Roboguru

Pertanyaan

Hasil pengamatan:
    Daging tiruan adalah produk olahan yang dibuat dari protein nabati. Pada prinsipnya semua protein nabati dapat diolah menjadi daging tiruan. Akan tetapi, protein yang paling umum digunakan adalah protein kedelai. Hal ini disebabkan oleh beberapa keunggulan yang dimiliki protein kedelai.
    Daging tiruan memiliki keistimewaan tersendiri. Daging tiruan mengandung banyak protein. Bahkan, jumlah protein pada daging tiruan disetarakan dengan protein pada ayam dan daging sapi. Selain itu, daging tiruan memiliki harga lebih rendah dengan karakteristik gizi dan daya cerna sebanding dengan daging asli. Daging tiruan juga tidak membutuhkan kondisi. penyimpanan kompleks seperti daging asli sehingga memudahkan dalam penyimpanan dan pengolahan.
    Ada beberapa manfaat daging tiruan bagi tubuh. Daging tiruan tidak mengandung kuman dan penyakit sehingga lebih aman dikonsumsi. Daging tiruan mengandung zat gizi yang aman bagi tubuh, seperti lemak tak jenuh dan asam amino esensial. Oleh karena itu, daging tiruan dapat mencegah timbulnya penyakit jantung koroner dan rendah kolesterol.

Disadur dari: Made Astawan, Sehat dengan Hidangan Kacang dan Biji-Bijian, Depok, Penebar Swadaya, 2009space 

Tentukan istilah, kalimat definisi, dan kalimat klasifikasi dalam teks laporan hasil observasi tersebut!space 

A. Acfreelance

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Pembahasan

    Teks laporan hasil observasi adalah teks yang berfungsi untuk memberikan informasi tentang suatu objek atau situasi setelah diadakan penelitian secara sistematis.Teks laporan hasil observasi memaparkan informasi tentang suatu hal secara terperinci, lalu dikelompokkan dan dianalisis secara sistematis.

  • Kalimat definisi

    Kalimat definisi adalah suatu kalimat yang memberikan penjelasan secara umum mengenai suatu benda hal baik itu kegiatan maupun yang lainnya. Kalimat definisi sering digunakan dalam teks laporan dan merujuk pada sebuha istilah teknis atau ilmiah tertentu. Kalimat ini juga membantu para pembaca untuk mengetahui / memahami istilah-istilah yang sering muncul dalam tulisan. Contoh : Mamalia adalah hewan yang menyusui.

     Kalimat definisi pada teks laporan hasil observasi yang terdapat di dalam soal yaitu "Daging tiruan adalah produk olahan yang dibuat dari protein nabati."

  • Kalimat Klasifikasi

    Kalimat klasifikasi merupakan kalimat yang berfungsi untuk menggolongkan suatu objek baik dilihat dari ciri, jenis, fungsi, dll. Kalimat klasifikasi pada teks laporan hasil observasi yang terdapat di dalam soal yaitu "Pada prinsipnya semua protein nabati dapat diolah menjadi daging tiruan. Akan tetapi, protein yang paling umum digunakan adalah protein kedelai. Hal ini disebabkan oleh beberapa keunggulan yang dimiliki protein kedelai."

    Dalam kalimat tersebut, terlihat jelas bahwa protein unggul yang dapat dijadikan daging tiruan yaitu protein kedelai.

  • Istilah yang terdapat pada teks laporan hasil observasi tersebut yaitu protein, zat gizi, dan asam amino esensial.

    Dengan demikin kalimat definisi terdapat pada kalimat pertama paragraf pertama, kalimat klasifikasi terdapat pada kalimat kedua dan ketiga paragraf pertama, dan istilah pada teks laporan hasil observasi tersebut yaitu istilah protein, zat gizi, dan asam amino esensial.space 

297

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Temukan istilah dan kalimat definisi dalam teks laporan hasil observasi tersebut!

147

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia