Roboguru

Tentukan kata-kata sukar yang terdapat dalam pantun, gurindam, dan syair tersebut kemudian carilah artinya

Tentukan kata-kata sukar yang terdapat dalam pantun, gurindam, dan syair tersebut kemudian carilah artinyaspace 

Jawaban:

Yang dimaksud dengan kata-kata sukar adalah kata-kata yang sulit dimengerti, dan tidak dapat dipahami jika hanya membacanya dengan sekilas. 

Kata sukar yang terdapat pada pantun yaitu kata dahaga. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata dahaga diartikan sebagai haus (berasa kering pada kerongkongan dan ingin minum).

Selanjutnya, kata sukar yang terdapat pada gurindam yaitu kata lima. Jika diartikan dengan makna denotatif, maka lima adalah sebuah bilangan. Namun kata lima pada gurindam tersebut diartikan sebagai makna konotatif (kiasan) yang merujuk pada jumlah waktu shalat dalam sehari. Jadi, yang dimaksud lima pada gurindam tersebut adalah shalat.

Terakhir, kata sukar yang terdapat pada syair adalah kata culas. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata culas berarti malas sekali, tidak tangkas, dan lamban.

Dengan demikian,  kata-kata sukar yang terdapat dalam pantun, gurindam, dan syair tersebut adalah dahaga yang berarti haus; lima yang berarti shalat; culas yang berarti lamban.space

0

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved