Roboguru

Tentukan amanat yang terdapat dalam puisi tersebut!

Pertanyaan

Tentukan amanat yang terdapat dalam puisi tersebut!space 

Pembahasan Soal:

Amanat adalah pesan yang dikandung dalam sebuah puisi. Amanat merupakan bagian dari struktur batin puisi. Pada puisi "Perbincangan Tengah Malam" kita dapat memahami bahwa penulis hendak menyampaikan pesan betapa seorang hamba akan merasakan kehampaan jika tidak menyadari bahwa Tuhan itu dekat. Secara tersirat, puisi ini juga hendak menyampaikan bahwa sebaiknya kita tidak menjadikan dunia sebagai hal yang utama, tetapi jadikanlah Tuhan selalu yang pertama dan sebagai penenang jiwa.

Dengan demikian, amanat yang terdapat dalam puisi tersebut berkenaan dengan hubungan antara Tuhan dan manusia yang sejatinya harus dekat.space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

W. Wahyuni

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Makassar

Terakhir diupdate 04 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Tema puisi tersebut adalah . . .

Pembahasan Soal:

Puisi adalah karya sastra yang gaya bahasanya terkait oleh rima, irama, dan penyusunan larik dan bait. Puisi biasanya berisi ungkapan perasaan penulis mengenai emosi, pengalaman, pemikiran, maupun kesan yang kemudian bahasa yang menarik sehingga enak untuk dibaca.

Sebuah puisi pasti memiliki tema. Tema termasuk dalam unsur batin atau intrinsik puisi. Tema adalah gagasan pokok yang ingin diungkapkan penulis kepada pembacanya. Tema puisi ini sangat beraneka ragam, mulai dari kebahagiaan, kesedihan dan lain-lain.

Berikut adalah analisis mengenai teks puisi "Jalan Segara". Tema puisi tersebut dapat dilihat dari larik-lariknya, salah satunya larik "Ditembuskan ke punggung anak-anaknya senidiri". Dari larik tersebut bisa diketahui bahwa tema puisi tersebut adalah kekejaman.

Berdasarkan analisis di atas, tema puisi tersebut adalah kekejaman.


Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan A.space 

0

Roboguru

Bacalah puisi yang berjudul “Dalam Gelombang” ini dan pahami isinya! Dalam Gelombang Alun bergulung naik meninggi, Turun melembah jauh ke bawah, Lidah ombak menyerak buih, Surut kembali di air ...

Pembahasan Soal:

Pada kata samudraMu terdapat bentuk -mu. Bentuk –mu yang berarti kamu sebagai penunjuk pemilik dari kata yang diserangkaikan. Seperti pada kata bukumu yang berarti buku milik kamu. -Mu pada samudraMu bermakna samudra milik kamu. Namun huruf M ditulis kapital karena yang dimaksud pemilik samudra adalah Tuhan. Antara kata samudra yang diserangkaikan dengan -Mu dan huruf M ditulis dengan kapital diperlukan tanda hubung (-).

Jadi jawaban soal di atas, –Mu merujuk  pada Tuhan yang memiliki samudra. 

 

0

Roboguru

Parafrasakan puisi tersebut dalam bentuk cerita prosa dengan bahasamu sendiri!

Pembahasan Soal:

Puisi merupakan karya sastra yang menggunakan pilihan kata yang indah dan bermakna. Salah satu teknik memahami makna puisi adalah memaknai secara keseluruhan. Hal tersebut disebut teknik parafrase puisi. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, parafrasa adalah penguraian kembali suatu teks (karangan) dalam bentuk (susunan kata-kata) yang lain, dengan maksud untuk dapat menjelaskan makna yang tersembunyi. Langkah-langkah memparafrasekan puisi adalah

  1. Membaca keseluruhan teks puisi dengan cermat
  2. Memahami makna keseluruhan
  3. Menemukan kata kunci maupun makna kata kias di tiap bait
  4. Menuliskan kembali isi puisi dalam bentuk karangan bebas/prosa dengan kata-kata sendiri

Berdasarkan puisi di soal, langkah pertama yang harus dilakukan membaca puisi dengan cermat. Selanjutnya, memahami puisi tersebut. Secara keseluruhan puisi tersebut berisi ilmu yang diberikan oleh seorang guru yang seperti pelita tidak padam dan menerangi jalan agar kaki tidak salah melangkah. Puisi tersebut bermakna seorang guru yang memberikan ilmu. Seorang guru diumpamakan seperti cahaya dalam kegelapan, dalam arti siswa yang tidak mengetahui hingga mengetahui dan memahami ilmu berkat sosok guru. Dengan ilmu dan bimbingan dari guru, maka siswa tidak salah dalam menghadapi masa depannya nanti. Kata kunci bait tersebut adalah guruku, ilmu, pelita, jalan, melangkah. Laksana pelita ... bermakna seperti cahaya, sedangkan jalan gulita artinya jalan gelap yang bermakna jalan yang salah. Setelah itu, dilanjutkan dengan menguraikan isi puisi dalam bentuk karangan dengan kalimat sendiri yaitu guruku (sangat berjasa dengan) Ilmu yang engkau berikan (Guruku seolah-olah) Laksana pelita yang tak (kan) pernah padam. (Engkau) Menerangi jalan(ku) (yang) (gelap) gulita. (Engkau melakukan itu) Agar kaki(ku) tak salah (dalam) melangkah (demi masa depanku nanti). 

Dengan demikian, parafrasa puisi tersebut adalah guruku telah berjasa memberikan ilmunya. Ia seperti cahaya yang menerangi kegelapan dan tak pernah padam. Hal ini dilakukannya demi masa depan siswanya.

0

Roboguru

Suasana dalam puisi di atas adalah....

Pembahasan Soal:

Suasana puisi ialah suasana yang menyertai kejadian, peristiwa, atau hal-hal yang diungkapkan dalam puisi. Suasana biasanya menggambarkan rasa gembira, bahagia, sedih, haru, kecewa, gelisah, berontak, tenang, pasrah, bingung, sepi, atau bimbang. Suasana yang tergambar dalam puisi di adalah sedih. 

Hal ini dapat terlihat pada larik 

Perahu yang bersama 'kan merapuh!
Mengapa ajal memanggil dulu

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah A.space 

1

Roboguru

Suasana puisi tersebut adalah ...

Pembahasan Soal:

Suasana adalah keadaan jiwa pembaca setelah membaca puisi akibat psikologis yang ditimbulkan puisi terhadap pembaca.

Suasana puisi tersebut adalah hal ini ditunjukan dari rasa kehilangan yang amat dalam yang dirasakan penyair melaui diksi yang digunakan.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan B.undefined 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved