Iklan

Iklan

Pertanyaan

Tentukan kepolaran senyawa N 2 ​ , HF , dan PCl 3 ​ . Jelaskan.

Tentukan kepolaran senyawa , , dan . Jelaskan.

Iklan

B. Rohmawati

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Semarang

Jawaban terverifikasi

Jawaban

gas nitrogen termasuk nonpolar, sedangkan HF dan PCl 3 ​ merupakan molekul polar.

gas nitrogen termasuk nonpolar, sedangkan HF dan  merupakan molekul polar.

Iklan

Pembahasan

Kepolaran merupakan terbentuknya kutub positif dan negatifakibat adanya pasangan elektron yang lebih tertarik ke salah satu atom disebabkan perbedaan keelektronegatifan. Dengan demikian, molekul yang disusun dari unsur-unsur sama akan memiliki perbedaan keelektronegatifan = 0. Sehingga molekul N 2 ​ termasuk senyawa kovalen nonpolar . Sedangkan molekul HF disusun oleh dua unsur yang memiliki nilai keelektronegatifan berbeda. Unsur H adalah unsur yang sangat elektropositif sedangkan F adalah unsur yang paling elektronegatif. Dengan demikian beda keelektronegatifannya akan besar. Maka molekul HF termasuk senyawa kovalen polar . Namun demikian, kepolaran dalam suatu molekul tidak terjadi hanya karena perbedaan keelektronegatifan atom-atom yang berikatan saja, melainkan juga karena distribusi elektron dalam molekulnya. Unsur P memiliki 5 elektron valensi, sehingga ketika ada 3 atom Cl berikatan dalam PCl 3 ​ , terdapat 2 elektron atau sepasang elektron bebas (PEB) pada atom pusat. Gaya tolak PEB jauh lebih kuat dibandingkan gaya tolak pasangan elektron ikatan berdasarkan teori VSEPR, sehingga bentuk molekulnya adalah segitiga piramida. Daerah PEB akan membentuk kutub negatif dan pada sisi berlawanan akan terbentuk kutub positif. Jika ikatan Cl dengan P digambarkan sebagai vektor, tidak berada pada arah yang berlawanan sehingga resultanvektor atau momen dipolnya tidak sama dengan 0. Dengan demikian,molekul ini bersifat polar . Jadi, gas nitrogen termasuk nonpolar, sedangkan HF dan PCl 3 ​ merupakan molekul polar.

Kepolaran merupakan terbentuknya kutub positif dan negatif akibat adanya pasangan elektron yang lebih tertarik ke salah satu atom disebabkan perbedaan keelektronegatifan. Dengan demikian, molekul yang disusun dari unsur-unsur sama akan memiliki perbedaan keelektronegatifan = 0. Sehingga molekul  termasuk senyawa kovalen nonpolar.

Sedangkan molekul HF disusun oleh dua unsur yang memiliki nilai keelektronegatifan berbeda. Unsur H adalah unsur yang sangat elektropositif sedangkan F adalah unsur yang paling elektronegatif. Dengan demikian beda keelektronegatifannya akan besar. Maka molekul HF termasuk senyawa kovalen polar.

Namun demikian, kepolaran dalam suatu molekul tidak terjadi hanya karena perbedaan keelektronegatifan atom-atom yang berikatan saja, melainkan juga karena distribusi elektron dalam molekulnya. Unsur P memiliki 5 elektron valensi, sehingga ketika ada 3 atom Cl berikatan dalam , terdapat 2 elektron atau sepasang elektron bebas (PEB) pada atom pusat. Gaya tolak PEB jauh lebih kuat dibandingkan gaya tolak pasangan elektron ikatan berdasarkan teori VSEPR, sehingga bentuk molekulnya adalah segitiga piramida.

Daerah PEB akan membentuk kutub negatif dan pada sisi berlawanan akan terbentuk kutub positif. Jika ikatan Cl dengan P digambarkan sebagai vektor, tidak berada pada arah yang berlawanan sehingga resultan vektor atau momen dipolnya tidak sama dengan 0. Dengan demikian, molekul ini bersifat polar.

Jadi, gas nitrogen termasuk nonpolar, sedangkan HF dan  merupakan molekul polar.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

23

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Jika harga μ = 0 , maka molekulnya bersifat.... Jika harga μ  = 0 , maka molekulnya bersifat....

16

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia