Iklan

Iklan

Pertanyaan

Tayangan televisi dewasa ini cenerung mempertontonkan iklan berbagai produk kebutuhan masyarakat yang menawarkan kemewahan dengan pola hidup keduniawian. Dampak negatif tayangan tersebut bagi kehidupan masyarakat adalah..

Tayangan televisi dewasa ini cenerung mempertontonkan iklan berbagai produk kebutuhan masyarakat yang menawarkan kemewahan dengan pola hidup keduniawian. Dampak negatif tayangan tersebut bagi kehidupan masyarakat adalah..

  1. membuka wawasan pengetahuan masyarakat

  2. menjadikan televisi sebagai saran hiburan

  3. menciptakan gaya hidup yang konsumtif

  4. membuka lapangan kerja di pertelevisian

  5. meningkatkan kemampuan daya beli

Iklan

M. Aulia

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Yogyakarta

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Tayangan televisi cenderung mempertontonkan iklan berbagai produk kebutuhan masyarakat yang menawarkan kemewahan dengan pola hidup keduniawian sehingga dampak negatif tayangan tersebut bagi kehidupan masyarakat adalah menciptakan gaya hidup yang konsumtif. Gaya hidup konsumtif merupakan keinginan untuk membeli barang-barang bukan karena kebutuhan tetapi karena keinginan atau nafsu sehingga berlebihan dan dengan acuan gengsi atau prestise. Kebutuhan masyarakat dengan unsur kemewahan dan pola hidup keduniawian merupakan alasan gaya hidup konsumtif muncul dalam kehidupan masyarakat. Adapun penjelasan lain dari pilihan jawaban yaitu: Membuka wawasan pengetahuan masyarakat merupakan dampak positif dari tayangan televisi Menjadikan televisi sebagai sarana hiburan merupakan dampak positif dari tayangan televisi Membuka lapangan kerja di pertelevisian merupakan dampak positif dari televisi Meningkatkan kemampuan daya beli bukan merupakan dampak positif dari televisi

Tayangan televisi cenderung mempertontonkan iklan berbagai produk kebutuhan masyarakat yang menawarkan kemewahan dengan pola hidup keduniawian sehingga dampak negatif tayangan tersebut bagi kehidupan masyarakat adalah menciptakan gaya hidup yang konsumtif. Gaya hidup konsumtif merupakan keinginan untuk membeli barang-barang bukan karena kebutuhan tetapi karena keinginan atau nafsu sehingga berlebihan dan dengan acuan gengsi atau prestise. Kebutuhan masyarakat dengan unsur kemewahan dan pola hidup keduniawian merupakan alasan gaya hidup konsumtif muncul dalam kehidupan masyarakat.

Adapun penjelasan lain dari pilihan jawaban yaitu:

  • Membuka wawasan pengetahuan masyarakat merupakan dampak positif dari tayangan televisi
  • Menjadikan televisi sebagai sarana hiburan merupakan dampak positif dari tayangan televisi
  • Membuka lapangan kerja di pertelevisian merupakan dampak positif dari televisi
  • Meningkatkan kemampuan daya beli bukan merupakan dampak positif dari televisi

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

6

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Pada sebagian besar masyarakat yang tinggal di perkotaan, ada kecenderungan untuk selalu menerapkan kebudayaan Barat dalam pola perilaku kehidupannya. Hal inilah yang kemudian kita sebut westernisasi....

2

2.5

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia