Roboguru

Tentukan bagian dalam kutipan teks pidato yang mengungkapkan data pendukung untuk memperkuat gagasan orator.

Pertanyaan

Perhatikan kutipan teks pidato persuasif berikut dengan cermat, kemudian kerjakan soal berikut


....
    (1) Penyalahgunaan narkotika dan obat-obatan terlarang di kalangan generasi muda dewasa ini kian meningkat. Maraknya penyimpangan perilaku generasi muda, jelas akan menjadi ancaman serius bagi kualitas generasi masa depan bangsa kita. Berdasarkan catatan Badan Narkotika Nasional (BNN), sekitar 5 juta dari penyalahguna narkoba, 40-50 orang per hari meninggal karena narkoba. Sementara itu, kerugian negara akibat narkoba mencapai Rp 63,1 triliun dari 60 jaringan (narkoba) yang beroperasi di Indonesia. 
    (2) Dalam situasi seperti itu, pemuda sebagai generasi yang diharapkan menjadi penerus bangsa, semakin hari semakin rapuh digerogoti zat-zat adiktif penghancur saraf sehingga tidak dapat berpikir jernih. Akibatnya, generasi harapan bangsa yang tangguh dan cerdas hanya akan tinggal kenangan. 
    (3) Jika keadaan tersebut tidak segera diatasi, tentu akan semakin banyak generasi muda bangsa ini yang akan menjadi korban keganasan narkoba. Kita harus bersama-sama menyatakan perang terhadap narkoba. Semua komponen bangsa harus bergerak bersama untuk memerangi narkoba. Mari, kita selamatkan masa depan negeri ini dengan menjauhkan generasi muda kita dari ancaman narkoba.
....space  

Tentukan bagian dalam kutipan teks pidato yang mengungkapkan data pendukung untuk memperkuat gagasan orator.space 

Pembahasan:

Pidato persuasif adalah pidato yang digunakan untuk menyampaikan saran, ajakan, atau bujukan kepada masyarakat untuk menyetujui atau mengubah pandangannya sesuai gagasan yang disampaikan dan melakukan tindakan secara sukarela.

Data adalah catatan atas kumpulan fakta yang ada.

  • Teks tersebut terdiri atas tiga paragraf. Paragraf pertama berisi informasi mengenai peningkatan penyalahgunaan narkotika dan obat-obatan terlarang di kalangan generasi muda. Paragraf dua berisi harapan penulis pada generasi muda. Paragraf terakhir berisi ajakan penulis untuk menyelamatkan masa depan negeri dengan menjauhkan generasi muda dari ancaman narkoba.

Berdasarkan kutipan:
Berdasarkan catatan Badan Narkotika Nasional (BNN), sekitar 5 juta dari penyalahguna narkoba, 40-50 orang per hari meninggal karena narkoba. Sementara itu, kerugian negara akibat narkoba mencapai Rp 63,1 triliun dari 60 jaringan (narkoba) yang beroperasi di Indonesia.

Kutipan beberapa kalimat dalam paragraf satu tersebut menunjukkan adanya data yang didapatkan dari Badan Narkotika Nsional (BNN) berupa jumlah penyalahguna narkoba dan kerugian negara akibat jaringan narkoba yang beroperasi di Indonesia. 

Sedangkan paragraf yang lain berisi harapan dan himbauan dari penulis teks pidato.

Berdasarkan penjelasan di atas, bagian dalam kutipan teks pidato yang mengungkapkan data pendukung untuk memperkuat gagasan orator adalah paragraf satu.

Dengan demikian, bagian dalam kutipan teks pidato yang mengungkapkan data pendukung untuk memperkuat gagasan orator adalah bagian dari paragraf satu. Bagian tersebut adalah beberapa kalimat berikut: Berdasarkan catatan Badan Narkotika Nasional (BNN), sekitar 5 juta dari penyalahguna narkoba, 40-50 orang per hari meninggal karena narkoba. Sementara itu, kerugian negara akibat narkoba mencapai Rp 63,1 triliun dari 60 jaringan (narkoba) yang beroperasi di Indonesia.space 

Jawaban terverifikasi

Dijawab oleh:

H. Pratiwi

Mahasiswa/Alumni Universitas Indonesia

Terakhir diupdate 30 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan serupa

Tentukan bagian dalam kutipan teks pidato yang mengungkapkan imbauan atau ajakan orator kepada pendengar.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved