Roboguru
SD

Tentukan ide pokok/ gagasan utama pada tiap paragraf tersebut!

Pertanyaan

PROSES TERBENTUKNYA BATU BARA


    Batu bara merupakan bahan bakar fosil yang berwarna item atau kecoklatan  yang terbentuk jutaan tahun yang lalu jauh di dalam lapisan bumi. Batubara mudah terbakar dan terbentuk dari materi organik atau tanaman mati yang terkubur di rawa-rawa selama jutaan tahun yang lalu. Di sampingitu, batu bara juga memuat unsur lain, seperti belerang hidrogen oksigen dan nitrogen dalam jumlah yang berfariasi. Batu bara  merupakan merupakan sumber daya alam yang mempenuhi sebagian besar kebutuhan  listrik di dunia.
    Batu bara terbentuk 3 ratus juta tahun yang lalu ketika sebagaian besar permukaan bumi tertutup oleh rawa. Tanaman terestrial, terutama pohonpohon tinggi di hutan rawa seperti lycopods, pakis raksasa, dan lumut jatuh kedalam rawa atau genanagan air. Karena perubahan iklim dan berbagai peristiwa bencana alam, sejumlah besar hutan tenggelam dalam rawa-rawa tersebut. Lapisan ini kemudian tertutup dengan lumpur & pasir dalam jumlah besar. Pasa bagian bawah membentuk lapisan basah yang disebut gambut.
    Sebagai vegetasi yang mati dan terkubur dalam kondisi basah dan asam, pembentukan batubara ini terputus dari udara langsung. Oleh karena itu, proses dekomposisi menjadi lambat dan hanya menghasilkan gambut sebagai tahap pertama pembentukan batu bara. Dengan peningkatan tekanan dan pempadatan antara lapisan sedimen,gambut berubah menjadi bituminous, batu bawa subbituminous, dan akhirnya bentuk utuh batu bara.
    Dalam setiap langkah, materi baru yang terbentuk lebih kaya karbon dibandingkan bahan pada tahap sebelumnya. Ini adalah proses pembentukan batu bara.undefined 

Tentukan ide pokok/ gagasan utama pada tiap paragraf tersebut!undefined 

  1. ...undefined 

  2. ...undefined 

N. Fatimah

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Jawaban terverifikasi

Jawaban

ide pokok paragraf di atas yaitu dalam setiap langkah, materi baru yang terbentuk lebih kaya karbon dibandingkan bahan pada tahap sebelumnya.undefined 

Pembahasan

Ide pokok adalah ide/gagasan yang menjadi pokok pengembangan paragraf. Ide pokok ini terdapat dalam kalimat utama. Kalimat utama adalah kalimat yang di dalamnya terdapat ide pokok paragraf. Kalimat utama ini dijelaskan oleh kalimat-kalimat lain dalam paragraf tersebut, yang disebut dengan kalimat penjelas.

Ide pokok paragraf pertama terletak pada kalimat pertama karena kalimat pertama merupakan kalimat utama. Dengan demikian, ide pokok paragraf di atas yaitu batu bara merupakan bahan bakar fosil yang berwarna item atau kecoklatan yang terbentuk jutaan tahun yang lalu jauh di dalam lapisan bumi.

Ide pokok paragraf kedua terletak pada kalimat pertama karena kalimat pertama merupakan kalimat utama. Dengan demikian, ide pokok paragraf di atas yaitu batu bara terbentuk 3 ratus juta tahun yang lalu ketika sebagaian besar permukaan bumi tertutup oleh rawa.

Ide pokok paragraf ketiga terletak pada kalimat pertama karena kalimat pertama merupakan kalimat utama. Dengan demikian, ide pokok paragraf di atas yaitu sebagai vegetasi yang mati dan terkubur dalam kondisi basah dan asam, pembentukan batubara ini terputus dari udara langsung.

Ide pokok paragraf keempat terletak pada kalimat pertama karena kalimat pertama merupakan kalimat utama. Dengan demikian, ide pokok paragraf di atas yaitu dalam setiap langkah, materi baru yang terbentuk lebih kaya karbon dibandingkan bahan pada tahap sebelumnya.undefined 

405

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Topik yang dibahas dalam kutipan teks tersebut adalah ....

2rb+

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia