Roboguru

Tentukan spesi yang merupakan asam dan basa Lewis pada reaksi-reaksi berikut. Ag++2NH3​→[Ag(NH3​)2​)+

Pertanyaan

Tentukan spesi yang merupakan asam dan basa Lewis pada reaksi-reaksi berikut.

Ag++2NH3[Ag(NH3)2)+

Pembahasan Soal:

Menurut Lewis, partikel (ion atau molekul) asam bertindak sebagai penerima (akseptor) pasangan elektron, sedangkan partikel (ion atau molekul) basa bertindak sebagai pemberi (donor) pasangan elektron. 

Berdasarkan penjelasan di atas maka senyawa NH3 bertindak sebagai basa Lewis karena dapat mendonorkan sepasang elektron ke senyawa lain dan ion Ag+ bertindak sebagai asam Lewis karena mampu menerima pasangan elektron dari senyawa lain.

 

 

Jadi, jawaban sesuai dengan uraian di atas.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

G. Suprobo

Mahasiswa/Alumni Institut Pertanian Bogor

Terakhir diupdate 15 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Perhatikan persamaan reaksi berikut!   Pernyataan yang tepat mengenai reaksi tersebut adalah ...

Pembahasan Soal:

Menurut Lewis, asam adalah zat yang dapat menerima pasangan elektron bebas, sedangkan basa adalah zat yang dapat mendonorkan pasangan elektron bebas. Pada reaksi:

begin mathsize 14px style C O subscript 2 end style menerima pasangan elektron bebas (asam)

begin mathsize 14px style O H to the power of minus sign end style mendonorkan pasangan elektron bebas (basa)

Jadi, jawaban yang benar adalah E.

0

Roboguru

Sebutkan 3 kelebihan teori asam-basa lewis!

Pembahasan Soal:

Asam Lewis adalah suatu senyawa yang mampu menerima pasangan elektron dari senyawa lain, atau akseptor pasangan elektron, sedangkan basa Lewis adalah senyawa yang dapat memberikan pasangan elektron kepada senyawa lain atau donor pasangan elektron. Berikut adalah kelebihan teori asam dan basa Lewis :

  • Teori asam dan basa Lewis mampu menjelaskan suatu zat memiliki sifat basa dan asam dengan pelarut lain dan bahkan dengan yang tidak mempunyai pelarut.
  • Teori asam dan basa Lewis mampu menjelaskan suatu zat memiliki sifat basa dan asam molekul atau ion yang memiliki PEB (pasangan elektron bebas). Contoh terdapat pada proses pembentukan senyawa komplek
  • Teori asam dan basa Lewis mampu menerangkan dan menjelaskan suatu senyawa bersifat basa dari zat-zat organik, contohnya dalam DNA dan RNA  mengandung atom nitrogen yang memiliki PEB (pasangan elektron bebas)

Dengan demkian, jawaban sesuai dengan pernyataan di atas.

0

Roboguru

Pada reaksi : Pernyataan yang benar mengenai sifat asam basa menurut Lewis dari reaksi diatas adalah ....

Pembahasan Soal:

Dalam teori asam-basa Lewis, asam adalah spesi yang menerima (akseptor) PEB sedangkan basa adalah spesi yang memberikan (donor)  PEB. Oleh sebab itu senyawa basa harus mempunyai setidaknya 1 PEB agar dapat memberikan elektronnya.

Jadi, jawaban yang benar yaitu D.

 

0

Roboguru

Tunjukkan spesies mana yang asam dan mana yang basa menuru asam-basa G.N lewis. A.

Pembahasan Soal:

Menurut konsep asam basa Lewis, yang dimaksud dengan asam Lewis adalah suatu senyawa yang mampu menerima pasangan elektron dari senyawa lain (akseptor pasangan elektron), sedangkan basa Lewis adalah senyawa yang dapat memberikan pasangan elektron kepada senyawa lain (donor pasangan elektron).

Pada senyawa A terlihat bahwa senyawa OH menjadi basa karena pada atom O terdapat pasangan elektron yang kemudian didonorkan pada C O subscript 2 sehingga C O subscript 2 adalah spesi asam.

Pada reaksi B ion H to the power of plus sign tidak memiliki elektron sehingga pasangan elektron yang digunakan adalah donor dari ion F to the power of minus sign oleh karena itu H to the power of plus sign akan menjadi asam dan F to the power of minus sign adalah basa.

Pada reaksi C senyawa N H subscript 3 memiliki banyak pasangan elektron yang dapat di donorkan pada ion Ag to the power of plus sign untuk mencapai kestabilan sehingga N H subscript 3 adalah spesi basa dan Ag to the power of plus sign adalah spesi asam.

Ion I to the power of minus sign memiliki banyak pasangan elektron yang dapat dinorkan sehingga akan bertindak sebagai basa.

Ion Al to the power of 3 plus sign merupakan ion yang melepas 3 elektron sehingga dapat dengan mudah menerima pasangan elektron sehingga dapat bertidak sebagai asam.

Senyawa Al Cl subscript 3 terdiri dari Al to the power of 3 plus sign dan Cl to the power of minus sign. Ion Cl to the power of minus sign merupakan ion yang memiliki banyak pasangan elektron sehingga dapat dengan mudah mendonorkan pasangan elektronnya sedangan Al to the power of 3 plus sign akan dengan mudah menerima pasangan elektron sehingga Cl merupakan basa dan Al merupakan asam.

Oleh karena itu, pada soal a yang bertidak sebagai asam adalah C O subscript 2 dan basa OH, pada reaksi B yang bertindak sebagai asam adalah H to the power of plus sign dan basa F to the power of minus sign, pada D ion I to the power of minus sign bertindak sebagai basa, pada E ion Al to the power of 3 plus sign bertindak sebagai asam dan pada F senyawa Al Cl subscript 3, Al merupakan asam dan Cl merupakan basa.space 

0

Roboguru

Apa yang dimaksud dengan asam basa menurut teori Lewis dan tuliskan contohnya!

Pembahasan Soal:

Menurut Lewis, partikel (ion atau molekul) asam bertindak sebagai penerima (akseptor) pasangan elektron, sedangkan partikel (ion atau molekul) basa  bertindak sebagai pemberi (donor) pasangan elektron. Reaksi asam-basa menurut Lewis berkaitan dengan transfer pasangan elektron yang terjadi pada ikatan kovalen koordinasi. Contohnya adalah sebagai berikut:


 

Berdasarkan reaksi tersebut, N H subscript 3 bertindak sebagai basa dan H to the power of plus sign bertindak sebaga asam.space 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved