Roboguru

Teks berikut yang termasuk ke dalam jenis teks eksposisi berita adalah....

Pertanyaan

Teks berikut yang termasuk ke dalam jenis teks eksposisi berita adalah.... space

  1. Kebijakan pemerintah seringkali menyusahkan rakyat kecil. Misalnya kenaikan harga BBM sangat meresahkan rakyat menengah ke bawah. Naiknya harga BBM akan membuat harga jasa dan barang menjadi naik. Keadaan seperti ini akan menuntut rakyat mesti memutar otak agar bisa memenuhi kebutuhannya. space

  2. Para penjual makanan mengeluhkan atas kenaikan harga BBM. Pasalnya, naiknya harga BBM membuat bahan-bahan baku naik. Alhasil, para penjual harus menyiasati hal ini dengan memperkecil porsi atau menaikkan harga makanan yang mereka jual. space

  3. Hukum yang ada di Indonesia ibarat sebuah pisau, di mana tajam ke bawah namun tumpul ke atas pencuri sandal diancam hukuman penjaran 5 tahun. Sebaliknya, koruptor yang telah merugikan uang negara hanya dihukum 1 tahun penjara. space

  4. Mengacu dari sifatnya, sampah bisa dikelompokkan menjadi dua jenis. Sampah anorganik adalah sampah yang tidak mudah untuk membusuk seperti kertas, platik pembungkus makanan dan botol. Kemudian sampah organik adalah sampah yang sangat mudah membusuk seperti sayuran, sisa makanan, daun, dan lain-lain. space

  5. Temulawak adalah tumbuhan herbal yang berasal dari Indonesia. Tumbuhan ini mampu hidup di dataran yang rendah secara baik. Tumbuhan ini memiliki kandungan minyak asiri, kurkumin dan zat tepung. Tumbuhan ini mempunyai berbagai manfaat dalam hal mencegah anemia, meningkatkan kerja ginjal, mencegah kanker dan lain-lain. space

Pembahasan Soal:

Teks eksposisi berita adalah teks yang berisi untuk memberitakan suatu kejadian atau peristiwa-peristiwa tertentu. Teks yang perlu dicermati sebagai eksposisi berita adalah Para penjual makanan mengeluhkan atas kenaikan harga BBM. Pasalnya, naiknya harga BBM membuat bahan-bahan baku naik. Alhasil, para penjual harus menyiasati hal ini dengan memperkecil porsi atau menaikkan harga makanan yang mereka jual.
Teks tersebut berisi menyajikan informasi/memberitakan tentang keluhan penjual atas kenaikan harga BBM. Kenaikan harga BBM tersebut mengakibatkan bahan-bahan baku naik. Maka penjual menyiasiati dengan mengecilkan porsi atau menaikkan harga makanan yang dijual.
Dengan demikian, teks berikut yang termasuk ke dalam jenis teks eksposisi berita adalah Para penjual makanan mengeluhkan atas kenaikan harga BBM. Pasalnya, naiknya harga BBM membuat bahan-bahan baku naik. Alhasil, para penjual harus menyiasati hal ini dengan memperkecil porsi atau menaikkan harga makanan yang mereka jual.

Oleh karena itu, jawaban yang benar adalah B.space

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

S. Nurjannah

Mahasiswa/Alumni Universitas Jember

Terakhir diupdate 05 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Ternyata jeruk nipis bermanfaat dalam mengobati batuk. Buah ini memiliki kandungan berupa minyak asiri dan zat yang dapat bermanfaat mengendalikan otot-otot pernapasan sehingga mampu meredakan batuk. ...

Pembahasan Soal:

Jenis teks eksposisi menurut Gorys Keraf, antara lain eksposisi definisi, identifikasi, perbandingan atau pertentangan, ilustrasi, klasifikasi, dan analisis.

  1. Eksposisi Definisi
    Definisi dapat ditinjau dari berbagai macam sudut. Definisi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah kata, frasa, aiau kalimat yang mehgungkapkan makna keterangan atau ciri utama dari orang, benda, proses, atau aktivitas. Definisi juga dapat diartikan rumusan tentang  ruang lirigkup dan ciri-ciri suatu konsep yang menjadi pokok pembicaraan atau studi.  Definisi berisi penjelasan tentang makna suatu kata atau frasa. Definisi memberikan batasan makna dari penggunaan sebuah kata/frasa.
  2. Eksposisi ldentifikasi
    Eksposisi identifikasi adalah sebuah metode yang berusaha menyebutkan ciri-ciri atau unsur-unsur pengenal suatu objek.
  3. Eksposisi Perbandingan atau Pertentangan
    Metode perbandingan adalah suatu cara untuk menunjukkan kesamaan dan perbedaan antara dua objek atau lebih mempergunakan dasar-dasar tertentu.
  4. Eksposisi Ilustrasi
    Eksposisi ilustrasi adalah suatu metode untuk mengadakan gambaran atau penjelasan yang khusus dan konkret terhadap suatu prinsip yang bersifat umum.
  5. Eksposisi Klasifikasi
    Metode klasiflkasi adalah sebuah metode yang bersifat alamiah untuk menampilkan pengelompokan sesuai dengan pengalaman manusia. Barang, hal, atau gagasan yang dikenal melalui pengalaman dapat disusun secara sistematis.
  6. Eksposisi Analisis
    Pada dasarnya, analisis adalah suatu cara membagi-bagi suatu subjek ke dalam komponen­ komponennya. Kata analisis berasal dari bahasa Yunani yaitu analyein yang berarti menanggalkan, menguraikan. Eksposisi analisis sendiri dapat dilakukan pada objek seperti watak seseorang, gagasan seseorang, sebuah,organisasi, sebuah proses, dan permasalahan yang sedang dihadapi. Cara menganalisis teks eksposisi sebagai berikut.
  • Eksposisi Analisis Kausal
    Eksposisi analisis kausal adalah paparan yang mempersoalkan hubungan kausal atau sebab-akibat.

  • Analisis proses
    Eksposisi analisis proses adalah sebuah metode analisis yang berusaha menjawab pertanyaan "Bagaimana sesuatu bekerja?" dan "Bagaimana sesuatu terjadi?". Sebuah analisis teks eksposisi proses dianggap baik apabila penulis dapat mempertanggungjawabkan semua langkah dalam tahap-tahap perkembangan sebuah objek menerapkan sebuah prinsip, dan mengartikan sebuah peristiwa tersebut.

Teks di atas menguraikan proses/tahap.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan E.undefined 

1

Roboguru

(1) Setelah Indonesia membatalkan pembelian pesawat tempur F-16 dari AS, pesawat Mirage 200 dari Prancis, dan Mig-19//Fulcrum pemerintah memutuskan untuk membeli Sukhoi-30 dari Rusia. (2) Menurut Habi...

Pembahasan Soal:

Kalimat fakta adalah kalimat yang menyatakan tentang peristiwa atau kejadian nyata. Dalam teks eksposisis, penyampaian argumen, pembicara atau penulis dapat menggunakan fakta dan alasan-alasan yang logis. Fakta-fakta disajikan dalam kalimat fakta, sedangkan alasan yang logis disajikan dalam kalimat opini. Kalimat yang berupa fakta dalam paragraf tersebut ditandai oleh nomor (1).

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.undefined 

0

Roboguru

Tulislah perbedaan pola penyajian kedua teks tersebut.

Pembahasan Soal:

Pola penyajian teks adalah cara penulis menyampaikan gagasan atau informasi dalam sebuah tulisan.

Perbedaan pola penyajian kedua teks tersebut adalah teks 1 menggunakan pola argumentatif karena berisi paparan argumen tentang strategi yang lebih mumpuni untuk menanggulangi Covid-19, sedangkan teks 2 berpola resensi karena berisi paparan resensi sebuah novel.

Dengan demikian, perbedaan pola penyajian teks di atas adalah teks 1 berpola argumentatif, sedangkan teks 2 berpola resensi.space 

0

Roboguru

Teks berikut yang termasuk ke dalam jenis teks eksposisi berita adalah....

Pembahasan Soal:

Teks eksposisi berita merupakan jenis teks eksposisi yang menyajikan atau memaparkan informasi dari suatu kejadian atau mengenai hasil dari sebuah penelitian. Eksposisi berita menyajikan informasi atau topik disertai dengan berbagai macam data berupa fakta, contoh, tabel, grafik atau bentuk data lainnya. Data-data tersebut bertujuan untuk memberikan alasan yang kuat terhadap informasi yang disampaikan dalam eksposisi berita.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan B.undefined 

1

Roboguru

Persamaan isi kedua teks tersebut adalah keduanya ....

Pembahasan Soal:

Pada teks pertama dijelaskan mengenai hasil penelitian terkait tingkat keamanan antara naik pesawat dan berbelanja di supermarket, sedangkan pada teks kedua dijelaskan mengenai izin buka objek wisata dengan syarat mematuhi protokol kesehatan Covid-19. Kedua teks ini sama-sama membahas tingkat keamanan bagi konsumen.

Dengan demikian, jawaban yang benar adalah pilihan E.space  

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved