Iklan

Iklan

Pertanyaan

Teks cerita fantasi mengandung nilai-nilai moral yang dapat dijadikan pengangan hidup bagi manusia. Unsur cerita tersebut terdapat pada...

Teks cerita fantasi mengandung nilai-nilai moral yang dapat dijadikan pengangan hidup bagi manusia. Unsur cerita tersebut terdapat pada...space 

  1. temaspace 

  2. amanatspace 

  3. tokohspace 

  4. isispace 

Iklan

E. Iga

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Sanata Dharma

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah B.

jawaban yang tepat adalah B.space 

Iklan

Pembahasan

Cerita fantasi adalah jenis teks yang mengisahkan suatu peristiwa bersifat imajinasi dan tidak masuk akal dengan alur waktu rangkaian kejadian yang runtun. Pada cerita fantasi terdapat beberapa unsur intrinsik yang mendukung cerita, yaitu: Tema: pokok pikiran yang menjadi dasar cerita. Latar: waktu, tempat, dan suasana yang ada pada cerita. Tokoh dan penokohan: tokoh adalah pelaku yang mengalami peristiwa pada cerita, sedangkan penokohan adalah sifat yang dimiliki oleh tokoh. Alur: susunan peristiwa yang terjadi pada sebuah cerita. Sudut pandang: cara menceritakan peristiwa atau kejadian pada cerita, baik melalui cara pandang tokoh maupun pengarang. Amanat: nilai atau pesan moral yang disampaikan pengarang melalui cerita. Gaya bahasa: ciri khusus yang digunakan pengarang untuk menghidupkan suasana pada karya sastra, biasanya berupa kata kiasan atau majas. Maka,unsur pada cerita fantasi yang berisi nilai-nilai moral yang dapat dijadikan pengangan hidup bagi manusiaterdapat pada amanat. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B.

Cerita fantasi adalah jenis teks yang mengisahkan suatu peristiwa bersifat imajinasi dan tidak masuk akal dengan alur waktu rangkaian kejadian yang runtun. Pada cerita fantasi terdapat beberapa unsur intrinsik yang mendukung cerita, yaitu:

  1. Tema: pokok pikiran yang menjadi dasar cerita.
  2. Latar: waktu, tempat, dan suasana yang ada pada cerita.
  3. Tokoh dan penokohan: tokoh adalah pelaku yang mengalami peristiwa pada cerita, sedangkan penokohan adalah sifat yang dimiliki oleh tokoh.
  4. Alur: susunan peristiwa yang terjadi pada sebuah cerita.
  5. Sudut pandang: cara menceritakan peristiwa atau kejadian pada cerita, baik melalui cara pandang tokoh maupun pengarang.
  6. Amanat: nilai atau pesan moral yang disampaikan pengarang melalui cerita.
  7. Gaya bahasa: ciri khusus yang digunakan pengarang untuk menghidupkan suasana pada karya sastra, biasanya berupa kata kiasan atau majas.

Maka, unsur pada cerita fantasi yang berisi nilai-nilai moral yang dapat dijadikan pengangan hidup bagi manusia terdapat pada amanat.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B.space 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

6

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Cerita fantasi mengandung nilai-nilaimoral yang dapat dijadikan peganganhidup bagi manusia. Unsur ini terdapatpada....

2

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia