Iklan

Iklan

Pertanyaan

Bacalah kutipan teks biografi berikut!

Pengarang Antar Asmara adalah sastrawan serbabisa. Keserbabisaan sastrawan ini diawali dari dunia kewartawanan. Pada masa tahun 1930-an ia lebih dikenal sebagai seniman panggung. la juga pernah memakai nama Abisin Abas. Satu novelnya Noesa Penida, diterbitkan Balai Pustaka tahun 1952. Salah satu surat kabar terbesar di kota Padang saat itu adalah Sinar Sumatra menjadi tempat bekerja Andjar Asmara. Dengan semangat yang menggebu-gebu ia kerjakan berbagai jenis tulisan, misalnya reportase sepak bola, resensi fill, resensi sandiwara, reportase pengadilan, penerjemahan, rapat-rapat umum, dan cerita bersambung. Sebuah karya terjemahan berjudul Kota yang Kekal (Hall Caine) dimuat sebagai cerita bersambung dalam surat kabar Sinar Sumatra. Perkenalannya dengan Amir, pimpinan Padang Pera, memberinya jalan untuk terjun ke dalam lapangan sandiwara. Dalam lapangan ini Andjar ternyata menyimpan obsesi. Menurut gagasannya, sebuah karya sandiwara harus realistis. Sejak itu Padang Pera merintis sebuah revolusi perubahan dalam Komidi Stambul, yang harus keluar dari khayalan muluk-muluk, masuk kepada dunia nyata, seperti persoalan-persoalan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.

Disadur dari: httr://ensiklopedia.kemdikbud.go.id/sastra/artikel/ Antar Asmara, diunduh 5 September 2020undefined 

Tentukan pola penyajian karakter unggul tokoh dalam kutipan teks biografi tersebut!

Tentukan pola penyajian karakter unggul tokoh dalam kutipan teks biografi tersebut! 

  1. ...undefined 

  2. ...undefined 

Iklan

M. Rozalina

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Jambi

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Teks biografi adalahteksyang berisikan tentang cerita suatu tokoh dalam mengarungi kehidupannya, baik berupa masalahnya ataupun kelebihannya, yang ditulis oleh seseorang agar tokoh tersebut dapat diteladani orang banyak. Pola penyajian karakter unggul tokoh dan dalam teks biografi dibagi menjadi dua yaitusecara langsung dan secara deskriptif. Secara deskriptifdibagi menjadi dua pula, yaitu cara deskripsi melalui tindakan tokoh dan cara deskripsi melalui penuturan tokoh lain. Pola penyajian karakter unggul secara langsung adalah pola penyajian yang dituliskan secara langsung sehingga pembaca tidak perlu membaca keseluruhan teks dan menganalisis makna tersiratnya. Sedangkan pola penyajian karakter unggul secara deskriptif adalah pola penyajian yang dituliskan secara tidak langsung dengan cara mendeskripsikan atau menggambarkan tokoh, seperti cara tokoh menghadapi masalah atau watak tokoh. Pola penyajian karakter unggul secara tidak langsung melalui tindakan tokoh adalah pola penyajian dengan menuliskan secara tersirat dalam deskripsi tokoh tersebut. Sedangkan pola penyajian karakter unggul secara tidak langsung melalui penuturan tokoh lain adalah pola penyajian dengan menghadirkan tokoh lain yang menceritakan atau memberikan pernyataan tentang karakter unggul tokoh tersebut. Pola penyajian karakter unggul tokoh dalam kutipan teks biografi di atas adalah pola penyajian karakter unggul secara tidak langsung melalui tindakan tokoh. Hal ini dapat dilihat dari penggambaran tokohAndjar Asmara secara tersirat dari deskripsinya sebagai sastrawan serba bisa.

Teks biografi adalah teks yang berisikan tentang cerita suatu tokoh dalam mengarungi kehidupannya, baik berupa masalahnya ataupun kelebihannya, yang ditulis oleh seseorang agar tokoh tersebut dapat diteladani orang banyak.

Pola penyajian karakter unggul tokoh dan dalam teks biografi dibagi menjadi dua yaitu secara langsung dan secara deskriptif. Secara deskriptif dibagi menjadi dua pula, yaitu cara deskripsi melalui tindakan tokoh dan cara deskripsi melalui penuturan tokoh lain.

Pola penyajian karakter unggul secara langsung adalah pola penyajian yang dituliskan secara langsung sehingga pembaca tidak perlu membaca keseluruhan teks dan menganalisis makna tersiratnya. Sedangkan pola penyajian karakter unggul secara deskriptif adalah pola penyajian yang dituliskan secara tidak langsung dengan cara mendeskripsikan atau menggambarkan tokoh, seperti cara tokoh menghadapi masalah atau watak tokoh.  

Pola penyajian karakter unggul secara tidak langsung melalui tindakan tokoh adalah pola penyajian dengan menuliskan secara tersirat dalam deskripsi tokoh tersebut. Sedangkan pola penyajian karakter unggul secara tidak langsung melalui penuturan tokoh lain adalah pola penyajian dengan menghadirkan tokoh lain yang menceritakan atau memberikan pernyataan tentang karakter unggul tokoh tersebut.

Pola penyajian karakter unggul tokoh dalam kutipan teks biografi di atas adalah pola penyajian karakter unggul secara tidak langsung melalui tindakan tokoh. Hal ini dapat dilihat dari penggambaran tokoh Andjar Asmara secara tersirat dari deskripsinya sebagai sastrawan serba bisa.undefined 

Latihan Bab

Kebahasaan Biografi

Menulis Biografi

Menganalisis Biografi

Mengenal Biografi

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

18rb+

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Perhatikan kutipan biografi berikut! Abid Ghofar bin Aboe Dja’far atau Ebit G. Ade lahir di Wanadadi Banjarnegara 21 April 1954, merupakan anak termuda dari 6 bersaudara. Ayahnya seorang PNS dan ib...

232

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia