Roboguru

Teleskop yang khusus untuk membuat suatu keadaan gerhana total buatan disebut ....

Pertanyaan

Teleskop yang khusus untuk membuat suatu keadaan gerhana total buatan disebut ....space

  1. coronagraphspace

  2. fotosgraphspace

  3. teleskopspace

  4. coronogrametryspace

  5. cromographspace

Pembahasan Soal:

Coronagraph adalah sebuah teleskop yang dapat melihat benda-benda yang sangat dekat dengan matahari. Teleskop ini menggunakan piringan untuk menutup permukaan matahari yang terlalu terang sehingga dapat terlihat jelas, memperjelas penampakan korona matahari yang redup, serta melihat objek bintang, planet, maupun komet. Dapat dikatakan bahwa sebuah coronagraph mampu menghasilkan suatu keadaan tentang proses terjadinya gerhana matahari buatan.

Berdasarkan uraian tersebut, maka jawaban yang tepat adalah A.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Acfreelance

Terakhir diupdate 30 April 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Apa saja jenis-jenis gerhana matahari dan apa perbedaanya?

Pembahasan Soal:

Berikut ini merupakan jenis-jenis gerhana matahari yang dapat dilihat dari bumi.

  1. Gerhana matahari total, gerhana ini terjadi pada saat puncak gerhana dan membuat seluruh cahaya matahari tertutup oleh bulan.
  2. Gerhana matahari sebagian, gerhana ini membuat sebagian atau setengah cahaya matahari tertutup oleh bulan.
  3. Gerhana matahari cincin,  gerhana ini terjadi ketika bulan berada tepat di tengah-tengah matahari dan bumi, tetapi ukuran tampaknya lebih kecil dibandingkan dengan ukuran matahari. 
  4. Gerhana matahari hibrida, gerhana ini terjadi ketika adanya pergerakan gerhanan matahari total ke gerhana matahari cincin.  

0

Roboguru

Dalam periode yang sama, garis lintang antara Matahari dengan planet membentuk bidang-bidang yang sama. Hal tersebut merupakan bunyi  teori ....

Pembahasan Soal:

Hukum Kepler dikemukaka oleh  Johanes Kepler ( 1571-1630) merupakan salah satu pendukung sekaligus pengembang Sistem Heliosentris. Menurut pendapatnya, yang dikemukakan dalam Hukum Kepler I, II, dan III. 

Hukum Kepler I berbunyi Planet-planet beredar mengelilingi Matahari menurut lintasannya yang berbentuk elips, dengan matahari terletak di salah satu titik api (fokus )elips tersebut

Hukum Kepler II berbunyi Dalam periode yang sama, garis hubung antara Matahari dengan planet membentuk bidang-bidang atau petakpetak yang sama luasnya.

Hukum Kepler III berbunyi Pangkat dua waktu peredaran sebuah planet mengelilingi Matahari berbanding lurus dengan pangkat tiga jarak rataratanya ke Matahari.

Jadi, jawaban yang benar adalah B

 

0

Roboguru

Waktu yang diperlukan oleh satelit bumi untuk menyelesaikan satu kali rotasi adalah ….

Pembahasan Soal:

Bulan memiliki 3 jenis gerakan, yang pertama adalah berputar pada porosnya atau berotasi, lalu berputar mengitari bumi, dan bersama bumi ikut berputar mengitari matahari. Rotasi Bulan adalah gerak perputaran Bulan pada porosnya. Waktu yang diperlukan Bulan untuk sekali berotasi adalah 29,5 hari atau disebut juga satu bulan. Bulan berotasi dari Barat ke Timur dan memiliki kemiringan sumbu rotasi hanya 1,3 derajat saja, sehingga mengakibatkan Bulan tidak memiliki perbedaan musim seperti di Bumi.undefined 

Jadi, jawaban yang tepat adalah pilihan E.

0

Roboguru

Simaklah gambar berikut ini! Fenomena apa yang dapat kamu jelaskan berdasarkan gambar tersebut?

Pembahasan Soal:

Bumi berputar pada porosnya dengan kemiringan sumbu 23,5° yang disebut rotasi. Bumi berotasi dari barat ke timur. Dalam satu putaran memerlukan waktu 23 jam 56 menit 4,09 detik (sehari semalam). Rotasi bumi berpengaruh bagi kehidupan di bumi, antara lain sebagai berikut.

  1. Gerak Semu Harian Matahari
    Setiap hari kita menyaksikan matahari terbit dari timur dan terbenam di barat. Hal itu seolah-olah matahari bergerak terhadap bumi, padahal sesungguhnya bumi berputar sehingga·sinar matahari selalu bergeser dari timur ke barat.
  2. Pembelokan arah angin
    Pembelokan Arah Angin Rotasi bumi mengakibatkan aliran udara dari kutub menuju khatulistiwa mengalami pembelokan arah. Hal ini sesuai dengan hukum Buys Ballot yang menyatakan bahwa udara mengalir dari daerah bertekanan maksimum ke daerah bertekanan minimum.
  3. Adanya Siang dan Malam
    Saat bumi berputar pada porosnya, daerah yang terkena sinar matahari menjadi terang disebut siang dan daerah yang tidak terkena sinar matahari menjadi gelap disebut malam. Hal ini terjadi secara bergantian dengan panjang waktu siang dan malam rata-rata adalah 12 jam. 

0

Roboguru

Pernyataan: (1) penentuan awal bulan Ramadhan; (2) mengamati gerakan air laut; (3) mendeteksi perubahan permukaan laut (4) mengamati rasi bintang di malam hari; (5) menikmati keindahan bunga saku...

Pembahasan Soal:

Revolusi bumi adalah peredaran bumi mengelilingi matahari. Bumi mengelilingi matahari pada orbitnya dalam sekali tempuh selama 365¼ hari. Waktu 365¼ hari atau satu tahun surya disebut sebagai kala revolusi bumi. Akibat dari revolusi bumi adalah :

  1. perbedaan lama siang dan malam
  2. perubahan rasi bintang
  3. gerak semu tahunan matahari
  4. adanya perubahan musim
  5. ditetapkannya kalender masehi

Berdasarkan penjelasan tersebut, maka jawaban yang tepat adalah C.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved