Teks 3 Terima Kasih Bu Mia   Sumber: Koleksi pribadi, diunduh dari https://www. facebook.com/faradina.izdhihary.dua     Kamis pagi usai pelajaran olah raga, Bu Mia, guru Kimia masuk kelas X MIPA tepat waktu. Tak seperti biasanya, hari itu anak-anak belum selesai berganti pakaian. Penyebabnya, mereka baru saja mengikuti ujian lari mengelilingi stadion.     Sebenarnya hari itu Bu Mia akan memberikan ulangan. Beberapa siswa yang napasnya masih memburu dan keringatnya bercucuran, mengajukan usul pada Dani.     “Dan ... minta Bu Mia menunda ulangan dong. Capek nih,” kata Ali.     “Waduuuh aku gak berani,” jawab Dani. “Lia saja suruh bilang. Dia kan ketua kelas, ” sambung Dani.     “Baiklah, aku akan mencoba merayu Bu Mia. Doakan berhasil,” kata Lia.     “Beres. Kamu kan ketua kelas.”     Dengan santun, Lia menghadap Bu Lia yang wajahnya tampak kaku melihat murid-muridnya belum juga siap mengikuti pelajaran.     “Maaf, Bu. Boleh Lia berbicara sebentar?” tanya Lia sambil duduk.     “Iya. Ada apa?”     “Begini, Bu, saya mewakili teman-teman, Lia minta maaf karena teman- teman belum selesai ganti baju.“     “Biasanya kan tidak terlambat seperti ini?” tanya Bu Mia.     “Iya, Bu. Sekali lagi maafhan, kami. Kami kelelahan, Bu. Tadi baru saja ujian lari mengelilingi stadion 2 kali.”     “Oh ... kenapa tidak bilang tadi? Kalian sudah minum?” suara Bu Mia berubah ramah setelah tahu penyebab Lia dan kawan-kawannya terlambat ganti baju.     “Belum sempat, Bu. Kami takut ketinggalan ulangan,” jawab Lia tetap dengan sopan. “Kalau boleh, kami minta waktu sepuluh menit untuk minum dan ganti baju, Bu. Biar badan kami segar.”     “Ya sudah, kalian istirahat 15 menit. Ulangannya minggu depan saja. Nanti kita latihan soal saja,” jawab Bu Lia mengagetkan Mia dan teman-teman.     “Makasih, Bu,” kata Lia.     “Eit ... tapi ingat. Kalian harus tertib. Tidak boleh gaduh dan mengganggu kelas lain. Dan masuk kelas lagi tepat pukul 09.00 WIB.”     “Iya, Bu. Makasih.”     Teman-teman Lia yang sejak tadi ikut menyimak pembicaraan Lia dan Bu Mia bertepuk tangan gembira mendengar keputusan Bu Mia. Bagaimana tanggapan Bu Mia atas permintaan Lia?

Pertanyaan

Teks 3

Terima Kasih Bu Mia
 

Sumber: Koleksi pribadi, diunduh dari https://www. facebook.com/faradina.izdhihary.dua


    Kamis pagi usai pelajaran olah raga, Bu Mia, guru Kimia masuk kelas X MIPA tepat waktu. Tak seperti biasanya, hari itu anak-anak belum selesai berganti pakaian. Penyebabnya, mereka baru saja mengikuti ujian lari mengelilingi stadion.

    Sebenarnya hari itu Bu Mia akan memberikan ulangan. Beberapa siswa yang napasnya masih memburu dan keringatnya bercucuran, mengajukan usul pada Dani.

    “Dan ... minta Bu Mia menunda ulangan dong. Capek nih,” kata Ali.

    “Waduuuh aku gak berani,” jawab Dani. “Lia saja suruh bilang. Dia kan ketua kelas, ” sambung Dani.

    “Baiklah, aku akan mencoba merayu Bu Mia. Doakan berhasil,” kata Lia.

    “Beres. Kamu kan ketua kelas.”

    Dengan santun, Lia menghadap Bu Lia yang wajahnya tampak kaku melihat murid-muridnya belum juga siap mengikuti pelajaran.

    “Maaf, Bu. Boleh Lia berbicara sebentar?” tanya Lia sambil duduk.

    “Iya. Ada apa?”

    “Begini, Bu, saya mewakili teman-teman, Lia minta maaf karena teman- teman belum selesai ganti baju.“

    “Biasanya kan tidak terlambat seperti ini?” tanya Bu Mia.

    “Iya, Bu. Sekali lagi maafhan, kami. Kami kelelahan, Bu. Tadi baru saja ujian lari mengelilingi stadion 2 kali.”

    “Oh ... kenapa tidak bilang tadi? Kalian sudah minum?” suara Bu Mia berubah ramah setelah tahu penyebab Lia dan kawan-kawannya terlambat ganti baju.

    “Belum sempat, Bu. Kami takut ketinggalan ulangan,” jawab Lia tetap dengan sopan. “Kalau boleh, kami minta waktu sepuluh menit untuk minum dan ganti baju, Bu. Biar badan kami segar.”

    “Ya sudah, kalian istirahat 15 menit. Ulangannya minggu depan saja. Nanti kita latihan soal saja,” jawab Bu Lia mengagetkan Mia dan teman-teman.

    “Makasih, Bu,” kata Lia.

    “Eit ... tapi ingat. Kalian harus tertib. Tidak boleh gaduh dan mengganggu kelas lain. Dan masuk kelas lagi tepat pukul 09.00 WIB.”

    “Iya, Bu. Makasih.”

    Teman-teman Lia yang sejak tadi ikut menyimak pembicaraan Lia dan Bu Mia bertepuk tangan gembira mendengar keputusan Bu Mia.


Bagaimana tanggapan Bu Mia atas permintaan Lia?space

  1. ...undefined

  2. ...undefined

R. Trihandayani

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

tanggapan Bu Mia adalah menyetujui permintaan Lia dan teman-temannya dengan sikap ramah.undefined 

Pembahasan

Pembahasan

Lia menyampaikan permintaan maaf dan meminta waktu kepada Bu Mia agar ia dan teman-temannya bisa minum dan ganti baju seragam agar badan mereka kembali segar. Permintaan Lia itu ditanggapi baik oleh Bu Mia karena Bu Mia merasa iba setelah tahu muridnya masih kelelahan karena mengelilingi stadion. Berikut ini adalah tanggapan Bu Mia.

    “Iya, Bu. Sekali lagi maafkan, kami. Kami kelelahan, Bu. Tadi baru saja ujian lari mengelilingi stadion 2 kali.”

    “Oh ... kenapa tidak bilang tadi? Kalian sudah minum?” suara Bu Mia berubah ramah setelah tahu penyebab Lia dan kawan-kawannya terlambat ganti baju.


Jadi, tanggapan Bu Mia adalah menyetujui permintaan Lia dan teman-temannya dengan sikap ramah.undefined 

294

4.7 (7 rating)

Eka Purwanti

Pembahasan lengkap banget

Pertanyaan serupa

Teks 2 HP Baru     Perihal HP barunya itu, sesungguhnya sudah lama Rani menginginkannya. Beberapa kali ia membujuk Ayahnya agar dibelikan HP. Gagal meminta langsung pada Ayahnya, Rani pun minta ba...

345

4.1

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia