Roboguru

Tentukan pokok bahasan teks anekdot tersebut!

Pertanyaan

Tentukan pokok bahasan teks anekdot tersebut!undefined 

Pembahasan Soal:

Teks anekdot adalah cerita singkat yang mengandung unsur lucu di dalamnya serta bermaksud untuk mengkritik sesuatu atau seseorang.

Langkah-langkah mendata pokok isi dalam teks anekdot , yaitu:

  • Membaca teks anekdot
  • Mencari pokok isi teks berdasarkan strukturnya, seperti
    Abstraksi adalah gambaran tentang isi teks
    Orientasi adalah latar belakang bagaimana peristiwa terjadi.
    Krisis adalah bagian terjadinya hal atau masalah yang unik.
    Reaksi adalah tahap penyelesaian masalah.
    Koda adalah bagian akhir cerita, biasanya berisi simpulan.undefined

 

Berikut ini adalah analisis pokok bahasan teks anekdot pada kutipan di atas yaitu:

  1. Struktur orientasi terdapat pada kalimat "Seorang wanita kelaparan karena keadaan semakin memburuk dan dia hanya punya sepotong roti."
  2. Struktur krisis terdapat pada kalimat "Ketika dia akan memakannya, terdengar suara rintihan di balik pintu rumahnya."
  3. Struktur reaksi terdapat pada kalimat "Ternyata suara itu dari pengemis yang sangat kelaparan dan meminta sepotong roti tadi."
  4. Struktur koda terdapat pada kalimat "Si wanita tidak jadi memakan rotinya dan memberikannya kepada pengemis tersebut meskipun sebenarnya dia juga sangat lapar."


Dengan demikian, pokok bahasan teks anekdot tersebut adalah mengenai "Seorang wanita kelaparan karena keadaan semakin memburuk dan dia hanya punya sepotong roti. Ketika dia akan memakannya, terdengar suara rintihan di balik pintu rumahnya. Ternyata suara itu dari pengemis yang sangat kelaparan dan meminta sepotong roti tadi. Si wanita tidak jadi memakan rotinya dan memberikannya kepada pengemis tersebut meskipun sebenarnya dia juga sangat lapar."

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Juliana

Mahasiswa/Alumni STKIP Siliwangi Bandung

Terakhir diupdate 13 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Berikan tanggapan mengenai isi anekdot tersebut!

Pembahasan Soal:

Tanggapan adalah reaksi seseorang, yang bisa berupa ulasan atau komentar, atas suatu peristiwa atau kejadian yang ia lihat, baca, dengar, atau rasakan sendiri. Isi dari teks anekdot tersebut menarik karena kritiknya disampaikan secara tersirat dan diselingi dengan unsur humor sehingga ceritanya lebih hidup tapi pesannya tetap tersampaikan.

Jadi, tanggapan mengenai isi anekdot tersebut yaitu isinya menarik karena kritiknya disampaikan secara tersirat dan terdapat unsur kelucuan.space 

0

Roboguru

Tentukan masalah yang dibahas dalam teks anekdot tersebut!

Pembahasan Soal:

Anekdot adalah cerita singkat yang menarik karena lucu dan mengesankan, biasanya mengenai orang penting atau terkenal. Masalah yang dibahas dalam teks anekdot di atas mengenai penilangan pelanggar lalu lintas. Hal tersebut dapat dibuktikan dari pernyataan petugas menyerahkan surat tilang.

Dengan demikian, masalah yang dibahas dalam teks anekdot di atas mengenai penilangan pelanggar lalu lintas.space 

1

Roboguru

Mengapa tokoh Timur Lenk merasa senang mendengar jawaban dari Nasrudin?

Pembahasan Soal:

Teks anekdot bersifat humor atau lelucon, artinya teks anekdot berisikan kisah-kisah lucu atau bualan. Teks anekdot juga bersifat menggelitik, artinya teks anekdot akan membuat pembacanya merasa terhibur dengan kelucuan yang ada dalam teks.

Pada teks di atas dijelaskan bahwa tokoh Timur Lenk merasa senang mendengar jawaban dari Nasrudin karena tokoh Timur Lenk senang disamakan dengan raja-raja yang menghiasi sejarah dunia. Hal itu dijelaskan pada kalimat "lnsyaallah akan ditempatkan bersama raja-raja dan tokoh-tokoh yang telah menghiasi sejarah." Dengan wajah gembira, Timur Lenk kembali bertanya, "Betulkah itu, Nasrudin?"

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C.space 

0

Roboguru

Analisis isi yang tidak sesuai dengan isi teks anekdot tersebut adalah ....

Pembahasan Soal:

    Pernyataan yang tidak sesuai dengan isi teks merupakan pernyataan yang memiliki makna yang berbeda dengan teks atau tidak terdapat di dalam teks. Perbedaan atau pertentangan tersebut terdapat baik secara tersirat maupun tersurat bergantung dari makna kalimat yang dihasilkan. 

    Kesesuaian pernyataan dapat ditentukan dengan membandingkan antara opsi dan teks yang tertera. Jika kita bandingkan antara pilihan dan teks, hampir setiap opsi memiliki makna yang sama dengan teks kecuali kalimat menulis pesan singkat dipandang sebagai sarana bergosip, padahal di dalam teks Indra mengatakan pesan singkat bukan sarana yang tepat untuk menyebarkan informasi karena kurang cepat dan kurang efektif, bukan sebagai sarana bergosip.


Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan D. 

0

Roboguru

Catatlah pokok-pokok isi teks anekdot tersebut berdasarkan tokoh, masalah, latar, kelucuan, dan hikmah yang dapat dipetik!

Pembahasan Soal:

Teks anekdot adalah cerita singkat lucu yang digunakan untuk menyampaikan kritik melalui sindiran, serta berisi pendidikan atau petuah kehidupan berdasarkan kejadian nyata atau fiksi.

Pokok-pokok isi teks anekdot diantaranya adalah:

  1. Tokoh, yaitu karakter yang diceritakan anekdot atau siapa yang disindir dalam anekdot tersebut.
  2. Masalah, yaitu persoalan yang dibahas di dalam cerita anekdot.
  3. Latar, yaitu tempat waktu dan sosial budaya yang ada dalam cerita.
  4. Kelucuan, sesuatu yang menggelitik dari isi cerita.
  5. Hikmah atau amanat, pelajaran yang dapat dipetik dari isi cerita.

Berikut adalah analisis pokok-pokok is teks anekdot "Bikin Undang-Undang":

  1. Tokoh : Dodi dan Allan. Dari kutipan "Pada suatu hari, Dodi datang bertandang pada sepupunya yang bernama Allan, ..."
  2. Masalah : Allan melanggar lampu merah tanpa rasa bersalah. Dari kutipan "Di perempatan jalan, ia melanggar lampu merah." dan "Alan menjawad dengan santai kalau dia bisa membuat undang-undang."
  3. Latar : Di suatu kota, tepatnya di perempatan jalan pada pagi hari. Dari kutipan "... ia berdomisili di sebuah kota. Suatu pagi yang lenggang ...." dan "Di perempatan jalan, ia melanggar lampu merah."
  4. Kelucuan : Allan bilang bisa membuat undang-undang dengan dompetnya yang tebal. Dari kutipan "Alan menjawad dengan santai kalau dia bisa membuat undang-undang." dan "... dirogoh saku celananya serta diambil dompetnya yang tebal itu dan ditaruhnya di depan Dodi seraya berkata ini jawabannya sambil menancapkan gas."
  5. Hikmah : Kita harus tetap mematuhi hukum meski memiliki banyak uang, dan jangan egois dengan alibi bisa membeli hukum.space 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved