Roboguru

Tentukan nada dan suasana serta perasaan yang terdapat dalam puisi tersebut!

Pertanyaan

Tentukan nada dan suasana serta perasaan yang terdapat dalam puisi tersebut!space 

Pembahasan Soal:

Puisi adalah karangan yang dibuat untuk mengungkapkan pikiran dan perasaan dengan menonjolkan penggunaan kata-kata yang indah. Kita dapat menuangkan berbagai gagasan dan pikiran menjadi sebuah barisan kata yang indah.  Teks puisi dibentuk oleh struktur fisik dan struktur batin. Unsur yang termasuk dalam struktur fisik yakni (1) majas: gaya bahasa yang digunakan untuk menciptakan efek tertentu kepada pembaca; (2) irama atau musikalitas: berkenaan dengan bunyi yang dihasilkan secara teratur; (3) kata konotasi: kata yang bermakna tidak sebenarnya; (4) kata-kata berlambang: penggunaan simbolisasi dalam menyatakan maksud tertentu; dan (5) pengimajian dalam puisi: susunan kata yang menimbulkan imajinasi pembaca. Sedangkan, unsur yang terdapat dalam struktur batin yakni (1) tema: gagasan pokok isi puisi; (2) nada: sikap penyair terhadap pembaca; (3) suasana: keadaan psikologis di dalam puisi; (4) rasa: ungkapan perasaan dari penyair; dan (5) amanat: pesan yang ingin disampaikan penyair dalam puisinya.

Berdasarkan penjelasan tersebut, nada pada puisi "Perbincangan Tengah Malam" ialah sedih karena tidak merasakan kedekatan dengan Tuhan dan khawatir jika Tuhan menjauh dari hidupnya karena dosa-dosa yang ia lakukan, suasana yang ditimbulkan dari puisi di atas dapat juga dirasakan oleh pembaca hingga pembaca turut khawatir jika Tuhan tidak dekat dengan hamba-hambanya, dan perasaan pada puisi di atas sama seperti nada yang dimunculkan yakni perasaan sedih, takut, menyesal.

Dengan demikian, nada, suasana, dan perasaan yang terdapat dalam puisi tersebut adalah sedih, takut, menyesal.space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

W. Wahyuni

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Makassar

Terakhir diupdate 04 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Tuliskan amanat yang terkandung dalam puisi di atas!

Pembahasan Soal:

Puisi adalah sebuah hasil karya sastra yang berasal dari ungkapan atau curahan perasaan dan pemikiran seorang penyair. Adapun salah satu struktur batin puisi adalah amanat/tujuan/maksud (intention), yaitu pesan yang ingin disampaikan penyair kepada pembaca. Puisi tersebut mengisahkan tentang seseorang yang selalu mengingat Tuhan dengan cara beribadah, sebagaimana dalam Agama Islam ibadah yang dimaksud adalah Sholat dengan cara rukuk dan sujud.

Dengan demikian, amanat yang terkandung dalam puisi tersebut adalah selalu ingatlah Tuhan dan selalu beribadah tepat waktu.space 

0

Roboguru

Perhatikan puisi berikut! Tembang Alam Karya D. Zawawi Imron Aku ingin menyanyi agar awan itu pun Hinggap di pohon-pohon Sementara burung-burung kutilang Menabur mimpiku ke ladang-ladang Nilai yang...

Pembahasan Soal:

Nilai yang terkandung dalam teks puisi di atas adalah kekaguman

Hal ini terlihat dari judul puisi Tembang Alam dan Aku ingin menyanyi agar awan-awan itu hinggap di pohon-pohon. kata-kata pada puisi tersebut menunjukkan rasa kagum penyair terhadap keindahan alam. 

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah jawaban B.undefined 

0

Roboguru

Berikut merupakan contoh teks puisi yang harus kamu pelajari. Bacalah dengan cermat! IBU lbu.............. Sembilan bulan lamanya Kau mengandungku Kau berjuang melahirkanku Agar aku bisa melihat du...

Pembahasan Soal:

Puisi tersebut memiliki tema jasa seorang ibu.undefined 

0

Roboguru

Suasana yang tergambar dalam puisi tersebut adalah ....

Pembahasan Soal:

Unsur fisik dalam puisi merupakan unsur pembangun puisi yang nampak dalam bentuk susunan kata, sedangkan unsur batin puisi adalah unsur pembangun yang tidak tampak langsung dalam susunan kata. Unsur fisik meliputi

  1. Tipografi: Merupakan perwajahan puisi yang mencakup segala yang dapat dilihat dengan mata ketika membaca puisi, seperti pengaturan tepi halaman dan baris serta penulisan huruf, kata dan tanda baca.
  2. Gaya bahasa: Pemanfaatan bahasa dalam puisi secara konotatif sehingga puisi tersebut kaya akan makna.
  3. Diksi: Pemilihan kata dalam sebuah puisi. Pemilihan kata biasanya dilakukan penyair dengan mempertimbangkan rima, nada dan estetikanya.
  4. Citraan atau imaji: Susunan kata yang dapat memberikan pengalaman indrawi, seperti penglihatan, penciuman, perasa dan pendengaran sehingga memberi sensasi tersendiri bagi pembaca. 
  5. Rima atau sajak: Persamaan bunyi di awal, tengah atau akhir baris puisi.
  6. Larik: Baris yang membangun puisi. 

Sementara itu, unsur batin puisi meliputi:

  1. Tema: Merupakan pokok permasalahan yang digambarkan dalam sebuah puisi
  2. Rasa: Sikap dan perasaan penyair terkait dengan tema atau pokok permasalahan
  3. Nada: Struktur puisi yang menggambarkan sikap penyair sesuai tujuan puisi 
  4. Amanat: Pesan yang ingin disampaikan oleh penyair dalam puisinya.

Puisi di atas berisi tentang kesedihan. Suasana galau dan putus asa dalam menghadapi permasalahan tergambar pada puisi tersebut. Terlihat dari larik "Seiring waktuku yang kerontang" yang menggambarkan kekosongan atau keputusasaan dalam diri manusia.

Dengan demikian, suasana yang tergambar dalam puisi tersebut adalah putus asa.space 

0

Roboguru

Pesan yang terkandung dalam puisi di atas adalah ....

Pembahasan Soal:

Puisi merupakan ungkapan hati atau pemikiran penyair mengenai berbagai hal dalam kehidupan ke dalam susunan kata-kata yang padat dan penuh makna.

Pesan adalah salah satu bagian dari struktur batin puisi. Amanat atau tujuan merupakan pesan yang ingin disampaikan oleh penyair dalam puisinya kepada para pembaca.

Pesan yang ingin disampaikan penyair adalah Manusia tidak akan pernah dapat menghitung nikmat Tuhan. Hal ini terkandung dalam larik terakhir, yaitu bersarang dalam rahmat-Mu yang sia-sia kuhitung. Maksud yang sia-sia kuhitung disini adalah, rahmat Tuhan tidak akan bisa dihitung oleh manusia, sehingga menghitung rahmat Tuhan yang begitu banyaknya adalah pekerjaan yang sia-sia. 

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D.space  

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved