Iklan

Iklan

Pertanyaan

Teks laporan hasil observasi berikut untuk soal nomor 6-9 F.Hasil Pengamatan
 

1) Geiser adalah pancaran air panas dan uap air panas yang ditembakkan ke udara dari diatrema di tanah. Geiser ditemukan pada sumber mata air panas. 2) Geiser terjadi karena sebagian air tanah yang di panaskan terperangkap dalam jaringan celah-celah kecil dan lubang yang lebih besar dibawah permukaan. 3) air yang terperangkap di dipanaskan oleh batuan di sekitarnya hingga mendidih dan membentuk sejumlah besar uap air 4) tekanan uap mendesak air melalui lubang sempit dan keluar dari diatrema membentuk geiser.

(Disadur dari: Fiona Watt, Gempa Bumi dan Gunung Berapi, Bandung, Pakar Raya, 2004)space

Teks laporan hasil observasi tersebut membahas...

Teks laporan hasil observasi tersebut membahas...space

  1. Letusan yang disebabkan oleh geiserspace

  2. Pengertian diatrema dan proses geiserspace

  3. Pengertian dan proses terjadinya geiserspace

  4. Akibat terjadinya pemanasan air panasspace

Iklan

L. Mushoffa

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Yogyakarta

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah pilihan C.

jawaban yang tepat adalah pilihan C.space

Iklan

Pembahasan

Teks laporan hasil observasi adalah teks yang memaparkan hasil pengamatan/observasi tentang suatu objek atau situasi yang disusun setelah dilakukannya penelitian secara sistematis. Simpulan merupakan inti dari suatu kalimat/paragraf/teks tertentu. Apabila ingin mengetahui simpulan suatu paragraf, maka diperlukan analisis isi paragraf tersebut. Salah satu caranya dengan menentukan gagasan pokok, mencatat sejumlah informasi penting, kemudian menyusunnya menjadi paragraf baru untuk ditarik satu kesimpulan yang mewakili keseluruhan paragraf tersebut. Teks laporan hasil observasi tersebut membahas pengertian dan proses terjadinya geiser. Berdasarkan kutipan: Geiser adalah pancaran air panas dan uap air yang ditembakkan ke udara dari diatrema di tanah. Kalimat tersebut merupakan kalimat utama mengandung gagasan pokok pengertian geiser. Kemudian, kalimat selanjutnya merupakan kalimat penjelas yang mengungkapkan proses terjadinya geiser. Oleh karena itu, untuk mengetahui pembahasan suatu teks laporan hasil observasi perlu dilakukan penarikan kesimpulan. Dengan demikian jawaban yang tepat adalah pilihan C.

Teks laporan hasil observasi adalah teks yang memaparkan hasil pengamatan/observasi tentang suatu objek atau situasi yang disusun setelah dilakukannya penelitian secara sistematis.
Simpulan merupakan inti dari suatu kalimat/paragraf/teks tertentu. Apabila ingin mengetahui simpulan suatu paragraf, maka diperlukan analisis isi paragraf tersebut.
Salah satu caranya dengan menentukan gagasan pokok, mencatat sejumlah informasi penting, kemudian menyusunnya menjadi paragraf baru untuk ditarik satu kesimpulan yang mewakili keseluruhan paragraf tersebut.

Teks laporan hasil observasi tersebut membahas pengertian dan proses terjadinya geiser.
Berdasarkan kutipan: Geiser adalah pancaran air panas dan uap air yang ditembakkan ke udara dari diatrema di tanah. Kalimat tersebut merupakan kalimat utama mengandung gagasan pokok pengertian geiser. Kemudian, kalimat selanjutnya merupakan kalimat penjelas yang mengungkapkan proses terjadinya geiser. Oleh karena itu, untuk mengetahui pembahasan suatu teks laporan hasil observasi perlu dilakukan penarikan kesimpulan.


Dengan demikian jawaban yang tepat adalah pilihan C.space

761

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Apa peran paus bagi ekosistem laut?

383

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia