Roboguru

Teks Berita I Teks Berita II Gempa mengguncang Kabupaten Morowali dengan kekuatan 5,7 skala ricter, senin (16/4). Gempa yang menyebabkan puluhan rumah rusak berpusat di Sesar Matano, di Danau Matano, Kabupaten Luwu Timur. Gempa terjadi pada pukul 10.17 WITA dengan kedalaman 40 km. Gempa berkekuatan 6 skala ricter yang terjadi Minggu (15/4) pukul 02.26 WIB dan berpusat di sekitar 95 km barat daya Kabupaten Pandeglang, Banten membuktikan bahwa segmen selat sunda masih aktif. Gempa berpusat pada kedalaman sekitar 40 km dilaporkan tidak ada korban jiwa ataupun kerusakan berarti akibat gempa.  Persamaan isi dua kutipan berita tersebut adalah ….

Pertanyaan

Teks Berita I

Teks Berita II

Gempa mengguncang Kabupaten Morowali dengan kekuatan 5,7 skala ricter, senin (16/4). Gempa yang menyebabkan puluhan rumah rusak berpusat di Sesar Matano, di Danau Matano, Kabupaten Luwu Timur. Gempa terjadi pada pukul 10.17 WITA dengan kedalaman 40 km.

Gempa berkekuatan 6 skala ricter yang terjadi Minggu (15/4) pukul 02.26 WIB dan berpusat di sekitar 95 km barat daya Kabupaten Pandeglang, Banten membuktikan bahwa segmen selat sunda masih aktif. Gempa berpusat pada kedalaman sekitar 40 km dilaporkan tidak ada korban jiwa ataupun kerusakan berarti akibat gempa. 

Persamaan isi dua kutipan berita tersebut adalah ….  

  1. Akibat gempa

  2. Kedalaman gempa

  3. Kekuatan gempa

  4. Penyebab gempa

Pembahasan Soal:

Teks berita adalah teks yang berisi peristiwa terkini atau aktual.

Teks berita memiliki unsur sebagai berikut.

  • what atau apa
  • where atau di mana
  • when atau kapan
  • who atau siapa
  • why atau mengapa
  • how atau bagaimana

Keenam unsur tadi dapat dibuat bentuk singkat menjadi adiksimba. 
 

Pada kutipan berita tersebut terdapat kalimat:

  • Gempa terjadi pada pukul 10.17 WITA dengan kedalaman 40 km. (teks berita I)
  • Gempa berpusat pada kedalaman sekitar 40 km dilaporkan tidak ada korban jiwa ataupun kerusakan berarti akibat gempa. (teks berita II).

Persamaan isi dalam kedua kutipan tersebut memiliki kesamaan pada kedalaman gempa. Gempa sama-sama memiliki kedalaman 40 km.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan B.  

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Rizky

Terakhir diupdate 13 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Teks Berita I Teks Berita II Fenomena alam menarik perhatian warga masyarakat di berbagai kota. Hal ini terbukti dengan banyaknya masyarakat di kota Bandung, Bogor, dan seb...

Pembahasan Soal:

Persamaan isi kedua teks di atas adalah matahari dilingkari cincin pelangi yang disebut “Halo”. Hal tersebut terdapat pada teks berita I pada kalimat Cincin pelangi dalam astronomi disebut Halo dan pada teks berita II yaitu pada kalimat Sepintas cincin itu menyerupai pelangi dengan aneka warna. Dengan demikian, jawaban yang paling tepat adalah A.

0

Roboguru

Teks Berita I Teks Berita II Subak akhirnya ditetapkan sebagai warisan budaya dunia UNESCO pada pertemuan ke-36 di St. Petersburg, Rusia, Jumat (19/6). UNESCO sendiri menil...

Pembahasan Soal:

Teks berita I membicarakan mengenai Subak yang ditetapkan sebagai warisan budaya dunia, sedangkan teks II membicarakan tentang alat musik angklung yang dikukuhkan sebagai warisan budaya dunia. Kedua teks tersebut menjelaskan mengenai warisan budaya dunia yang berasal dari Indonesia. Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah B. 

0

Roboguru

Gagasan utama paragraf tersebut adalah ...

Pembahasan Soal:

Gagasan utama adalah gagasan pokok pada suatu paragraf yang berisi kalimat utama. Gagasan utama biasanya permasalahan atau topik yang dapat dikembangkan secara rinci dalam kalimat penjelas. Kalimat utama terletak di kalimat pertama, terakhir, atau pertama dan akhir.
Paragraf tersebut diawali gagasan bahwa angka kematian ibu (AKI) meningkat di Jawa Timur. Kemudian, kalimat-kalimat selanjutnya berupa penjelasan tentang data persentase AKI pada tahun 2008 (83,2 per 100.000) yang meningkat pada tahun 2011 (204,3 per 100.000) dan penyebab peningkatan terjadinya AKI.

Dengan demikian, gagasan utama paragraf tersebut adalah Di Jawa Timur angka kematian ibu (AKI) meningkat.space

0

Roboguru

Persamaan isi kedua kutipan berita tersebut adalah ...

Pembahasan Soal:

Persamaan dari kedua berita di atas adalah pernyataan mengenai tingkat pencemaran udara. Pada teks berita I disebutkan tingkat pencemaran udara di Kota Bekasi sudah masuk dalam tahap mengkhawatirkan. Pada teks berita II juga disebutkan bahwa tingkat pencemaran udara di Desa Krebet Sengrong, Bulu Lawang, Malang, sudah sampai pada tingkat yang mengkhawatirkan.

0

Roboguru

Jumlah kunjungan wisatawan ke Taman Nasional Tanjung Puting ditargetkan 15 ribu orang per tahun mulai 2015. Target ini diharapkan terpenuhi melalui kerja sama menyeluruh pengampu kepentingan. Tujuan i...

Pembahasan Soal:

Gagasan utama/gagasan pokok/ide pokok merupakan pernyataan yang menjadi inti pembahasan. Gagasan utama terdapat pada kalimat utama di setiap paragraf. Kalimat utama terletak di awal atau akhir paragraf. Kalimat utama tersebut bersifat umum dengan ditandai kata ganti dan kata rujukan (itu, ini, tersebut, beliau, ia, mereka) serta pengulangan kata pada kalimat sebelumnya. Terdapat kalimat Jumlah kunjungan wisatawan ke Taman Nasional Tanjung Puting ditargetkan 15 ribu orang per tahun 2015 (jumlah kunjungan wisatawan). Target ini .... (kalimat kedua) yang membuktikan bahwa kalimat tersebut merupakan kalimat utama. Dengan demikian, jawaban yang paling tepat adalah A.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved