Roboguru

Telaahlah aspek kebahasaan dalam teks 2 surat pribadi tersebut.

Pertanyaan

Telaahlah aspek kebahasaan dalam teks 2 surat pribadi tersebut.


space 

Pembahasan Soal:

Salah satu kaidah kebahasaaan pada surat pribadi adalah kata ganti orang atau pronomina. Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pronomina merupakan kata yang dipakai untuk mengganti orang atau benda; kata ganti seperti aku, engkau, dia, kami, kita, mereka.

Pada surat di atas, kata ganti orang yang digunakan adalah kami dan aku. Hal ini dapat dilihat pada kalimat "Kami di Jakarta juga dalam keadaan sehat.", dan  "Aku mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Filri 1441 H." Aku yang dimaksud pada kalimat tersebut adalah sang pengirim surat yaitu cucu dari nenek (penerima surat) yang bernama Irfan. Sementara itu, kata kami merujuk pada Irfan dan keluarga.

Jadi, kata ganti orang pada surat di atas adalah kami yang ditunjukan pada kalimat "Kami di Jakarta juga dalam keadaan sehat." dan aku yang ditunjukan pada kalimat "Aku mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Filri 1441 H.". Aku yang dimaksud pada kalimat tersebut adalah sang pengirim surat yaitu cucu dari nenek (penerima surat) yang bernama Irfan. Sementara itu, kata kami merujuk pada Irfan dan keluarga.space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

B. Sekar

Mahasiswa/Alumni Universitas Padjadjaran

Terakhir diupdate 01 Mei 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Kami semua menghadiri rapat OSIS di ruang pertemuan.    Perbaikan kalimat tersebut yang tepat adalah ….

Pembahasan Soal:

Kalimat efektif adalah kalimat yang jelas dan bernalar. Kalimat ini memiliki beberapa ciri, di antaranya memiliki ciri-ciri struktur lengkap (subjek, predikat, dan objek); hemat kata; dan menggunakan kata baku (yang sesuai PUEBI dan KBBI). Kalimat yang tepat untuk memperbaiki kalimat pada teks adalah Kami menghadiri rapat OSIS di ruang pertemuan. Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah D. 

Roboguru

Pada Hari Minggu kuturut ayah ke kota. Perbaikan kalimat tersebut agar menjadi kalimat efektif ...

Pembahasan Soal:

Menurut Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI) huruf kapital dipakai sebagai huruf pertama nama tahun, bulan, hari, dan hari raya. Kata yang mengikutinya tidak menggunakan huruf kapital sehingga penulisan hari yang benar ialah hari Minggu.

Adapun penulisan kata depan ke tidak digabung, sehingga penulisannya menjadi ke kota.

Jadi, jawaban yang tepat ialah pilihan D.space 

Roboguru

Pada hari Rabu, 25 November 2009, kamu kutunjuk menjadi pembaca puisi dalam peringatan Hari Guru. Kamu dapat melaksanakan dengan baik dan mendapat pujian dari teman-temanmu serta guru-gurumu. Catatan...

Pembahasan Soal:

Catatan harian yang tepat adalah menggunakan kata ganti “aku” karena catatan tersebut bertujuan untuk menceritakan diri sendiri. Jawaban B, C, dan D dinilai kurang tepat karena justru membicarakan orang lain, yakni dia, Amir, dan Ita. Jawaban yang paling tepat adalah A.

Roboguru

Bacalah ilustrasi berikut dengan saksama! Pada hari Rabu, 25 November 2009, kamu kutunjuk menjadi pembaca puisi dalam peringatan Hari Guru. Kamu dapat melaksanakan dengan baik dan mendapat pujian dar...

Pembahasan Soal:

Catatan harian yang tepat adalah menggunakan kata ganti “aku” karena catatan tersebut bertujuan untuk menceritakan diri sendiri. Jawaban yang paling tepat adalah
Rabu, 25 November 2009. Hari ini aku senang sekali. Pagi ini aku ditunjuk menjadi pembaca puisi dalam peringatan Hari Guru. Aku dapat melaksanakannya dengan baik. Teman-teman dan guru-guru memuji kemampuanku.

Pilihan jawaban yang lain dinilai kurang tepat karena justru membicarakan orang lain, yakni dia, Amir, dan Ita. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.

Roboguru

Cermatilah ilustrasi berikut! Untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan, Anto mendapat tugas menggalang dana pembuatan bak sampah. Ia menulis surat kepada Siska untu...

Pembahasan Soal:

Surat pribadi dibuat tidak seperti surat resmi. Bahasa yang digunakan tidak harus menggunakan bahasa Indonesia yang sesuai aturan baku. Akan tetapi, untuk isi dari surat, segala esensi harus tampak dalam sebuah surat, yakni penggunaan kata ganti orang pertama dan kedua, menggunakan sapaan yang baik dan santun, serta tidak berlama-lama dalam surat. Surat yang paling tepat karena berisi hal yang paling dekat dengan informasi yang hendak disampaikan adalah C.

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved