Iklan

Iklan

Pertanyaan

Perhatikan kutipan teks drama berikut!


Samsul: (mondar-mandir sambil sekali-kali melihat jam dinding di ruang tamu) Siska, hujan lebat tak kunjung reda. Alien, adik kita belum pulang sudah ada berita?

Siska: (menuju ruang tamu dari kamar) Belum, Kak?

Samsul: (menuju pintu lalu membukanya dan melihat halaman rumah) Ya, boleh-boleh. Ide bagus tuh.space

Tentukan latar tempat pada teks drama di atas!

Tentukan latar tempat pada teks drama di atas!space

Iklan

N. Juliana

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

latar tempat pada teks drama di atas adalah di dalam rumah.

latar tempat pada teks drama di atas adalah di dalam rumah.space

Iklan

Pembahasan

Teks drama adalah teks yang bermuatan kisah yang dikemas melalui dialog untuk dibawakan melalui seni peran atau akting untuk menggambarkan cerita dan berbagai peristiwa yang disajikan dalam suatu pentas drama. Latar atau setting merupakan salah satu di antara unsur drama yang paling mendukung pementasan. Biasanya latar akan disesuaikan dengan suasana dalam cerita, sehingga penonton akan memahami kapan, di mana, serta suasana apa yang diciptakan dalam pementasan drama tersebut. Selain itu, panggung juga harus mampu menggambarkan suasana yang tercipta dalam setiap adegan. Berikut ini adalah jenis-jenis latar, yaitu: Latar tempat untuk menggambarkan lokasi drama. Latar waktu untuk memberi info kapan terjadinya adegan dalam drama Latar situasi untuk menjelaskan suasana dalam cerita di drama tersebut. Berdasarkan penjelasan tersebut, maka latar tempat pada kutipan teks drama di atas adalah di dalam rumah karena, hal ini dapat dibuktikan dengan: Petunjuk lakuan pada dialog pertama yang berbunyi "mondar-mandir sambil sekali-kali melihat jam dinding di ruang tamu ". K ata "ruang tamu" pada kalimat tersebut merupakan tempat yang ada di dalam rumah. Petunjuk lakukan pada dialog kedua yang berbunyi "Menuju ruang tamu dari kamar ". K ata "kamar" pada kalimat tersebut merupakan tempat yang ada di dalam rumah. Petunjuk lakuan pada dialog ketiga yang berbunyi " Menuju pintu lalu membukanya dan melihat halaman rumah".K ata "membuka pintu lalu melihat halaman" pada kalimat tersebut merupakan tempat yang ada di dalam rumah. Dengan demikian, latar tempat pada teks drama di atas adalah di dalam rumah.

Teks drama adalah teks yang bermuatan kisah yang dikemas melalui dialog untuk dibawakan melalui seni peran atau akting untuk menggambarkan cerita dan berbagai peristiwa yang disajikan dalam suatu pentas drama.

Latar atau setting merupakan salah satu di antara unsur drama yang paling mendukung pementasan. Biasanya latar akan disesuaikan dengan suasana dalam cerita, sehingga penonton akan memahami kapan, di mana, serta suasana apa yang diciptakan dalam pementasan drama tersebut. Selain itu, panggung juga harus mampu menggambarkan suasana yang tercipta dalam setiap adegan.

Berikut ini adalah jenis-jenis latar, yaitu:

  1. Latar tempat untuk menggambarkan lokasi drama.
  2. Latar waktu untuk memberi info kapan terjadinya adegan dalam drama
  3. Latar situasi untuk menjelaskan suasana dalam cerita di drama tersebut.

Berdasarkan penjelasan tersebut, maka latar tempat pada kutipan teks drama di atas adalah di dalam rumah karena, hal ini dapat dibuktikan dengan:

  • Petunjuk lakuan pada dialog pertama yang berbunyi "mondar-mandir sambil sekali-kali melihat jam dinding di ruang tamu". Kata "ruang tamu" pada kalimat tersebut merupakan tempat yang ada di dalam rumah.
  • Petunjuk lakukan pada dialog kedua yang berbunyi "Menuju ruang tamu dari kamar". Kata "kamar" pada kalimat tersebut merupakan tempat yang ada di dalam rumah.
  • Petunjuk lakuan pada dialog ketiga yang berbunyi "Menuju pintu lalu membukanya dan melihat halaman rumah". Kata "membuka pintu lalu melihat halaman" pada kalimat tersebut merupakan tempat yang ada di dalam rumah.


Dengan demikian, latar tempat pada teks drama di atas adalah di dalam rumah.space

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

104

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Efendi : Menurut penceramah kemarin masih banyak peluang untuk jadi pengusaha tinta, aku tertarik untuk mencobanya! Markus : Mencoba apa maksudmu? Efendi : Mencoba menjadi pengusaha kecil-kecilan. ...

11

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia