Iklan

Iklan

Pertanyaan

Tentukan salah satu topik yang menurut kamu menarik untuk dikembangkan menjadi teks negosiasi.

Tentukan salah satu topik yang menurut kamu menarik untuk dikembangkan menjadi teks negosiasi. 

Iklan

N. Hayati

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

Jawaban terverifikasi

Jawaban

salah satu topik menarik untuk dikembangkan menjadi teks negosiasi adalah larangan membawa sepeda motor ke sekolah.

salah satu topik menarik untuk dikembangkan menjadi teks negosiasi adalah larangan membawa sepeda motor ke sekolah.undefined 

Iklan

Pembahasan

Teks negosiasi merupakan teks yang memuat bentukinteraksi sosial yang bertujuan untuk mencapai kesepakatan antara dua belah pihak yang memiliki kepentingan berbeda. Langkah-langkah Membuat Teks Negosiasi Persiapan dan perencanaan . Pada tahap ini diharapkan kalian bisa menentukan topik negosiasi yang akan dikembangkan. Menentukan pihak-pihak yang berkaitan . Pada kegiatan negosiasi perlu ditetapkan pihak-pihak yang berkaitan, siapa yang berperan sebagai penjual dan pembeli. Menentukan hal yang dinegosiasikan . Kalian perlu menentukan apa yang ingin dinegosiasikan apakah berupa barang atau jasa, serta waktu dan tempat negosiasi. Menyiapkan penyampaian argumen . Pada tahap ini masing-masing pihak mengutarakan apa yang diinginkan secara bijaksana. Merancang kegiatan tawar menawar dan penyelesaian masalah . Pada kegiatan ini dilakukan tawar menawar antara penjual dan pembeli untuk mencapai sebuah kesepakatan, biasanya berupa kesepakatan harga. Menentukan penutup . Tahap ini merupakan tahap terakhir dari kegiatan negosiasi, misalnya mengucapkan terima kasih dan salam. Dalam negosiasi jasa yang disepakati bersama hendaknya diformalkan, yaitu kesepakatan tertulis jika diperlukan dengan mengadakan dokumen dan tanda tangan. Menulis struktur teks negosiasi . Setelah melalui langkah-langkah di atas, selanjutnya kalian membuat struktur teks negosiasi dalam bentuk kerangka. Mulai dari orientasi, permintaan, pemenuhan, penawaran, persetujuan, sampai dengan penutup. Mengembangkan kerangka menjadi sebuah teks . Setelah kalian menulis kerangka sesuai dengan struktur, kalian harus mengembangkannya menjadi sebuah teks. Saat proses mengembangkan kerangka menjadi teks kalian harus memerhatikan kaidah kebahasaan yang digunakan agar teks negosiasi mudah diterima dan dimengerti oleh pembaca. Salah satu topik yang menarik untuk dikembangkan menjadi teks negosiasi yakni larangan membawa sepeda motor ke sekolah . Pada topik ini akan terjadi seluruh proses negosiasi seperti pengajuan, permintaan, penawaran, penolakan, hingga persetujuan, Dengan demikian, salah satu topik menarik untuk dikembangkan menjadi teks negosiasi adalah larangan membawa sepeda motor ke sekolah.

Teks negosiasi merupakan teks yang memuat bentuk interaksi sosial yang bertujuan untuk mencapai kesepakatan antara dua belah pihak yang memiliki kepentingan berbeda.

Langkah-langkah Membuat Teks Negosiasi

  • Persiapan dan perencanaan. Pada tahap ini diharapkan kalian bisa menentukan topik negosiasi yang akan dikembangkan.
  • Menentukan pihak-pihak yang berkaitan. Pada kegiatan negosiasi perlu ditetapkan pihak-pihak yang berkaitan, siapa yang berperan sebagai penjual dan pembeli.
  • Menentukan hal yang dinegosiasikan. Kalian perlu menentukan apa yang ingin dinegosiasikan apakah berupa barang atau jasa, serta waktu dan tempat negosiasi.
  • Menyiapkan penyampaian argumen. Pada tahap ini masing-masing pihak mengutarakan apa yang diinginkan secara bijaksana.
  • Merancang kegiatan tawar menawar dan penyelesaian masalah. Pada kegiatan ini dilakukan tawar menawar antara penjual dan pembeli untuk mencapai sebuah kesepakatan, biasanya berupa kesepakatan harga.
  • Menentukan penutup. Tahap ini merupakan tahap terakhir dari kegiatan negosiasi, misalnya mengucapkan terima kasih dan salam. Dalam negosiasi jasa yang disepakati bersama hendaknya diformalkan, yaitu kesepakatan tertulis jika diperlukan dengan mengadakan dokumen dan tanda tangan.
  • Menulis struktur teks negosiasi. Setelah melalui langkah-langkah di atas, selanjutnya kalian membuat struktur teks negosiasi dalam bentuk kerangka. Mulai dari orientasi, permintaan, pemenuhan, penawaran, persetujuan, sampai dengan penutup.
  • Mengembangkan kerangka menjadi sebuah teks. Setelah kalian menulis kerangka sesuai dengan struktur, kalian harus mengembangkannya menjadi sebuah teks. Saat proses mengembangkan kerangka menjadi teks kalian harus memerhatikan kaidah kebahasaan yang digunakan agar teks negosiasi mudah diterima dan dimengerti oleh pembaca. 

Salah satu topik yang menarik untuk dikembangkan menjadi teks negosiasi yakni larangan membawa sepeda motor ke sekolah. Pada topik ini akan terjadi seluruh proses negosiasi seperti pengajuan, permintaan, penawaran, penolakan, hingga persetujuan, 

Dengan demikian, salah satu topik menarik untuk dikembangkan menjadi teks negosiasi adalah larangan membawa sepeda motor ke sekolah.undefined 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

178

Mumtazah Nisrina

Pembahasan lengkap banget

Issa 2

Terlalu banyak persyaratan untuk mengakses

M Fauzan Lutfi Mulyadi

Pembahasan tidak lengkap

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Cara yang tepat untuk meyakinkan pihak lain dalam bernegosiasi adalah ....

452

3.8

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia