Roboguru

Tentukan gagasan dan fakta yang terdapat dalam teks eksposisi tersebut!

Pertanyaan

Perhatikan teks eksposisi berikut!
 

Penyebab Kerusakan Terumbu Karang

    Sebagai tempat tinggal berbagai jenis ikan dan hewan-hewan laut, kelestarian terumbu karang harus dijaga. Namun, sayangnya saat ini ekosistem terumbu karang terancam punah karena banyak yang rusak. Berikut inl adalah penyebab-penyebab kerusakan terumbu karang.

  1. Pengambilan Terumbu Karang secara Ilegal Keindahan terumbu karang memang dapat menarik minat para wisatawan untuk mehhatnya.
        Namun, tidak jarang mereka mengambil terumbu-terumbu karang tersebut secara ilegal untuk dijadikan aksesori atau hiasan bernilai ekonomi.
  2. Pembangunan di Pesisir Pantai
        Selain dapat menguntungkan secara ekonomi, pembangunan di pesisir pantai dapat menyebabkan kerusakan pada ekosistem air laut, terutama terumbu karang. Untuk membangun bangunan-bangunan tersebut, diperlukan pengerukan tanah dan reklamasi sehingga dapat menyebabkan erosi. Selain itu, bangunan-bangunan tersebut dapat menghalangi masuknya cahaya matahari ke dalam laut. 
  3. Pencemaran Limbah
        Limbah-limbah yang berasal dari aktivitas mesin dan rumah tangga dapat mencemari ekosistem air laut, termasuk terumbu karang. Limbah-limbah yang mencemari terumbu karang bisa berupa limbah cair dan padat. Limbah cair berasal dan bahan kimia atau tumpahan minyak. Sementara itu, limbah padat bisa berupa sampah plastik yang tersangkut di terumbu karang.
  4. Penambangan
        Tujuan kegiatan penambangan terumbu karang adalah mendapatkan batu karang yang akan digunakan unIuk membuat aksesori bernilai ekonomi, pembangunan jalan, dan bahan bangunan. Jika penambangan terumbu karang dilakukan terus-menerus, dapat dipaslikan terumbu karang akan punah.
  5. Penangkapan Ikan secara Ilegal
        Untuk mendapatkan ikan dalam jumlah yang banyak, para nelayan akan melakukan berbagal cara meskipun tindakan tersebut dapat merusak ekosistem yang ada di dalam air laut, termasuk terumbu karang. Biasanya para nelayan akan menggunakan pukat harimau, bahan peledak, dan racun sianida. Penggunaan pukat harimau, bahan peledak, dan racun sianida Ini dapat menghancurkan terumbu karang, bahkan mematikan terumbu karang.
  6. Penebangan Hutan Mangrove
        Fungsi hutan mangrove adalah sebagai pencegah abrasi dan penyaring air. Jika hutan mangrove ditebang, kedua fungsi tersebut tidak dapat berjalan dengan baik. Terumbu karang beserta ekosistem di dalamnya pun akan terancam.
  7. Pestisida
        Penggunaan pestisida yang berlebih pada lahan pertanian dapat mencemari air laut. Selain itu, penggunaan pestisida dapat mencemari terumbu karang dan ekosistem yang ada di dalamnya.

    Faktor-faktor tersebut merupakan penyebab kerusakan terumbu karang yang merugikan kehidupan, terutama kehidupan di dalam air laut. Terumbu karang harus dijaga kelestariannya agar kita dan anak cucu kita dapat menikmati keindahannya.

(Disadur dari: https://dlh.semarangkota.go.id/7-penyebab-rusaknya-terumbu-karang/, diunduh 3 Februari 2020)undefined 

Tentukan gagasan dan fakta yang terdapat dalam teks eksposisi tersebut!space space 

Pembahasan Video:

Pembahasan:

Gagasan dalam teks eksposisi bisa berisi pernyataan berupa penilaian, komentar, dan saran penulis terkait denga topik yang dibasah. Dalam gagasan juga terdapat bujukan atau dorongan untuk mengajak pembaca menanggapi permasalahan yang sedang dibahas. Fakta dalam teks eksposisi berupa kejadian atau peristiwa yang benar-benar terjadi. Fakta berfungsi untuk memperkuat gagasan agar lebih meyakinkan pembaca.

Gagasan: 

  1. Sebagai tempat tinggal berbagai jenis ikan dan hewan-hewan laut, kelestarian terumbu karang harus dijaga.
  2. Saat ini ekosistem terumbu karang terancam punah karena banyak yang rusak.
  3. Keindahan terumbu karang memang dapat menarik minat para wisatawan untuk melihatnya.
  4. Tidak jarang mereka mengambil terumbu-terumbu karang tersebut secara ilegal untuk dijadikan aksesori atau hiasan bernilai ekonomi.
  5. Selain dapat menguntungkan secara ekonomi, pembangunan di pesisir pantai dapat menyebabkan kerusakan pada ekosistem air laut, terutama terumbu karang.
     

Fakta: 

  1. Penyebab-penyebab kerusakan terumbu karang adalah pengambilan terumbu karang secara ilegal, pembangunan di pesisir pantai, pencemaran limbah, penambangan, penangkapan secara ilegal, penebangan hutan mangrove, dan penggunaan pestisida.
  2. Fungsi hutan mangrove adalah sebagai pencegah abrasi dan penyaring air.
  3. Limbah cair berasal dan bahan kimia atau tumpahan minyak. Sementara itu, limbah padat bisa berupa sampah plastik yang tersangkut di terumbu karang.
     

Jawaban terverifikasi

Dijawab oleh:

N. Puspita

Terakhir diupdate 07 Oktober 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan serupa

Tema teks di atas adalah ....

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved