Iklan

Iklan

Pertanyaan

Teman-teman semakin hari bumi semakin panas. Dalam kurun waktu sepuluh tahun, suhu bumi naik 0 , 0 6 ∘ C . Hal ini disebabkan oleh karbondioksida efek dari rumah kaca. Gas ini juga dihasilkan oleh pabrik-pabrik besar serta sampah-sampah organik. Dalam beberapa tahun mendatang bumi akan menjadi lebih panas apabila hal tersebut tidak dikurangi ataudihentikan. … Kalimat persuasi yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah …

              Teman-teman semakin hari bumi semakin panas. Dalam kurun waktu sepuluh tahun, suhu bumi naik . Hal ini disebabkan oleh karbondioksida efek dari rumah kaca. Gas ini juga dihasilkan oleh pabrik-pabrik besar serta sampah-sampah organik. Dalam beberapa tahun mendatang bumi akan menjadi lebih panas apabila hal tersebut tidak dikurangi atau dihentikan. …

Kalimat persuasi yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah …

  1. Karena itu, janganlah kita menggunakan barang-barang yang tidak dapat didaur ulang karena hal itu akan memperparah kerusakan bumi kita.

  2. Apabila kita ingin hidup nyaman, hindarkan pemakaian barang-barang yang menyebabkan tidak sehat.

  3. Jadi, sampah rumah tangga dan sampah pabrik harus dapat didaur ulang dan tidak menimbulkan timbunan sampah.

  4. Usahakan menggunakan barang-barang yang dapat didaur ulang agar sampah dan barang di pabrik menjadi berkurang.

  5. Suhu bumi akan naik terus sepanjang masa, bila kita tidak menanggulanginya secara cepat dan menjaga secara serius.

Iklan

R. Indriani

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Jawaban terverifikasi

Jawaban

kalimat yang berhubungan dengan konteks ini adalah Karena itu, janganlah kita menggunakan barang-barang yang tidak dapat didaur ulang karena hal itu akan memperparah kerusakan bumi. Secara umum, teks membahas adanya kenaikan suhu yang diakibatkan oleh gas-gas pabrik dan sampah-sampah organik hasil pembuangan manusia. Dengan demkian, pilihan jawaban yang sesuai adalah (A).

kalimat yang berhubungan dengan konteks ini adalah Karena itu, janganlah kita menggunakan barang-barang yang tidak dapat didaur ulang karena hal itu akan memperparah kerusakan bumi. Secara umum, teks membahas adanya kenaikan suhu yang diakibatkan oleh gas-gas pabrik dan sampah-sampah organik hasil pembuangan manusia. Dengan demkian, pilihan jawaban yang sesuai adalah (A). 

Iklan

Pembahasan

Paragraf persuasi adalah paragraf yang bertujuan untuk memengaruhi, mengimbau, membujuk, atau merayu pembaca sehingga terpengaruh untuk mengikuti keinginan penulis. Dalam teks persuasi tersebut, penulis ingin mengajak pembaca untuk menanggulangi naiknya suhu bumi akibat gas karbondioksida yang dihasilkan dari efek rumah kaca. Oleh karena itu, kalimat yang berhubungan dengan konteks ini adalah Karena itu, janganlah kita menggunakan barang-barang yang tidak dapat didaur ulang karena hal itu akan memperparah kerusakan bumi. Secara umum, teks membahas adanya kenaikan suhu yang diakibatkan oleh gas-gas pabrik dan sampah-sampah organik hasil pembuangan manusia. Dengan demkian, pilihan jawaban yang sesuai adalah (A).

Paragraf persuasi adalah paragraf yang bertujuan untuk memengaruhi, mengimbau, membujuk, atau merayu pembaca sehingga terpengaruh untuk mengikuti keinginan penulis. Dalam teks persuasi tersebut, penulis ingin mengajak pembaca untuk menanggulangi naiknya suhu bumi akibat gas karbondioksida yang dihasilkan dari efek rumah kaca. Oleh karena itu, kalimat yang berhubungan dengan konteks ini adalah Karena itu, janganlah kita menggunakan barang-barang yang tidak dapat didaur ulang karena hal itu akan memperparah kerusakan bumi. Secara umum, teks membahas adanya kenaikan suhu yang diakibatkan oleh gas-gas pabrik dan sampah-sampah organik hasil pembuangan manusia. Dengan demkian, pilihan jawaban yang sesuai adalah (A). 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

3

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Kalimat persuasif yang tepat untuk melengkapi pidato tersebut adalah ....

13

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia