Roboguru

Tema yang terdapat dalam puisi tersebut adalah....

Pertanyaan

Tema yang terdapat dalam puisi tersebut adalah....space 

  1. Religiusspace 

  2. Percintaanspace 

  3. Perjuanganspace 

  4. Kemesraanspace 

  5. Pengorbananspace 

Pembahasan Soal:

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, puisi adalah ragam sastra yang bahasanya terikat oleh irama, matra, rima, serta penyusunan larik dan bait. Puisi juga dikenal sebagai seni tertulis yang isinya merupakan ungkapan pikiran, perasaan, mengandung pesan, dan bahasanya indah.

Salah satu unsur penting dalam puisi adalah tema. Tema merupakan gagasan pokok penyair lewat puisinya. Gagasan pokok inilah yang kemudian akan berkembang melalui penjelasan-penjelasan dan hubungan setiap kata dalam puisi tersebut, dari tema inilah yang akan menjadi kerangka pengembangan puisi.

Analisis tema dalam puisi:

Aku ingin mencintaimu dengan sederhana
Dengan kata yang tak sempat diucapkan
Kayu kepada api yang menjadikan abu
Aku ingin mencintaimu dengan sederhana
Dengan isyarat yang tak sempat disampaikan
Awan kepada hujan yang menjadikanya tiada

Tema yang terdapat dalam puisi tersebut adalah tema pengorbanan, khususnya pengorbanan cinta. Hal ini dapat dilihat dari setiap kalimat dalam puisi yang mengungkapkan rasa cinta yang tidak perlu diucapkan dengan omong besar, tetapi dibuktikan dengan pengorbanan yang besar. Berikut hasil analisisnya:

Aku ingin mencintaimu dengan sederhana
Bermakna mengenai perasaan seseorang kepada orang yang dicintainya

Dengan kata yang tak sempat diucapkan
Bermakna bahwa cinta yang dirasakannya sangat besar sehingga tak mampu untuk diucapkan dengan kata-kata

Kayu kepada api yang menjadikan abu
Bermakna cinta yang tulus, tak akan pernah menuntut atas apa yang telah dilakukan demi pasangan, kayu rela dirinya terbakar oleh api. Artinya, agar api bisa hidup (bahagia), kayu rela terbakar untuknya (sebuah pengorbanan).

Dengan isyarat yang tak sempat disampaikan
Bermakna bahwa rasa cinta itu tidak selalu diwujudkan dengan kata-kata, namun cinta disini diwujudkan dengan perhatian, pengorbanan, serta doa-doa yang selalu dikirimkan kepada orang yang dicinta.

Awan kepada hujan yang menjadikanya tiada
Maknanya berasal dari personifikasi awan sebagai kita, hujan sebagai orang yang kita cinta. Perasaan kita yang tak berbalas, pasti terasa sakit dan sedih. Kesedihan itu disimbolkan dengan hujan yang mengikis awan hingga tiada. Demikian itulah ketulusan cinta yang sederhana, mengikhlaskan dan mendoakan kebahagiaan orang yang tidak membalas cinta kita.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah E.space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

M. Rozalina

Mahasiswa/Alumni Universitas Jambi

Terakhir diupdate 11 Juli 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Jelaskan pengertian tema

Pembahasan Soal:

Tema adalah gagasan utama yang menjiwai keseluruhan cerita. Tema dalam novel biasanya dituliskan secara tersirat atau tidak langsung. Tema menjadi dasar pengembangan seluruh cerita. Oleh karena itu, tema bersifat menjiwai seluruh bagian cerita dalam novel.undefined 

0

Roboguru

Permata Hati   Tapak-tapak kaki kecil Berlari menyambut hangat Luluh runtuh smeua letihku Berganti sejuta bahagia   Binar bila matamu Indah bagai sinar pelangi senja ...

Pembahasan Soal:

Puisi di atas menceritakan seorang anak kecil yang sedang bermain dengan riang gembira. Kebahagiaan seorang bayi digambarkan dapat meruntuhkan semua lelah yang dialami oleh orang tuanya. Melihat bayi merupakan sebuah kebahagiaan yang dapat dialami oleh hati.

0

Roboguru

Tema yang terdapat pada puisi Surat dari Ibu adalah ....

Pembahasan Soal:

Tema adalah salah satu unsur batin di dalam puisi. Tema merupakan gagasan utama yang ingin disampaikan oleh penyair.

Tema yang terkandung dalam puisi "Surat dari Ibu" karya Asrul Sani adalah tentang pendidikan karena menceritakan nasihat seorang ibu kepada anaknya agar mengembara untuk mencari pengetahuan dan pengalaman sebanyak mungkin agar hidupnya dapat kokoh.


Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D.undefined

0

Roboguru

Baca dan pahami puisi berikut!  Semangat  Karya : Chairil Anwar  Kalau sampai waktuku  Kutahu tak seorang 'kan merayu  Tidak juga kau  Tak perlu sedu sedan itu!  Aku ini binatang jalang  Dari kumpu...

Pembahasan Soal:

 

 

0

Roboguru

Pahamilah suasana, tema, dan makna puisi tersebut!    Doa  (Karya Amir Hamzah)      Dengan apakah kubandingkan pertemuan kita, kekasihku?     Dengan senja samar sepoi, pada masa purnama meningkat na...

Pembahasan Soal:

Suasana dalam puisi adalah keadaan jiwa pembaca setelah. Suasana dalam puisi tercipta dari nada atau pengungkapan sikap penyair. Suasana dalam puisi meriggambarkan rasa gembira, bahagia, sedih, haru, kecewa, gelisah, berontak, tenang, pasrah, bingung, sepi, khusyuk, atau bimbang.

Tema adalah gagasan pokok yang dikemukakan oleh penyair rnelalui puisinya. Tema yang sering terdapat dalam puisi adalah tema ketuhanan, kemanusiaan, cinta, patriotisme, perjuangan, kegagalan hidup, alam, keadilan, kritik sosial , demokrasi, dan kesetiakawanan.

Makna puisi mengandung pesan yang disampaikan penyair dengan memiliki maksud tertentu.


Berikut suasana, tema, dan makna puisi "Doa" karya Amir Hamzah:
 

  1. Suasana pada puisi "Doa" tersebut, menggambarkan suasana gembira dan bahagia karena akan bertemu kekasihnya yaitu Tuhannya, tenang dan sepi karena terjadi pada malam hari, serta suasananya juga khusyuk karena dilakukan ketika sang penyair sedang melakukan shalat.
  2. Puisi Amir Hamzah ini bertemakan tentang keagamaan segi religius seorang Amir Hamzah yaitu seorang hamba yang dekat akan Tuhannya sampai-sampai ia menganggap Tuhannya itu adalah sebagai kekasihnya, kedekatannya kepada Tuhan sangat tergambar jelas dari bait awal larik pertama "Dengan apakah kubandingkan pertemuan kita, kekasihku?"
  3. Pada puisi ‘Doa’ karya Amir Hamzah mengandung makna waktu pertemuan antara si aku dengan kekasih Tuhan artinya, si aku sebagai mahluk ciptaan-Nya dan Tuhan bagai pencipta-Nya atau pertemuan itu dilakukan waktu shalat saat si aku ini berserah diri pada Tuhan. Sampai-sampai waktu tersebut dianggap sangat berharga, sehingga waktu tersebut tidak mau dilewatkan atau terabaikan. diibaratkan pertemuannya itu seperti pertemuan dengan sang kekasih. pertemuan itu dilaksanakan setelah shalat Magrib menjelang Isya. Selain itu juga, puisi “Doa” ini mengandung makna permohonan si aku kepada Tuhan agar diberi petunjuk dan mencari ridho ilahi, supaya hati si aku merasa bahagia tentram dan damai.undefined

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved