Roboguru

Pertanyaan

Siswa Indonesia Raih Prestasi di Ajang Olimplade Sains 

    Siswa Indonesia kembali meraih prestasi membanggakan di ajang internasional. Kali ini torehan prestasi internasional tersebut datang dari Muhammad Adyan Dafi (15 tahun), siswa kelas IX, SMP Cahaya Rancamaya Islamic Boarding School, Bogor, Jawa Barat. Dafi, demikian sapaan akrabnya, meraih medali perak dalam ajang IJSO (International Junior Science Olympiad) 2019 atau Olimpiade Internasional Sains tingkat pendidikan menengah (SMP) di Doha, Qatar, pada 3-12 Desemter 2019. 
    Tahun ini olimpiade sains junior internasional ini diikuti lebih dari 400 siswa dari 72 negara, di antaranya Australia, China, Prancis, Jerman, Hong Kong, India, Irak, Libanon, Malaysia, Myanmar, Belanda, Filipina, Portugal, Thailand, dan juga Amerika Serikat. Menurut Dafi, saingan terberat datang dari India dan China Taipei. Mereka lebih rajin belajar di War latihan yang diberikan pemerintah. Mereka sejak dini memang sudah difokuskan untuk belajar sains lebih dalam. 
    Awalnya Dafi mengaku agak gugup melihat peserta negara lain yang tampak lebih dewasa dibanding dirinya. "Namun bagaimanapun, saya tetap berusaha semaksimal mungkin agar dapat mengharumkan nama bangsa Indonesia dalam perhelatan internasional tersebut," ujar Dafi. Tim Indonesia sendiri merupakan siswa pilihan dari seteksi Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2019. Dafi merupakan siswa berprestasi mewakili Jawa Barat dalam OSN tersebut. 

Disadur dari: https://edukasi.kompas.com/read/2019/12/18/21010491/membanggakan-siswa-indonesia-raih-prestasi-di-ajang-olimpiade-sains?page=all,diunduh 13 Januari 2020undefined

Tentukan simpulan berita tersebut!undefined 

S. Nurjannah

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Jember

Jawaban terverifikasi

Jawaban

simpulan berita tersebut adalah siswa Indonesia kembali meraih prestasi membanggakan di ajang internasional. Kali ini torehan prestasi internasional tersebut datang dari Muhammad Adyan Dafi (15 tahun), siswa kelas IX, SMP Cahaya Rancamaya Islamic Boarding School, Bogor, Jawa Barat yang meraih medali perak dalam ajang IJSO (International Junior Science Olympiad) 2019 atau Olimpiade Internasional Sains tingkat pendidikan menengah (SMP) di Doha, Qatar, pada 3-12 Desember 2019.space

Pembahasan

Berita adalah tulisan yang berisi informasi suatu peristiwa atau kejadian aktual. Informasi tersebut dapat diperoleh dengan membuat kesimpulan. Langkah-langkah membuat simpulan berita adalah sebagai berikut.

  1. Membaca berita dengan saksama.
  2. Mencatat pokok-pokok isi berita. Pokok-pokok isi mencakup tema, peristiwa yang diberitakan, orang yang diberitakan, tempat kejadian, waku kejadian, proses terjadinya peristiwa. Tema berita tersebut adalah prestasi. Peristiwa yang diberitakan adalah perolehan prestasi di ajang internasional. Orang yang berada dalam berita adalah siswa Indonesia bernama Muhammad Adyan Dafi (15 tahun), siswa kelas IX, SMP Cahaya Rancamaya Islamic Boarding School. Tempat perolehan prestasi di Doha, Qatar pada 3-12 Desember 2019. Prestasi ditunjukkan dengan perolehan medali perak ajang IJSO (International Junior Science Olympiad) 2019 atau Olimpiade Internasional Sains tingkat pendidikan menengah (SMP).
  3. Membuat kesimpulan berita dengan menyusun pokok-pokok berita dalam kalimat berita.

Dengan demikian, simpulan berita tersebut adalah siswa Indonesia kembali meraih prestasi membanggakan di ajang internasional. Kali ini torehan prestasi internasional tersebut datang dari Muhammad Adyan Dafi (15 tahun), siswa kelas IX, SMP Cahaya Rancamaya Islamic Boarding School, Bogor, Jawa Barat yang meraih medali perak dalam ajang IJSO (International Junior Science Olympiad) 2019 atau Olimpiade Internasional Sains tingkat pendidikan menengah (SMP) di Doha, Qatar, pada 3-12 Desember 2019.space

408

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Indikator Pendidikan di Provinsi Papua Barat Tahun 2008-2010 Simpulan isi tabel tersebut adalah ....

4

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia