Iklan

Iklan

Pertanyaan

Baca dan amatilah kedua teks berikut ini dengan saksama, lalu jawablah pertanyaan dengan benar!

Nambahdadi

Tepat pukul 06 .00 aku terbangun, diiringi dengan suara-suara ayam yang berkokok seolah menyanyi sambil membangunkan orang-orang yang masih tidur. Serta dapat kulihat burung-burung yang berterbangan meninggalkan sarangnya untuk mencari makan. Dari timur sang surya menyapaku dengan malu-malu untuk menampakkan cahayanya . Aku berjalan ke halaman depan rumah tepat di hadapanku ada sebuah jalan besar untuk berlalu lintas dari kejauhan tampak sawah-sawah milik petani yang ditanami padi masih berwarna hijau terlihat sangat sejuk, indah, dan damai.

Dari kejauhan pula terlihat seorang petani yang sedang membajak sawahnya yang belum ditanami tumbuhan, dan ada juga petani yang sedang mencari rumput untuk makan binatang peliharaannya seperti kambing, sapi, dan kerbau. Di desaku rata-rata penduduknya sebagai petani . Pagi ini terlihat sangat sibuk, di jalan terlihat ibu-ibu yang sedang berjalan menuju pasar untuk berjualan sayur. Tetanggaku seorang peternak bebek yang juga tidak kalah sibuknya dengan orang. Pagi-pagi sekali dia berjalan menggiring bebeknya ke rawa dekat sawah untuk mencari makan, bebek yang pintar berbaris rapi dengan penggembalanya. Sungguh pemandangan yang sangat menarik dilihat ketika kita bangun tidur.

Di halaman rumah kakekku yang menghadap ke timur, terdapat pohon-pohon yang rindang. Ada pohon mangga yang berbuah sangat lebat. Di samping kiri pohon mangga terdapat pula pohon jambu air yang belum berbuah karena belum musimnya. Di sebelah kanan rumah ada pohon rambutan yang buahnya sangat manis rasanya .

Tempat yang indah, asri dan damai ini adalah tempat tinggal kakekku dan tempat kelahiranku. Desa yang bernama Nambahdadi ini adalah tempat yang paling sering aku kunjungi saat liburan. Selain bisa bertemu kakek dan nenek, aku juga bisa melihat pemandangan yang indah nan damai.

(Disarikan dari http://id. wikipedia. org/wiki/Karangan)

Parangtritis

Parangtritis adalah nama desa di Kecamatan Kretek, Bantul, Daerah lstimewa Yogyakarta. Di desa ini terdapat pantai yang terletak kurang lebih 25 km sebelah selatan kota Yogyakarta. Parangtritis merupakan objek wisata yang cukup terkenal di Yogyakarta selain objek pantai lainnya seperti Samas, Baron, Kukup, Krakal dan Glagah. Parangtritis mempunyai keunikan pemandangan yang tidak terdapat pada objek wisata lainnya, yaitu selain ombak yang besar juga adanya gunung-gunung pasir yang tinggi di sekitar pantai, gunung pasir tersebut biasa disebut gumuk.

Objek wisata ini sudah dikelola oleh pihak pemda Bantul dengan cukup baik, mulai dari fasilitas penginapan maupun pasar yang menjajakan souvenir khas Parangtritis. Selain itu ada pemandian yang disebut Parang Weda g. Konon air di pemandian dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit di antaranya penyakit kulit, air dari pemandian tersebut mengandung belerang yang berasal dari pengunungan di lokasi tersebut.

Air panas dari Parang Wedang dialirkan ke pantai Parangtritis untuk bilas setelah bermain pasir dan juga mengairi kolam kecil bermain anak-anak. Di Parangtritis ada juga ATV, kereta kuda dan kuda yang dapat disewa untuk menyusuri pantai dari timur ke barat. Selain itu juga Parangtritis sering dipakai sebagai tempat untuk olahraga udara atau aeromodeling.

(Disarikan dari http:/ /rizal-febri.blogspot.com)space 

Teks manakah yang termasuk dalam kategori deskripsi sugestif? Berikan alasanmu!

Teks manakah yang termasuk dalam kategori deskripsi sugestif? Berikan alasanmu!space 

Iklan

A. Acfreelance

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Teks deskripsi adalah teks untuk menggambarkan seperti apa suatu objek (seseorang, benda, tempat, atau hal) yang kita gambarkan, baik secara kenampakan, bau, suara, sifat, atau tekstur dari objek tersebut. Berdasarkan tujuannya, terdapatduajenis teks deskripsi, yaitu: Teks Deskripsi Eksplanatori , teks yang bertujuan memberikan informasi tentang suatu objekagar pembaca dapat mengenalinya bila bertemu atau berhadapan dengan objek yang dideskripsikan. Teks Deskripsi Sugestif , teks yang berusaha untuk menciptakan suatu penghayatan terhadap obyek melalui imajinasi para pembaca. Teks berjudul Nambahdadi termasuk teks deskripsi sugestif karena berisi penggambaran tentang kampung halaman penulis yang ditulis dengan bahasa yang subjektif sehinggamembuatpembaca menciptakan imajinasinya sendiri tentang keindahan desaNambahdadi. Sementara itu, teks berjudul Parangtritis termasuk teks deskripsi eksplanatori karena berisi informasi mengenai sesuatu hal yang umumnya sudah sering ditemui oleh pembaca, yaitu informasi tentang objek wisata Parangtritis. Berdasarkan penjelasan tersebut, diketahui bahwa teks berjudul Nambahdadi termasuk jenis teks deskripsi sugestif.

Teks deskripsi adalah teks untuk menggambarkan seperti apa suatu objek (seseorang, benda, tempat, atau hal) yang kita gambarkan, baik secara kenampakan, bau, suara, sifat, atau tekstur dari objek tersebut. Berdasarkan tujuannya, terdapat dua jenis teks deskripsi, yaitu:

  1. Teks Deskripsi Eksplanatori, teks yang bertujuan memberikan informasi tentang suatu objek agar pembaca dapat mengenalinya bila bertemu atau berhadapan dengan objek yang dideskripsikan.
  2. Teks Deskripsi Sugestif, teks yang berusaha untuk menciptakan suatu penghayatan terhadap obyek melalui imajinasi para pembaca.

Teks berjudul Nambahdadi termasuk teks deskripsi sugestif karena berisi penggambaran tentang kampung halaman penulis yang ditulis dengan bahasa yang subjektif sehingga membuat pembaca menciptakan imajinasinya sendiri tentang keindahan desa Nambahdadi.

Sementara itu, teks berjudul Parangtritis termasuk teks deskripsi eksplanatori karena berisi informasi mengenai sesuatu hal yang umumnya sudah sering ditemui oleh pembaca, yaitu informasi tentang objek wisata Parangtritis. 

Berdasarkan penjelasan tersebut, diketahui bahwa teks berjudul Nambahdadi termasuk jenis teks deskripsi sugestif.space 

Latihan Bab

Mengenal Teks Deskripsi

Kebahasaan Teks Deskripsi

Menganalisis Teks Deskripsi

Membuat Teks Deskripsi

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

194

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Paragraf tersebut termasuk deskripsi ....

80

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia