Roboguru

Tanpa air tak ada makhluk hidup yang dapat bertahan. Di muka bumi sebagian besar air terkumpul di lautan, bagian paling rendah. Secara berkala kekuatan alam membawa air laut ke daratan hingga ke puncak-puncak gunung dan mencurahkannya sebagai hujan. Air hujan itu membasahi tanah, bebatuan, dedaunan, dan memberi kesegaran kepada semua makhluk hidup      Tempat air hujan tercurah, terdiri atas gunung dan bukit, dataran tinggi dan rendah, padang dan lembah, pasir dan pada, dan bagian tanah yang gembur dan keras. Permukaan tanah ada yang ditumbuhi pepohonan atau rerumputan, tetapi ada juga yang gundul. Air hujan yang tercurah akan membasahi seluruh permukaan tanah. Sebagian air hujan meresap ke dalam tanah, sebagian menggenang di antara gunung atau bukit menjadi danau, selebihnya mengalir melalui dataran-dataran dan lembah menjadi sungai yang menuju lautan.      Hutan dan aneka macam tanaman yang membentuknya selalu hijau dan tampak subur karena ada air yang menyirami setiap waktu. Tumbuh-tumbuhan itu membuat tanah selalu gembur dan berongga karena akar-akarnya menembus masuk ke dalam tanah. Daun-daun yang gugur, menumpuk, lalu membusuk di bawahnya menjadi humus. Humus membuat tanah semakin subur dan gembur sehingga aneka tanaman baru dapat tumbuh lagi. Lebih dari itu, air hujan yang tertumpah dari langit dapat dengan cepat dan mudah meresap ke dalam tanah, semakin dalam membasahi dan menyuburkan tanah, dan semakin banyak tersimpan dalam tanah. Ringkasan tepat sesuai kutipan buku tersebut adalah...

Pertanyaan

  Tanpa air tak ada makhluk hidup yang dapat bertahan. Di muka bumi sebagian besar air terkumpul di lautan, bagian paling rendah. Secara berkala kekuatan alam membawa air laut ke daratan hingga ke puncak-puncak gunung dan mencurahkannya sebagai hujan. Air hujan itu membasahi tanah, bebatuan, dedaunan, dan memberi kesegaran kepada semua makhluk hidup

     Tempat air hujan tercurah, terdiri atas gunung dan bukit, dataran tinggi dan rendah, padang dan lembah, pasir dan pada, dan bagian tanah yang gembur dan keras. Permukaan tanah ada yang ditumbuhi pepohonan atau rerumputan, tetapi ada juga yang gundul. Air hujan yang tercurah akan membasahi seluruh permukaan tanah. Sebagian air hujan meresap ke dalam tanah, sebagian menggenang di antara gunung atau bukit menjadi danau, selebihnya mengalir melalui dataran-dataran dan lembah menjadi sungai yang menuju lautan.

     Hutan dan aneka macam tanaman yang membentuknya selalu hijau dan tampak subur karena ada air yang menyirami setiap waktu. Tumbuh-tumbuhan itu membuat tanah selalu gembur dan berongga karena akar-akarnya menembus masuk ke dalam tanah. Daun-daun yang gugur, menumpuk, lalu membusuk di bawahnya menjadi humus. Humus membuat tanah semakin subur dan gembur sehingga aneka tanaman baru dapat tumbuh lagi. Lebih dari itu, air hujan yang tertumpah dari langit dapat dengan cepat dan mudah meresap ke dalam tanah, semakin dalam membasahi dan menyuburkan tanah, dan semakin banyak tersimpan dalam tanah.

Ringkasan tepat sesuai kutipan buku tersebut adalah...

  1. Air terdiri atas air hujan dan air tanah yang berperan dalam kehidupan makhluk hiduo. Air paling banyak berkumpul di lautan dan dapat membentuk hujan. Air hujan yang tercurah setiap hari akan membasahi seluruh permukaan tanah. Hutan dan aneka macam tanaman yang membentuknya selalu hijau dan tampak subur karena ada air yang menyirami setiap waktu

  2. Air hujan memegang peranan penting bagi masyarakat yang tinggal di pegunungan. Air hujan tersebut akan disimpan di penampungan air untuk beberapa bulan. Di daerah pegunungan masyarakat mengandalkan air hujan untuk mencukupi kebutuhan air sehari-hari. Hutan dan aneka macam tanaman yang tumbuh di pegunungan selalu hijau dan tampak subur karena ada air yang menyirami setiap waktu.

  3. Air merupakan unsur penting bagi makhluk hidup. Karena kekuatan alam, air di lautan mampu membentuk hujan. Air hujan itu membasahi tanah, bebatuan, dedaunan, dan memberi kesegaran kepada semua makhluk hidup. Air hujan yang tercurah akan membasahi seluruh permukaan tanah. Hutan dan aneka macam tanaman yang membentuknya selalu hijau dan tampak subur karena ada air yang menyirami setiap waktu.

  4. Air terdiri atas air hujan dan air tanah yang dibutuhkan manusia, tumbuhan, dan binatang. Air hujan yang tercurah setiap hari akan membasahi seluruh permukaan tanah. Hutan dan aneka macam tanaman yang membentuknya selalu hijau dan tampak subur karena ada air hujan yang menyirami setiap waktu. Namun, jika di hutan tidak terdapat tanaman, air hujan dapat menyebabkan banjir.

  5. Air memegang peranan penting bagi makhluk hidup. Air berlimpah memberi manfaat bagi manusia, tumbuhan, dan binatang. Namun, air berlimpah juga mendatangkan malapetaka, salah satunya banjir. Banjir terjadi jika hutan gundul dan beberapa tanaman sudah tidak mampu menahan arus air yang deras.

Pembahasan:

Pilihan jawaban A tidak tepat karena kutipan buku tersebut tidak membicarakan mengenai air tanah. Pilihan jawaban B tidak tepat karena kutipan buku tidak membahas manfaat air hujan untuk masyarakat yang tinggal di pegunungan. Pilihan jawaban D tidak tepat karena kutipan buku tersebut tidak membicarakan mengenai air tanah dan air tidak menyebabkan hutan banjir. Pilihan jawaban E tidak tepat karena membahas tentang bajir yang diakibatkan air yang meluap.

Jawaban terverifikasi

Dijawab oleh:

P. Tessalonika

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Medan

Terakhir diupdate 15 Desember 2020

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan serupa

Meringkas teks eksplanasi harus menggunakan kosa kata yang....

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved