Iklan

Iklan

Pertanyaan

Bacalah paragraf berikut! 


    Mayoritas perusahaan di Indonesia rupanya belum menerapkan teknologi digital secara jangka panjang. Pada 2018 lalu IDC lndonesia melakukan survei terhadap 100 perusahaan dari 16 industri berbeda. Hasilnya, hanya 30,8% responden yang sudah menerapkan teknologi digital secara jangka panjang atau digitally determined. Dari angka lersebut, hanya 2,5% yang sudah mengubah model bisnisnya dengan mentransformasi pasar dan konsumen dengan teknologi digital. Sisanya masih berada di tahap integrasi  berkelanjutan. Di luar 30.8% itu adalah perusahaan yang masih belum menerapkan teknologi secara berkelanjulan. Kebanyakan dari mereka melibatkan transformasi digital di dalam strateginya untuk jangka pendek. Head of Operations IDC Indonesia, Mevira Munindra, mengatakan bahwa salah satu industri yang menjadi responden yang paling potensial dalam menerapkan transformasi digital adalah perbankan.

Disadur dari: http://inet.detik.com/bussiness/d-4408787/teknologi-belum-jadi-proyek-jangka-panjang-perusahaan-Indonesia, diunduh 23 Januari 2020space 

Tentukan kalimat fakta dan opini dalam paragraf tersebut!

Tentukan kalimat fakta dan opini dalam paragraf tersebut!space 

Iklan

U. Yuliani

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Gunadarma

Jawaban terverifikasi

Jawaban

kalimat fakta dan opini pada paragraf di atas, yaitu:

kalimat fakta dan opini pada paragraf di atas, yaitu:

Iklan

Pembahasan

Di dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, fakta adalah suatu keadaan atau peristiwa yang berisi kenyataan dan benar-benar terjadi. Di dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, opini adalah pendapat yang dikemukakan. Dengan demikian, kalimat fakta dan opini pada paragraf di atas, yaitu: Kalimat fakta: - Pada 2018 lalu IDC lndonesia melakukan survei terhadap 100 perusahaan dari 16 industri berbeda. -Hasilnya, hanya 30,8% responden yang sudah menerapkan teknologi digital secara jangka panjang atau digitally determined. - Dari angka lersebut, hanya 2,5% yang sudah mengubah model bisnisnya dengan mentransformasi pasar dan konsumen dengan teknologi digital. -Di luar 30.8% itu adalah perusahaan yang masih belum menerapkan teknologi secara berkelanjulan. Kalimat opini -Mayoritas perusahaan di Indonesia rupanya belum menerapkan teknologi digital secara jangka panjang. - Kebanyakan dari mereka melibatkan transformasi digital di dalam strateginya untuk jangka pendek. - Head of Operations IDC Indonesia , Mevira Munindra, mengatakan bahwa salah satu industri yang menjadi responden yang paling potensial dalam menerapkan transformasi digital adalah perbankan.

Di dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, fakta adalah suatu keadaan atau peristiwa yang berisi kenyataan dan benar-benar terjadi. Di dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, opini adalah pendapat yang dikemukakan.

Dengan demikian, kalimat fakta dan opini pada paragraf di atas, yaitu:

  1. Kalimat fakta:
    - Pada 2018 lalu IDC lndonesia melakukan survei terhadap 100 perusahaan dari 16 industri berbeda.
    - Hasilnya, hanya 30,8% responden yang sudah menerapkan teknologi digital secara jangka panjang atau digitally determined.
    Dari angka lersebut, hanya 2,5% yang sudah mengubah model bisnisnya dengan mentransformasi pasar dan konsumen dengan teknologi digital.
    - Di luar 30.8% itu adalah perusahaan yang masih belum menerapkan teknologi secara berkelanjulan.
     
  2. Kalimat opini
    - Mayoritas perusahaan di Indonesia rupanya belum menerapkan teknologi digital secara jangka panjang.
    - Kebanyakan dari mereka melibatkan transformasi digital di dalam strateginya untuk jangka pendek.
    Head of Operations IDC Indonesia, Mevira Munindra, mengatakan bahwa salah satu industri yang menjadi responden yang paling potensial dalam menerapkan transformasi digital adalah perbankan.space 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

10

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Berikut yang bukan fakta-fakta yang dikemukakan dalam teks adalah …

3

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia