Iklan

Iklan

Pertanyaan

Tentukan apakah penamaan berikut benar menurut IUPAC.Jika benar tuliskan strukturnya, jika salah tuliskan penamaannya yang benar! 3-metil-2-butena

Tentukan apakah penamaan berikut benar menurut IUPAC. Jika benar tuliskan strukturnya, jika salah tuliskan penamaannya yang benar!

3-metil-2-butena

Iklan

I. Solichah

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

penamaan yang benar adalah 2-metil-2-butena.

penamaan yang benar adalah 2-metil-2-butena.

Iklan

Pembahasan

Pembahasan

Tata nama alkena Menentukan rantai C induk, yaitu atom C yang terpanjang. Rantai utama diberi nama akhiran -ena. Contohnya etena, propena dan seterusnya. Atom C di luar rantai induk sebagai cabang (sebagai gugus alkil ) Menentukan penomoran pada atom C dari rantai induk yaitu dimulai dari ujung yang paling dekat dengan ikatan rangkap Jika jarak ujung rantai dengan ikatan rangkapnya sama, pilih yang paling dekat dengan cabangnya Penulisan cabang dimulai dengan urutan alfabet Aturan penamaan: nomorcabang–nama cabang–no. posisi ikatan rangkap–nama rantai utama. Rumus struktur 3-metil-2-butena adalah sebagai berikut. Berdasarkan dari tata nama yang disediakan (3-metil-2-butena) kita memberi nomor dari sebelah kiri, yaitu seperti ini penomorannya. Akan tetapi, penomoran tersebut tidak tepat, karena menurut aturan tata nama alkena di point nomor 4 yaitu jika jarak ujung rantai dengan ikatan rangkapnya sama, pilih yang paling dekat dengan cabangnya. JIka kita memberi nomor dari ujung kanan, ikatan rangkapnya tetap pada posisi C nomor 2, tetapi cabangnya terletak pada C nomor 2 juga, sehingga lebih baik kita memberi nomor dari ujung kanan seperti ini. Berdasarkan struktur tersebut, nama yang benar adalah 2-metil-2-butena. Jadi penamaan yang benar adalah 2-metil-2-butena.

Tata nama alkena

  1. Menentukan rantai C induk, yaitu atom C yang terpanjang. Rantai utama diberi nama akhiran -ena. Contohnya etena, propena dan seterusnya.
  2. Atom C di luar rantai induk sebagai cabang (sebagai gugus alkil begin mathsize 14px style C subscript n H subscript 2 n plus 1 end subscript end style)
  3. Menentukan penomoran pada atom C dari rantai induk yaitu dimulai dari ujung yang paling dekat dengan ikatan rangkap
  4. Jika jarak ujung rantai dengan ikatan rangkapnya sama, pilih yang paling dekat dengan cabangnya
  5. Penulisan cabang dimulai dengan urutan alfabet
  6. Aturan penamaan: nomor cabang–nama cabang–no. posisi ikatan rangkap–nama rantai utama.

Rumus struktur 3-metil-2-butena adalah sebagai berikut.

Berdasarkan dari tata nama yang disediakan (3-metil-2-butena) kita memberi nomor dari sebelah kiri, yaitu seperti ini penomorannya.

Akan tetapi, penomoran tersebut tidak tepat, karena menurut aturan tata nama alkena di point nomor 4 yaitu jika jarak ujung rantai dengan ikatan rangkapnya sama, pilih yang paling dekat dengan cabangnya. JIka kita memberi nomor dari ujung kanan, ikatan rangkapnya tetap pada posisi C nomor 2, tetapi cabangnya terletak pada C nomor 2 juga, sehingga lebih baik kita memberi nomor dari ujung kanan seperti ini.

Berdasarkan struktur tersebut, nama yang benar adalah 2-metil-2-butena.

Jadi penamaan yang benar adalah 2-metil-2-butena.

Latihan Bab

Hidrokarbon dalam Kehidupan

Kekhasan Atom Karbon

Reaksi Senyawa Hidrokarbon

Alkana

4rb+

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Tuliskan rumus struktur senyawa berikut! b. 4,4-dietil-2,5-dimetil-2-heksena

2rb+

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia