Iklan

Iklan

Pertanyaan

Bacalah teks berikut.

Kota Palu terletak di atas endapan aluvial yang menyelimuti dasar graben yang masih aktif. Ketebalan endapan aluvial yang menyelimuti dasar graben bervariasi hingga membentuk dataran luas. Proses pembentukan dataran aluvial pada dasar graben berlangsung secara terus menerus oleh banjir. Endapan aluvial yang relatif tua bersifat lebih padat dan keras, sementara endapan yang relatif muda cenderung bersifat lebih lunak dengan kandungan air lebih tinggi. Kawasan endapan aluvial yang lunak dan memiliki kandungan air tinggi merupakan zona rawan likuifikasi. Kota palu berkembang ke segala arah hingga menempati kawasan tepi pantai yang merupakan sebuah teluk. Intensitas ancaman bencana di kawasan perkembangan kota kurang menjadi pertimbangan, sehingga menimbulkan banyak korban ketika terjadi bencana gempa dan tsunami.

Teknik participatory GIS oleh para relawan sangat efektif untuk mengetahui kondisi kota Palu pasca bencana tentang ....

Teknik participatory GIS oleh para relawan sangat efektif untuk mengetahui kondisi kota Palu pasca bencana tentang ....

  1. jumlah korban jiwa

  2. luas area terdampak gempa

  3. tingkat kerusakan bangunan

  4. wilayah landaan tsunami

  5. persebaran lokasi korban

Iklan

D. Wiratama

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah A.

 jawaban yang tepat adalah A.

Iklan

Pembahasan

Jawaban benar pada soal ini adalah A. Berikut penjelasannya. Maksud dari teknik participatory di sini adalah relawan diterjun langsungkan ke lapangan/lokasi terjadinya bencana. Teknik participatory merupakan teknik yang paling efektif, karena dengan menggunakan teknik ini data mengenai korban jiwa didapatkandengan akurat karena langsung dari lapangan. Sedangkan data lainnya seperti luas area terdampak gempa, tingkat kerusakan bangunan, wilayah landasan tsunami serta persebaran lokasi korban bisa diamati dengan penginderaan jauh, tanpa harus mendatangi lokasi secara langsung. Oleh sebab itu,jawaban yang tepat adalah A.

Jawaban benar pada soal ini adalah A.

Berikut penjelasannya.

Maksud dari teknik participatory di sini adalah relawan diterjun langsungkan ke lapangan/lokasi terjadinya bencana. Teknik participatory merupakan teknik yang paling efektif, karena dengan menggunakan teknik ini data mengenai korban jiwa didapatkan dengan akurat karena langsung dari lapangan. Sedangkan data lainnya seperti luas area terdampak gempa, tingkat kerusakan bangunan, wilayah landasan tsunami serta persebaran lokasi korban bisa diamati dengan penginderaan jauh, tanpa harus mendatangi lokasi secara langsung.

Oleh sebab itu, jawaban yang tepat adalah A.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

8

Syahdan

Jawaban yang benar adalah tingkat kerusakan bangunan. Cek video pembahasan soal UTBK 2019 no.2!!

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Bacalah teks berikut ini! Citra satelit beresolusi spasial tinggi seperti IKONOSdan Quickbird, telah membuka kesempatan dan peluangbaru dalam pengembangan aplikasi dan kegiatanpenelitian. Dalam kon...

28

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia