Iklan

Iklan

Pertanyaan

Teman-teman Fajar tiba-tiba bersorak gembira. Namun, tidak jauh dari mereka terlihat Daffa yang terkulai lemas karena layang-layangnya putus. Padahal, Daffa sudah menggunakan berbagai strategi untuk memenangkan permainan layang-layangnya melawan Fajar, tetapi kali ini ia tidak berhasil. Tidak lama senja pun tiba. Ketika terdengar suara adzan, anak-anak membubarkan diri untuk pergi ke masjid. Berita kemenangan Fajar atas Daffa semakin menambah keyakinan anak-anak desa itu bahwa layang-layang milik Fajar memang sakti. Konflik pada kutipan tersebut adalah ....

Teman-teman Fajar tiba-tiba bersorak gembira. Namun, tidak jauh dari mereka terlihat Daffa yang terkulai lemas karena layang-layangnya putus. Padahal, Daffa sudah menggunakan berbagai strategi untuk memenangkan permainan layang-layangnya melawan Fajar, tetapi kali ini ia tidak berhasil. Tidak lama senja pun tiba. Ketika terdengar suara adzan, anak-anak membubarkan diri untuk pergi ke masjid. Berita kemenangan Fajar atas Daffa semakin menambah keyakinan anak-anak desa itu bahwa layang-layang milik Fajar memang sakti.

Konflik pada kutipan tersebut adalah ....

  1. Fajar kaget mendengar teman-temannya bersorak gembira

  2. Daffa tidak berhasil mengalahkan Fajar dalam bermain layangan

  3. Daffa menggunakan strategi untuk me-ngalahkan Fajar

  4. anak-anak membubarkan diri karena mendengar adzan

  5. anak-anak semakin yakin akan kesaktian layang-layang Fajar

Iklan

E. Iga

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Sanata Dharma

Jawaban terverifikasi

Jawaban

pilihan jawaban yang sesuai adalah B.

pilihan jawaban yang sesuai adalah B.

Iklan

Pembahasan

Konflik merupakan permasalahan yang diangkat dalam sebuah cerita. Konflik yang ada padateks tersebut digambarkan melalui pikiran tokoh. Konflik utamanya adalah mengenai tokoh Daffa yang tidak berhasil mengalahkan Fajar dalam bermain layangan. Pada awal cerita dijelaskan bahwa teman-teman Fajar bersorak gembira atas kemenangannya. Akan tetapi, tdak jauh dari mereka, terlihat Daffa yang terkulai lemas karena laying-layangnya putus. Hal itu menyebabkan ia tidak berhasil mengalahkan Fajar dalam permainan layang-layang. Dengan demikian, pilihan jawaban yang sesuai adalah B.

Konflik merupakan permasalahan yang diangkat dalam sebuah cerita. Konflik yang ada pada teks tersebut digambarkan melalui pikiran tokoh. Konflik utamanya adalah mengenai tokoh Daffa yang tidak berhasil mengalahkan Fajar dalam bermain layangan. Pada awal cerita dijelaskan bahwa teman-teman Fajar bersorak gembira atas kemenangannya. Akan tetapi, tdak jauh dari mereka, terlihat Daffa yang terkulai lemas karena laying-layangnya putus. Hal itu menyebabkan ia tidak berhasil mengalahkan Fajar dalam permainan layang-layang. Dengan demikian, pilihan jawaban yang sesuai adalah B.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

150

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Konflik dalam kutipan di atasadalah ....

96

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia