Iklan

Iklan

Pertanyaan

Tentukan konfigurasi elektron dan diagram elektron dari ion monoatomik berikut. 8 ​ O 2 −

Tentukan konfigurasi elektron dan diagram elektron dari ion monoatomik berikut.

  space space space

Iklan

S. Lubis

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Jadi, konfigurasi elektron dan diagram elektron dari ion 8 ​ O 2 − adalah ​ ​ 1 s 2 2 s 2 2 p 6 ​ dan 1 s 2 2 s 2 2 p 6 ↑↓ ​ ↑↓ ​ ↑↓ ​ ↑↓ ​ ↑↓ ​ . Susunan orbital-orbital dalam satu subkulit dapat dinyatakan dengan diagram orbital atau diagram elektron. Untuk membuat diagram elektron unsur, kita gunakan konfigurasi elektron Aufbau. Penulisan konfigurasi elektron unsur ionik diawali dengan penulisan konfigurasi elektron unsur netralnya, kemudian elektron ditambahkan untukionbermuatan negatif ( − ) , sedangkan untuk ion bermuatan positif ( + ) , elektronnya dikurangi mulai dari elektron pada kulit terluar. Jumlah orbital tiap subkulit ditentukan oleh banyaknya nilai m yang diizinkan untuk subkulit tersebut. Nilai m merupakan bilangan bulat mulai dari sampai dengan , termasuk nol (0). Subkulit s ( l = 0) mempunyai 1 nilai m atau 1 orbital, subkulit p ( l = 2) mempunyai 3 nilai m , dan subkulit d ( l = 2) mempunyai 5 nilai m . Pembuatan diagram orbital perlu memerhatikan kaidah Hund. Menurut Hund, pada pengisian orbital-orbital dengan tingkat energi yang sama,yaitu orbital-orbital dalam satu subkulit, mula-mula elektron akanmenempati orbital secara sendiri-sendiri dengan spin yang paralel,baru kemudian berpasangan. Konfigurasi elektron 8 ​ O 2 − : 8 ​ O = 1 s 2 2 s 2 2 p 4 8 ​ O 2 − = 1 s 2 2 s 2 2 p 6 Diagram elektron : 1 s 2 2 s 2 2 p 6 ↑↓ ​ ↑↓ ​ ↑↓ ​ ↑↓ ​ ↑↓ ​

Jadi, konfigurasi elektron dan diagram elektron dari ion  adalah  dan .

Susunan orbital-orbital dalam satu subkulit dapat dinyatakan dengan diagram orbital atau diagram elektron. Untuk membuat diagram elektron unsur, kita gunakan konfigurasi elektron Aufbau.

Penulisan konfigurasi elektron unsur ionik diawali dengan penulisan konfigurasi elektron unsur netralnya, kemudian elektron ditambahkan untuk ion bermuatan negatif , sedangkan untuk ion bermuatan positif , elektronnya dikurangi mulai dari elektron pada kulit terluar.

Jumlah orbital tiap subkulit ditentukan oleh banyaknya nilai m yang diizinkan untuk subkulit tersebut. Nilai m merupakan bilangan bulat mulai dari negative sign italic l sampai dengan plus italic l, termasuk nol (0). Subkulit s (l = 0) mempunyai 1 nilai m atau 1 orbital, subkulit p (l = 2) mempunyai 3 nilai m, dan subkulit d (l = 2) mempunyai 5 nilai m.

Pembuatan diagram orbital perlu memerhatikan kaidah Hund. Menurut Hund, pada pengisian orbital-orbital dengan tingkat energi yang sama, yaitu orbital-orbital dalam satu subkulit, mula-mula elektron akan menempati orbital secara sendiri-sendiri dengan spin yang paralel, baru kemudian berpasangan.

  • Konfigurasi elektron

      
     
  • Diagram elektron:

     

 

Latihan Bab

Konfigurasi Elektron Bohr dan Stoner

Konfigurasi Aufbau

Konfigurasi Elektron pada Ion

Bilangan Kuantum

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

123

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Selenium (Se) memiliki neutron 45 dan nomor massa 79. Berikut ini beberapa informasi mengenai atom tersebut. Jumlah elektronnya adalah 34. Ketika menerima dua elektron, konfigurasi elektron i...

967

1.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia