RoboguruRoboguru
SD

Tentukan gagasan pokok setiap paragraf dalam teks eksposisi tersebut!

Pertanyaan

Teks eksposisi berikut untuk soal nomor 1-3.


     Pohon kelor (Moringa oleifera) adalah tanaman dari suku Moringaceae yang memiliki bentuk daun oval berukuran kecil yang tersusun rapi dalam satu tangkai. Pohon kelor dapat tumbuh tinggi hingga mencapai 7-11 meter. Pohon kelor memiliki bunga yang cantik berwarna putih kekuning-kuningan yang mengeluarkan aroma semerbak.
    Tanaman kelor berasal dari India sub-Himalaya dan telah lama menjadi salah satu unsur penting dalam pengobatan Ayurveda, sebagai obat untuk lebih dari 300 penyakit. Menilik lebih jauh ke dalam kandungannya, berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, didapatkan fakta yang cukup mencengangkan. Daun kelor mengandung potasium, vitamin A, vitamin C, dan kalsium. Potasium jumlahnya tiga kali lebih besar dari pisang. Vitamin A jumlahnya empat kali lebih melimpah dibandingkan wortel. Vitamin C jumlahnya tujuh kali lebih besar dari jeruk. Kadar kalsium jumlahnya empat kali lebih banyak dari susu. Itu pun belum ditambah lagi dengan berbagai jenis asam amino essensial, vitamin lain, dan berbagai senyawa antioksidan. Melihat fakta ini, pantaslah daun kelor mendapat julukan 'Miracle Tree'.
    Daun kelor yang bentuknya kecil ternyata memiliki manfaat luar biasa sebagai tanaman obat. Masyarakat dapat menanam pohon kelor sendiri di pekarangan rumah. Pohon ini mudah ditanam dan cepat tumbuh. Masyarakat bisa mengonsumsi daun kelor dengan cara dimasak sebagai sayur.

Disadur dari: https://mediskus.com/herbal/manfaat-daun-kelor, diunduh 27 Januari 2020space

Tentukan gagasan pokok setiap paragraf dalam teks eksposisi tersebut!space

S. Nurjannah

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Jember

Jawaban terverifikasi

Jawaban

gagasan pokok setiap paragraf dalam teks eksposisi tersebut adalah gagasan pokok paragraf 1 tentang pohon kelor berasal dari suku tanaman Moringaceae, gagasan pokok paragraf 2 tentang tanaman kelor dalam pengobatan Ayurveda, dan gagasan pokok paragraf 3 tentang pemanfaatan daun kelor sebagai tanaman obat.space

Pembahasan

Gagasan pokok adalah ide pokok yang menjadi dasar pengembangan paragraf. Gagasan pokok bersifat umum sehingga didukung adanya gagasan-gagasan penjelas. Berdasarkan teks eksposisi di soal, gagasan pokok setiap paragraf adalah sebagai berikut.

Paragraf 1 dalam teks tersebut adalah Pohon kelor (Moringa oleifera) adalah tanaman dari suku Moringaceae yang memiliki bentuk daun oval berukuran kecil yang tersusun rapi dalam satu tangkai. Pohon kelor dapat tumbuh tinggi hingga mencapai 7-11 meter. Pohon kelor memiliki bunga yang cantik berwarna putih kekuning-kuningan yang mengeluarkan aroma semerbak. Gagasan pokok dalam paragraf tersebut adalah pohon kelor berasal dari suku tanaman Moringaceae dengan daun kecil dan rapi dalam satu tangkai.

Paragraf 2 dalam teks tersebut adalah Tanaman kelor berasal dari India sub-Himalaya dan telah lama menjadi salah satu unsur penting dalam pengobatan Ayurveda, sebagai obat untuk lebih dari 300 penyakit. Menilik lebih jauh ke dalam kandungannya, berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, didapatkan fakta yang cukup mencengangkan. Daun kelor mengandung potasium, vitamin A, vitamin C, dan kalsium. Potasium jumlahnya tiga kali lebih besar dari pisang. Vitamin A jumlahnya empat kali lebih melimpah dibandingkan wortel. Vitamin C jumlahnya tujuh kali lebih besar dari jeruk. Kadar kalsium jumlahnya empat kali lebih banyak dari susu. Itu pun belum ditambah lagi dengan berbagai jenis asam amino essensial, vitamin lain, dan berbagai senyawa antioksidan. Melihat fakta ini, pantaslah daun kelor mendapat julukan 'Miracle Tree'. Gagasan pokok dalam paragraf tersebut adalah tanaman kelor menjadi unsur penting dalam pengobatan Ayurveda.

Paragraf 3 dalam teks tersebut adalah Daun kelor yang bentuknya kecil ternyata memiliki manfaat luar biasa sebagai tanaman obat. Masyarakat dapat menanam pohon kelor sendiri di pekarangan rumah. Pohon ini mudah ditanam dan cepat tumbuh. Masyarakat bisa mengonsumsi daun kelor dengan cara dimasak sebagai sayur. Gagasan pokok paragraf tersebut adalah daun kelor bermanfaat sebagai tanaman obat.

Dengan demikian, gagasan pokok setiap paragraf dalam teks eksposisi tersebut adalah gagasan pokok paragraf 1 tentang pohon kelor berasal dari suku tanaman Moringaceae, gagasan pokok paragraf 2 tentang tanaman kelor dalam pengobatan Ayurveda, dan gagasan pokok paragraf 3 tentang pemanfaatan daun kelor sebagai tanaman obat.space

3rb+

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Berdasarkan letak kalimat utamanya, jenis paragraf tersebut termasuk ke dalam ....

3rb+

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia