Iklan

Iklan

Pertanyaan

Bacalah karya ilmiah berikut!

 

    Daun kelor dapat digunakan sebagai antioksidan alami dengan mencegah kerusakan yang ditimbulkan oleh radikal bebas.  Antioksidan alami tersebut berupa vitamin C, tokoferol (vitamin E), betakaroten, dan antioksidan fitokimia. Oleh karena itu, tanaman kelor juga dapat digunakan sebagai tanaman obat berkhasiat, namun bukan hanya daun yang bisa dimanfaatkan juga seluruh bagian tanaman termasuk kulit batang, biji, buah dan akarnya. 

    Meskipun telah banyak penelitian sebelumnya tentang kandungan vitamin C pada kelor, setiap daerah memiliki kondisi lingkungan yang berbeda-beda. Dengan demikian, kandungan tersebut  memengaruhi kandungan metabolit sekunder yang ada di dalamnya termasuk kandungan vitamin C. Berdasarkan uraian latar belakang, kami tertarik untuk menganalisis kandungan vitamin C ekstrak daun kelor pada beberapa tempat dengan ketinggian yang berbeda di Kota Baubau.

Disadur dari: https://www.researchgate.net/publication/341945025, diunduh 2 Oktober 2020undefined

Tentukan bagian teks karya ilmiah tersebut beserta alasannya!

Tentukan bagian teks karya ilmiah tersebut beserta alasannya!

Iklan

A. Rizky

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Indonesia

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Karya ilmiah adalah tulisan atau laporan tertulis yang memaparkan hasil penelitian atau kajian suatu masalah oleh seseorang atau kelompok dengan memenuhi kaidah dan etika keilmuan. Sistematika penulisan karya ilmah: Pendahuluan: Terdiri atas latar belakang masalah, tinjauan pustaka, rumusan masalah, tujuan penelitian, dan manfaat penelitian Kerangka teori: Terdiri atas landasan teori dan hipotesis penelitian Metode penelitian: Terdiri atas jenis penelitian, definisi konsep dan operasional variabel, populasi dan sampel penelitian, jenis, sumber dan teori pengumpulan data, dan teknik analisis atau pengujian data Pembahasan penelitian: Terdiri atas gambaran umum objek peneltian, deskripsi hasil penelitian, pengujian hipotesis, interpelasi hasil pengujian hipotesis Penutup: Terdiri atas daftar pustaka dan lampiran. Analisis: Paragraf 1 : Latar belakang masalah karena berisi uraian singkat, jelas dan logis untuk menjelaskan alasan teoritik serta faktual tentang seluruh bagian tanaman termasuk kulit batang, biji, buah dan akar tanaman kelor yang dapat digunakan sebagai tanaman obat berkhasiat. Paragraf 2 kalimat pertama dan kedua: Tinjauan pustaka karena berupa evaluasi yang mendalam dan kritis tentang penelitian sebelumnya pada suatu topik. Paragraf 2 kalimat ketiga: Tujuan penelitian adalah uraian singkat serta jelas tentang tujuan apa yang hendak dicapai dalam penelitian tersebut yaitu untuk menganalisis kandungan vitamin C ekstrak daun kelor pada beberapa tempat dengan ketinggian yang berbeda di Kota Baubau.

Karya ilmiah adalah tulisan atau laporan tertulis yang memaparkan hasil penelitian atau kajian suatu masalah oleh seseorang atau kelompok dengan memenuhi kaidah dan etika keilmuan.

Sistematika penulisan karya ilmah:

  1. Pendahuluan: Terdiri atas latar belakang masalah, tinjauan pustaka, rumusan masalah, tujuan penelitian, dan manfaat penelitian
  2. Kerangka teori: Terdiri atas landasan teori dan hipotesis penelitian
  3. Metode penelitian: Terdiri atas jenis penelitian, definisi konsep dan operasional variabel, populasi dan sampel penelitian, jenis, sumber dan teori pengumpulan data, dan teknik analisis atau pengujian data
  4. Pembahasan penelitian: Terdiri atas gambaran umum objek peneltian, deskripsi hasil penelitian, pengujian hipotesis, interpelasi hasil pengujian hipotesis
  5. Penutup: Terdiri atas daftar pustaka dan lampiran.


Analisis:

  1. Paragraf 1: Latar belakang masalah karena berisi uraian singkat, jelas dan logis untuk menjelaskan alasan teoritik serta faktual tentang seluruh bagian tanaman termasuk kulit batang, biji, buah dan akar tanaman kelor yang dapat digunakan sebagai tanaman obat berkhasiat.
  2. Paragraf 2 kalimat pertama dan kedua: Tinjauan pustaka karena berupa   evaluasi yang mendalam dan kritis tentang penelitian sebelumnya pada suatu topik.
  3. Paragraf 2 kalimat ketiga: Tujuan penelitian adalah uraian singkat serta jelas tentang tujuan apa yang hendak dicapai dalam penelitian tersebut yaitu untuk menganalisis kandungan vitamin C ekstrak daun kelor pada beberapa tempat dengan ketinggian yang berbeda di Kota Baubau.undefined 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

96

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Kutipan tersebut dapat ditemukan pada bagian karya ilmiah yang disebut....

18

2.6

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia