di dalam satu babak terjalin peristiwa-peristiwa yang terjadi dalam satu tempat dan satu waktu. Di dalam satu babak ini juga mungkin terdiri dari beberapa adegan.Drama yang pendek bisa hanya berupa drama satu babak, sedangkan sebuah naskah drama yang panjang dapat terdiri dari beberapa babak. Adegan adalah bagian dari babak yang dibatasi oleh perubahan peristiwa yang berkaitan dengan hadir atau perginya satu atau lebih tokoh.Satu adegan hanya menggambarkan satu suasana. Pergantian adegan tidak selalu ditandal dengan pergantian latar (setting). Epilog merupakan bagian penutup drama. Berdasarkan uraian tersebut, maka yang termasuk ke dalam adegan pada teks drama "Arloji" yaitu: Terdengar suara rusuh. Si Jidul kembali meloncat masuk dari kanan. Maunya berlari, tetapi tersandung sesuatu. Ia jatuh terguling mengejutkan Ibu dan Tritis. Dan sebelum sempat bangkit, Pak Pikun sudah keburu masuk pula dan menangkapnya dengan geram. Narasi tersebut termasuk ke dalam struktur adegan karena merupakan bagian dari babak yaitu pergantian adegan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pada teks drama "Arloji" terdapat struktur adegan.

Drama berarti dialog yang dipentaskan atau cerita atau kisah, terutama yang melibatkan konflik atau emosi, yang khusus disusun untuk pertunjukan teater.

Dalam teks atau naskah drama, terdapat struktur drama yaitu:

  1. Prolog disebut juga pengantar pembuka. Kebanyakan prolog drama berupa narasi yang memperkenalkan latar dan tokoh. Akan tetapi, ada juga naskah drama yang tidak memiliki prolog, langsung pada dialog.
     
  2. Dialog adalah percakapan antara tokoh satu dengan tokoh lain. Jika percakapan dilakukan
    sendiri disebut monolog.
     
  3. Babak atau disebut juga episode (dalam ragam prosa). Di dalam satu babak terjalin peristiwa-peristiwa yang terjadi dalam satu tempat dan satu waktu. Di dalam satu babak ini juga mungkin terdiri dari beberapa adegan. Drama yang pendek bisa hanya berupa drama satu babak, sedangkan sebuah naskah drama yang panjang dapat terdiri dari beberapa babak.
     
  4. Adegan adalah bagian dari babak yang dibatasi oleh perubahan peristiwa yang berkaitan dengan hadir atau perginya satu atau lebih tokoh. Satu adegan hanya menggambarkan satu suasana. Pergantian adegan tidak selalu ditandal dengan pergantian latar (setting).
     
  5. Epilog merupakan bagian penutup drama.

Berdasarkan uraian tersebut, maka yang termasuk ke dalam adegan pada teks drama "Arloji" yaitu:

Terdengar suara rusuh. Si Jidul kembali meloncat masuk dari kanan. Maunya berlari, tetapi tersandung sesuatu. Ia jatuh terguling mengejutkan Ibu dan Tritis. Dan sebelum sempat bangkit, Pak Pikun sudah keburu masuk pula dan menangkapnya dengan geram.

Narasi tersebut termasuk ke dalam struktur adegan karena merupakan bagian dari babak yaitu pergantian adegan.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pada teks drama "Arloji" terdapat struktur adegan.space 

26

1.0 (1 rating)

Mochammad Fathoni

Pembahasan tidak menjawab soal

Iklan

Pertanyaan serupa

Jelaskan alur yang menunjukkan bagian orientasi, komplikasi, dan resolusi!

163

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia