Roboguru

Tentukan kalimat yang pro dan kontra dari teks tersebut!

Pertanyaan

Tentukan kalimat yang pro dan kontra dari teks tersebut!undefined 

  1. ...undefined 

  2. ...undefined 

Pembahasan Soal:

Pernyataan argumen merupakan pernyataan pendapat yang dikemukakan penulis dalam suatu karangan atau tulisan. Argumen mempunyai beberapa jenis, di antaranya adalah argumen pro dan argumen kontra. Argumen pro adalah argumen yang mendukung suatu hal, sementara argumen kontra adalah argumen yang menentang atau menolak suatu hal. 

Berdasarkan kutipan di atas, argumen pro ditunjukkan pada paragraf kedua. Argumen pro ditandai dalam kalimat pertama, yaitu "Ada beberapa orang yang sangat mendukung adanya sistem ini untuk diperlakukan." Dalam paragraf kedua, penulis menerangkan gagasan dan alasan dari pihak yang mendukung sistem full day school. Sistem ini dianggap dapat memberikan pelajaran, serta pendidikan dan pelatihan yang cukup dan berkualitas untuk para murid. Sementara itu, argumen kontra ditunjukkan pada paragraf ketiga. Argumen kontra dalam paragraf ini ditandai dengan kata menentang pada kalimat pertama, yaitu "Namun, banyak juga yang menentang argumen tersebut." Pihak yang menentang beralasan bahwa sistem full day school akan mengurangi tingkat konsentrasi siswa saat menerima pelajaran, serta mengurangi kegiatan luar para murid. Terutama untuk mengembangkan minat dan bakatnya.

Dengan demikian, argumen pro disampaikan dalam paragraf kedua kalimat pertama, sementara argumen kontra disampaikan dalam paragraf ketiga kalimat pertama.undefined 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 10 Februari 2021

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved