Iklan

Iklan

Pertanyaan

Tentukan jumlah atom dari senyawa 1 molekul Fe 2 ​ O 3 ​ .2 H 2 ​ O (dengan rincian tiap atom) !

Tentukan jumlah atom dari senyawa 1 molekul  (dengan rincian tiap atom) !

Iklan

A. Askariawati

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Sebelas Maret

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Jumlah atom dari senyawa 1 molekul Besi (III) oksida hidrat adalah jumlah atom Besi=2, jumlah atom Oksigen=5 dan jumlah atom Hidrogen=4. Besi (III) oksida hidrat ( Fe 2 ​ O 3 ​ .2 H 2 ​ O ) termasuk ke jenis molekul senyawa yaitu yang terbentuk akibat gabungan dua atau lebih atom dari unsur yang berbeda. Atom merupakan bagian terkecil dari suatu zat. Pada penulisan rumus kimia, terdapat suatu istilah yaitu indeks. Indeks adalah angka yang menyatakan jumlah atom dalam suatu unsur. Pada penulisan rumus kimia, indeks diletakan di belakang unsurnya. Besi (III) oksida hidrat tersusun atas atom Besi ( Fe ) atom Oksigen ( O ) dan atom Hidrogen ( H ) . Atom Besi memiliki 2 indeks, atom Oksigen memiliki 3 indeks dan ada juga yang tanpa indeks, kemudian ada atom Hidrogen yang memiliki 2 indeks. Molekul air ( H 2 ​ O ) memiliki koefisien=2 sehingga atom Oksigen dan atom Hidrogen harus dikalikan 2 sesuai dengan koefisiennya. Selanjutnya karena atom Oksigen ada di molekul air dan di molekul Besi hidrat maka kemudian harus dijumlahkan karena jenis atomnya sama.

Jumlah atom dari senyawa 1 molekul Besi (III) oksida hidrat adalah jumlah atom Besi=2, jumlah atom Oksigen=5 dan jumlah atom Hidrogen=4.  


Besi (III) oksida hidrat termasuk ke jenis molekul senyawa yaitu yang terbentuk akibat gabungan dua atau lebih atom dari unsur yang berbeda. Atom merupakan bagian terkecil dari suatu zat. Pada penulisan rumus kimia, terdapat suatu istilah yaitu indeks. Indeks adalah angka yang menyatakan jumlah atom dalam suatu unsur. Pada penulisan rumus kimia, indeks diletakan di belakang unsurnya. Besi (III) oksida hidrat tersusun atas atom Besi  atom Oksigen dan atom Hidrogen . Atom Besi memiliki 2 indeks, atom Oksigen memiliki 3 indeks dan ada juga yang tanpa indeks, kemudian ada atom Hidrogen yang memiliki 2 indeks. Molekul air  memiliki koefisien=2 sehingga atom Oksigen dan atom Hidrogen harus dikalikan 2 sesuai dengan koefisiennya. Selanjutnya karena atom Oksigen ada di molekul air dan di molekul Besi hidrat maka kemudian harus dijumlahkan karena jenis atomnya sama.

Latihan Bab

Mol dengan Jumlah Partikel

Mol dengan Massa Zat

Mol dengan Volume Molar Gas

Konsentrasi Larutan

540

Steve Nicklaus

Pembahasan tidak lengkap

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Jumlah atom nitrogen terbanyak dalam senyawa. . . .

134

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia