Iklan

Iklan

Pertanyaan

Tentukan nama senyawa yang memiliki rumus molekul C 6 H 5 COOH. Apa kegunaan senyawa tersebut?

Tentukan nama senyawa yang memiliki rumus molekul C6H5COOH. Apa kegunaan senyawa tersebut?space 

Iklan

S. Lubis

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

nama senyawa yang memiliki rumus molekul C 6 H 5 COOH adalah asam benzoat serta manfaatnya sesuai dengan penjelasan di atas .

nama senyawa yang memiliki rumus molekul C6H5COOH adalah asam benzoat serta manfaatnya sesuai dengan penjelasan di atas.space 

Iklan

Pembahasan

Nama senyawa yang memiliki rumus molekul C 6 H 5 COOH adalah asam benzoat. Azam benzoat disebut juga asam benzena karboksilat atau karboksibenzena. Asam benzoat merupakan senyawa turunan benzena yang berupa padatan kristal tidak berwarna dan mudah larut dalam air panas tetapi tidak larut dalam air dingin. Asam benzoat merupakan asam lemah. Kegunaan asam atau garam benzoat dalam kehidupan sehari-hari sebagai berikut: Pengawet makanan karena dapat menghambat pertumbuhan biang makanan cepat basi yaitu jamur, ragi, dan beberapa bakteri. Asam atau garam ini dipilih karena tidak memengaruhi cita rasa makanan yang diawetkan. Dalam bidang kesehatan digunakan sebagai pembasmi kuman. Digunakan dalam pasta gigi dan parfum. Asam benzoat aman digunakan sebagai pengawet makanan dan minuman dengan kadar yang ditetapkan yaitu 5 mg per kgberat badan per hari. Jadi, nama senyawa yang memiliki rumus molekul C 6 H 5 COOH adalah asam benzoat serta manfaatnya sesuai dengan penjelasan di atas .

    Nama senyawa yang memiliki rumus molekul C6H5COOH adalah asam benzoat. Azam benzoat disebut juga asam benzena karboksilat atau karboksibenzena.

    Asam benzoat merupakan senyawa turunan benzena yang berupa padatan kristal tidak berwarna dan mudah larut dalam air panas tetapi tidak larut dalam air dingin. Asam benzoat merupakan asam lemah.

    Kegunaan asam atau garam benzoat dalam kehidupan sehari-hari sebagai berikut:

  1. Pengawet makanan karena dapat menghambat pertumbuhan biang makanan cepat basi yaitu jamur, ragi, dan beberapa bakteri. Asam atau garam ini dipilih karena tidak memengaruhi cita rasa makanan yang diawetkan.
  2. Dalam bidang kesehatan digunakan sebagai pembasmi kuman.
  3. Digunakan dalam pasta gigi dan parfum.

    Asam benzoat aman digunakan sebagai pengawet makanan dan minuman dengan kadar yang ditetapkan yaitu 5 mg per kg berat badan per hari.

Jadi, nama senyawa yang memiliki rumus molekul C6H5COOH adalah asam benzoat serta manfaatnya sesuai dengan penjelasan di atas.space 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

7

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Berikan contoh kegunaan senyawa hidrokarbon berikut ini dalam kehidupan sehari-hari. benzena

333

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia