Roboguru

Temperatur daerah Kota Bandung 20°C. Ketinggian tempatnya 700 m di atas permukaan laut. Berapakah temperatur rata-rata kota Bandung?

Pertanyaan

Temperatur daerah Kota Bandung 20°C. Ketinggian tempatnya 700 m di atas permukaan laut. Berapakah temperatur rata-rata kota Bandung?undefined 

Pembahasan Soal:

Semakin rendah posisi kita di permukaan bumi, semakin banyak massa udara. Massa udara ini menyerap dan mempertahankan panas. Sebaliknya pada ketinggian, massa udara berkurang.  Sehingga, pada posisi permukaan bumi yang di dataran rendah, seperti di dekat permukaaan laut, suhu udara juga semakin besar. Sebaliknya di wilayah dengan ketinggian, seperti pada pegunungan, suhu udara berkurang dan terasa dingin.

Rumus dari perhitungan suhu pada ketinggian tertentu adalah:

T = 26,3 – 0,6 (h)

Diketahui:

T = Suhu udara yang dicari (°C).

Konstanta (suhu udara rata-rata di daerah pantai tropis) = 26,3

Konstanta = 0,6

Tinggi tempat dalam ratusan meter (h) = 700 m

Ditanya: suhu rata-rata?

Jawab: 

T = 26,3 – 0,6h

  = 26,3 - 0,6(7)

 = 26,3 – 4,2

  = 22,1°C

Sehingga temperatur rata-rata Kota Bandung adalah 22,1°C.undefined 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

F. Seftiani

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

Terakhir diupdate 31 Maret 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Tuliskan dan jelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi suhu udara di setiap daerah!

Pembahasan Soal:

Berikut adalah faktor-faktor yang mempengaruhi suhu udara di setiap daerah.

  • Durasi Penyinaran Matahari, matahari merupakan komponen penting dalam mempengaruhi suhu udara. Semakin lama waktu penyinaran matahari di suatu wilayah, maka maka semakin tinggi pula suhu udaranya.

  • Sudut Datangnya Sinar Matahari, adalah sudut yang terbentuk oleh datangnya cahaya matahari dengan bumi. Apabila sudut datangnya sinar matahari semakin tegak, maka intensitas penyinaran matahari akan semakin kuat.

  • Ketinggian Tempat, jika suatu wilayah berada pada ketinggian yang lebih tinggu maka suhu udaranya akan menjadi rendah. Hal ini disebabkan adanya gejala gradien thermometrik.

  • Kondisi Geografis Suatu Wilayah, kondisi geografis sangat mempengaruhi suhu udara karena daerah yang wilayahnya dikelilingi laut dan wilayah yang jauh dari laut suhu udaranya pasti berbeda.

  • Ada Tidaknya Awan, ketika terdapat awan yang melintas, maka sinar matahari akan terhalang oleh kehadiran awan tersebut. Oleh karena itu, suhu udara juga akan turun secara perlahan.

  • Perbedaan Garis Lintang dari Suatu Wilayah, wilayah yang berada di kawasan garis khatulistiwa atau berada pada wilayah tropis pasti memiliki suhu udara yang lebih tinggi dan lebih panas. Hal ini terjadi karena bumi terbagi menjadi empat wilayah musim, yaitu sub tropis, tropis, sedang, dan dingin.

  • Pegerakan Angin dan Arus Laut, jika arus laut dan angin datang dari daerah atau wilayah yang sedang mengalami musim dingin, maka daerah atau wilayah yang dilaluinya akan terpengaruh dengan terjadinya penurunan suhu udara yang mengikutinya.space 

0

Roboguru

Diketahui temperatur suhu di suatu tempat yaitu 30 derajat celcius pada ketinggian 300 mdpl, berapa temperatur suhu rata-ratanya?

Pembahasan Soal:

Diketahui:

  • Suhu di suatu tempat yaitu 30 derajat celcius.
  • Ketinggian tempat adalah 300 mdpl.

Ditanya:

Berapa temperatur suhu rata-ratanya?

Jawab:

Suhu adalah sebuah besaran yang menyatakan tingkatan panas atau dingin suatu benda. Suhu udara di daratan akan menurun seiring dengan kenaikan ketinggian. Di suatu tempat setiap kenaikan 100 meter, maka suhu udara akan menurun begin mathsize 14px style 1 degree straight C end style. Rumus untuk menentukan suhu udara rata-rata di suatu tempat adalah sebagai berikut.

T = To - 0,6(H-Ho/100)

Keterangan:

  • T = suhu pada ketinggian
  • To = suhu pada daerah acuan
  • H = tinggi daratan
  • Ho = ketinggian daerah acuan

 begin mathsize 14px style straight T space equals space 30 minus 0 comma 6 left parenthesis 300 minus 0 divided by 100 right parenthesis space space space equals space 30 minus 0 comma 6 left parenthesis 300 divided by 100 right parenthesis space space space equals space 30 minus 0 comma 6 left parenthesis 3 right parenthesis space space space equals space 30 minus 1 comma 8 space space space equals space 28 comma 2 degree straight C end style

Dengan demikian, temperatur suhu rata-ratanya sebesar begin mathsize 14px style 28 comma 2 degree straight C end style.

0

Roboguru

Angin yang membawa massa udara dari suatu tempat bisa memengaruhi kondisi cuaca dan iklim di tempat yang baru. Fenomena yang menunjukkan contoh dari pernyataan sebelumnya adalah ….

Pembahasan Soal:

Angin turut memberikan pengaruh terhadap suhu udara yang ada di suatu wilayah. Hal ini dikarenakan massa udara yang dibawa oleh angin dari tempat asalnya akan membawa karakteristiknya ke tempat yang baru dan memberikan pengaruh terhadap kondisi iklim dan cuaca di tempat baru tersebut. Contohnya adalah massa udara kontinental polar (cT) dari utara Kanada yang dingin bergerak ke arah selatan dan menyebabkan suhu udara di Amerika Tengah menjadi lebih dingin.space 

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.space 

0

Roboguru

Apa pengertian dari suhu ?

Pembahasan Soal:

Suhu merupakan derajat panas suatu benda. Mudahnya, semakin tinggi suhu suatu benda, semakin panas benda tersebut. Secara mikroskopis, suhu menunjukkan energi yang dimiliki oleh suatu benda. Setiap atom dalam suatu benda masing-masing bergerak, baik itu dalam bentuk perpindahan maupun gerakan di tempat getaran.

0

Roboguru

Berikut yang bukan merupakan akibat peningkatan suhu udara di bumi adalah ....

Pembahasan Soal:

Peningkatan suhu udara di bumi dapat menyebabkan berbagai dampak buruk bagi lingkungan. Untuk menjawab soal ini, maka kalian perlu menganalisis apa saja dampak yang ditimbulkan dari kenaikan suhu udara tersebut. Dengan demikian, maka kalian dapat menjawab soal ini dengan tepat.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved