Roboguru

Pertanyaan

Bacalah teks di bawah ini!


Pergi ke Pulau

    Paman mengajak Beni pergi ke Pulau Bunaken dengan perahu umum. Perahu umum dapat ditumpangi siapa saja. Perahu yang ditumpangi Beni dapat memuat 30 orang penumpang. Di perahu, Beni bertemu banyak orang.

    Perahu berisi penumpang yang beragam. Ada penumpang laki-laki dan perempuan. Ada anak-anak, remaja, dan orang tua. Ada penduduk setempat, pengunjung lokal, dan turis asing. Penumpang perahu mengenakan baju yang beragam. Turis asing mengenakan celana pendek dan kaus tanpa lengan. Ada juga yang memakai pakaian seragam. Semua penumpang duduk bersama-sama di dalam perahu.

    Selama di perahu, paman menyapa penumpang. Paman juga berbincang-bincang dengan penumpang. Mereka tertawa bersama saat ada yang melucu. Mereka senang dengan suasana akrab di perahu.

    Paman berdiskusi tentang transportasi air dengan turis asing. Paman bercerita bahwa Indonesia adalah negara pelaut. Transportasi air sudah digunakan sejak zaman dahulu. Awalnya transportasi air hanya perahu kayu yang digerakkan tangan. Ada kano dan sampan. Sekarang, orang-orang menyeberang laut dengan perahu mesin. Ada kapal feri yang dapat menampung banyak orang. Ada speed boat yang dapat bergerak dengan cepat. Ada kapal pesiar untuk pergi jarak jauh.

    Seperti apakah transportasi air di masa depan? Kalianlah penentu transportasi air di masa depan. Bersiaplah, belajarlah dengan tekun dan penuh semangat.space   

Tentukan isi cerita paragraf 1!undefined  

A. Acfreelance

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

isi cerita paragraf 1 adalah “Paman mengajak Beni pergi ke Pulau Bunaken dengan perahu umum.”space  

Pembahasan

Isi cerita adalah inti cerita pada sebuah paragraf.  Isi cerita dapat ditemukan pada kalimat utama setiap paragraf.

Kalimat utama merupakan kalimat yang menjadi hal utama yang dibicaran pada paragraf. Kalimat utama dapat ditemukan di awal paragraf (deduktif), akhir paragraf (induktif), dan awal serta akhir paragraf (campuran). 

Isi cerita paragraf 1 tersebut terdapat pada kalimat pertama, yaitu “Paman mengajak Beni pergi ke Pulau Bunaken dengan perahu umum.

Dengan demikian, isi cerita paragraf 1 adalah “Paman mengajak Beni pergi ke Pulau Bunaken dengan perahu umum.”space  

340

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Bagaimana dampak ekuinoks pada bulan September?

13

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia