Roboguru
SD

Temukan kata popular dan kata kajian yang terdapat dalam teks tersebut!

Pertanyaan

Bacalah teks berikut dengan saksama!


    Ragam upaya penanggulangan pencernaran lingkungan akibat plastik tentu bukan kerja satu pihak saja. Untuk dapat mewujudkan mimpi bersama ini diperlukan komitmen dari seluruh lapisan. Salah satunya komitmen pemerintah menerapkan kebijakan cukai plastik yang harus didukung oleh masyarakat, akademisi, dan pelaku industri.

    Isu lingkungan menjadi alasan kuat yang melatarbelakangi kebijakan ini. Cukai menjadi alat fiskal yang digunakan pernerintah untuk mengendalikan konsumsi barang-barang yang mernpunyai eksternalitas atau berdampak negatif bagi kesehatan, masyarakat, maupun lingkungan. Sudah semestinya barang-barang yang diproduksi atau dikonsumsi harus lebih mudah diterima oleh bumi (ramah lingkungan). Dengan demikian, kantong plastik yang tidak ramah lingkungan seharusnya mulai dikendalikan dengan adanya cukai plastik.

    Beberapa daerah di Indonesia sudah menerapkan larangan penggunaan kantong plastik. Kebijakan larangan sudah pasti akan mematikan industri kantong plastik. Sementara dengan pengenaan cukai, industri masih boleh berproduksi atau masyarakat masih boleh rnenggunakan kantong plastik dengan syarat ada pembebanan pungutan. Pertimbangan ini muncul karena kekhawatiran terganggunya keberlangsungan industri dan investasi di sektor kantong plastik.

    Pengendalian sampah dengan mekanisme cukai dianggap tebih tepat diterapkan. Besaran tarif cukai dapat disesuaikan dengan karakter barangnya. Selain itu, cukai dinilai efektif untuk mengendalikan barang (kantong plastik) karena terdapat kewenangan untuk melakukan kontrol fisik atas barang tersebut. Bagi industri di sektor kantong plastik dapat beralih membuat kantong belanja yang ramah lingkungan. 

(Disadur dari: https://kemenkeu.go.id/medis/13164/mk-september-2019.pdf,diunduh 10 Maret 2010)

Temukan kata popular dan kata kajian yang terdapat dalam teks tersebut!undefined 

  1. ...undefined 

  2. ...undefined 

F. Fadilaturrohmah

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Muhammadiyah Malang

Jawaban terverifikasi

Pembahasan

Kata kajian adalah kata yang perlu ditelaah lebih jauh lagi artinya karena tidak bisa langsung dipahami oleh semua orang. Kata kajian dalam teks tersebut antara lain akademisi, cukai, sektor, fiskal.

Kata populer adlaah kata umum yang digunakan dalam kehidupan masyarakat. Kata populer dalam teks tersebut antara lain konsumsi, karakter, produksi.space 

323

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Istilah yang mungkin muncul dalam suatu teks diskusi yang membahas permasalahan lingkungan adalah ….

33

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia