Iklan

Iklan

Pertanyaan

Masih banyak yang berasumsi bahwa jalan kaki tidak bermanfaat. Padahal, olahraga yang ringan dan murah ini mengandung sejumlah manfaat baik bagi tubuh kita. Menurut sebuah studi yang dikutip dari situs Alodokter, berolahraga jalan kaki selama 30 menit ternyata mampu menurunkan risiko penyakit jantung sebanyak 40 persen. Berdasarkan data tersebut, berarti olahraga jalan kaki dapat memicu jantung untuk terus berdenyut lebih kencang, sehingga jantung pun menguat, dan sirkulasi darah pun kian meningkat. Selain itu, berjalan kaki secara teratur juga dapat menurunkan kolesterol dalam tubuh. Hal ini dikarenakan berjalan kaki akan menuntut tubuh bergerak secara konstan yang mengakibatkan lemak dan kolesterol pun akan semakin menurun. Oleh karena itu, biasakanlah berolahraga jalan kaki minimal selama 30 menit, agar tubuh makin sehat dan terhindar dari serangan jantung serta penyakit yang disebabkan oleh kolesterol.space 

Temukan kaidah-kaidah kebahasaan teks persuasi pada teks di atas! Kaidah kebahasaan: Kata kerja mental

Temukan kaidah-kaidah kebahasaan teks persuasi pada teks di atas!

Kaidah kebahasaan:
Kata kerja mentalspace 

Iklan

M. Rozalina

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Jambi

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Persuasiataupersuasifberarti mengajak, membujuk, atau menyuruh. Sesuai denganartikatanya,teks persuasimerupakan sebuahteksyang bertujuan untuk mengajak, menyuruh, atau membujuk pembacanya melakukan sesuatu sesuai dengan apa yang disampaikan oleh penulis. Salah satu kaidah kebahasaan teks persuasi adalah menggunakan kata kerja mental.Kata kerja mental merupakan kata yang memberi penerangan bahwa persepsi (misal melihat, berbicara), afeksi (misal suka, sedih), dan kognisi (misal berpikir, paham). Contoh kata kerja mental diharapkan. memprihatinkan, mengagumkan, memperkirakan, berpendapat, berasumsi, atau menyimpulkan. Berikut kalimat yang menggunakan kata kerja mentalpada teks persuasi di atas: Masih banyak yang berasumsi bahwa jalan kaki tidak bermanfaat.Menurut sebuah studi yang dikutip dari situs Alodokter, berolahraga jalan kaki selama 30 menit ternyata mampu menurunkan risiko penyakit jantung sebanyak 40 persen. Selain itu, berjalan kaki secara teratur juga dapat menurunkan kolesterol dalam tubuh. Hal ini dikarenakan berjalan kaki akan menuntut tubuh bergerak secara konstan yang mengakibatkan lemak dan kolesterol pun akan semakin menurun. Oleh karena itu, biasakanlah berolahraga jalan kaki minimal selama 30 menit, agar tubuh makin sehat dan terhindar dari serangan jantung serta penyakit yang disebabkan oleh kolesterol. Kalimat tersebut mengandung kata kerja mentalkarenamemberi penerangan bahwa persepsi, afeksi, dan kognisi.

Persuasi atau persuasif berarti mengajak, membujuk, atau menyuruh. Sesuai dengan arti katanya, teks persuasi merupakan sebuah teks yang bertujuan untuk mengajak, menyuruh, atau membujuk pembacanya melakukan sesuatu sesuai dengan apa yang disampaikan oleh penulis.

Salah satu kaidah kebahasaan teks persuasi adalah menggunakan kata kerja mental. Kata kerja mental merupakan kata yang memberi penerangan bahwa persepsi (misal melihat, berbicara), afeksi (misal suka, sedih), dan kognisi (misal berpikir, paham). Contoh kata kerja mental diharapkan. memprihatinkan, mengagumkan, memperkirakan, berpendapat, berasumsi, atau menyimpulkan.

Berikut kalimat yang menggunakan kata kerja mental pada teks persuasi di atas:

Masih banyak yang berasumsi bahwa jalan kaki tidak bermanfaat. Menurut sebuah studi yang dikutip dari situs Alodokter, berolahraga jalan kaki selama 30 menit ternyata mampu menurunkan risiko penyakit jantung sebanyak 40 persen. Selain itu, berjalan kaki secara teratur juga dapat menurunkan kolesterol dalam tubuh. Hal ini dikarenakan berjalan kaki akan menuntut tubuh bergerak secara konstan yang mengakibatkan lemak dan kolesterol pun akan semakin menurun. Oleh karena itu, biasakanlah berolahraga jalan kaki minimal selama 30 menit, agar tubuh makin sehat dan terhindar dari serangan jantung serta penyakit yang disebabkan oleh kolesterol.

Kalimat tersebut mengandung kata kerja mental karena memberi penerangan bahwa persepsi, afeksi, dan kognisi.space 

Latihan Bab

Mengenal Teks Persuasi

Kebahasaan Teks Persuasi

Menganalisis Teks Persuasi

Menyusun Teks Persuasi

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

215

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Berikut yang tidak termasuk ciri kebahasaan teks persuasif adalah ....

890

3.6

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia