Iklan

Iklan

Pertanyaan

Tanaman teh tumbuh baik di dataran tinggi sedangkan tanaman mangrove (bakau) tumbuh baik di daerah pantai berlumpur. Konsep geografi yang berkaitan dengan fenomena itu adalah ....

Tanaman teh tumbuh baik di dataran tinggi sedangkan tanaman mangrove (bakau) tumbuh baik di daerah pantai berlumpur.
Konsep geografi yang berkaitan dengan fenomena itu adalah ....

 

  1. konsep lokasi

  2. konsep deferensiasi area

  3. konsep aglomerasi

  4. konsep jarak

  5. konsep pola

Iklan

C. Julaika

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Gunadarma

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Konsep lokasi atau letak adalah suatu tempat atau letak daerah dimana adanya keterkaitan suatu objek di muka bumi. Secara umum konsep lokasi dibagi menjadi dua yakni lokasi absolut dan lokasi relatif. Diferensiasi areal adalah konsep yang membandingkan dua wilayah untuk menunjukkan adanya perbedaan antara satu wilayah dengan wilayah lain karena tiap-tiap wilayah memiliki karakteristik khas masing-masing. Aglomerasi adalah adanya suatu fenomena yang mengelompok menjadi satu bentuk atau struktur. Jarak adalah ruang atau sela yang menghubungkan antara dua lokasi atau dua objek dan dihitung melalui hitungan panjang maupun waktu. Konsep Jarak memiliki peranan penting dalam kehidupan sosial, ekonomi, dan politik. Konsep jarak dibagi menjadi dua, yaitu jarak mutlak dan jarak relatif. Konsep pola adalah bentuk, struktur, dan persebaran fenomena atau kejadian di permukaan bumi baik gejala alam maupun gejala sosial. Pola juga dapat diartikan sebagai tatanan geometris yang beraturan sebagai bentuk interaksi manusia dengan lingkungannya. Sesuai dengan penjabaran di atas, dapat diketahui bahwa konsep geografi yang cocok untuk fenomena tanaman teh yang tumbuh di dataran tinggi dan tanaman mangrove yang tumbuh di pantai berlumpur adalah konsep diferensiasi areal. Kedua tanaman tersebut memiliki wilayah yang berbeda untuk dapat tumbuh.

  • Konsep lokasi atau letak adalah suatu tempat atau letak daerah dimana adanya keterkaitan suatu objek di muka bumi. Secara umum konsep lokasi dibagi menjadi dua yakni lokasi absolut dan lokasi relatif.
  • Diferensiasi areal adalah konsep yang membandingkan dua wilayah untuk menunjukkan adanya perbedaan antara satu wilayah dengan wilayah lain karena tiap-tiap wilayah memiliki karakteristik khas masing-masing.
  • Aglomerasi adalah adanya suatu fenomena yang mengelompok menjadi satu bentuk atau struktur.
  • Jarak adalah ruang atau sela yang menghubungkan antara dua lokasi atau dua objek dan dihitung melalui hitungan panjang maupun waktu. Konsep Jarak memiliki peranan penting dalam kehidupan sosial, ekonomi, dan politik. Konsep jarak dibagi menjadi dua, yaitu jarak mutlak dan jarak relatif.
  • Konsep pola adalah bentuk, struktur, dan persebaran fenomena atau kejadian di permukaan bumi baik gejala alam maupun gejala sosial. Pola juga dapat diartikan sebagai tatanan geometris yang beraturan sebagai bentuk interaksi manusia dengan lingkungannya.

Sesuai dengan penjabaran di atas, dapat diketahui bahwa konsep geografi yang cocok untuk fenomena tanaman teh yang tumbuh di dataran tinggi dan tanaman mangrove yang tumbuh di pantai berlumpur adalah konsep diferensiasi areal. Kedua tanaman tersebut memiliki wilayah yang berbeda untuk dapat tumbuh.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

78

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Contoh dari konsep diferensiasi area yang tepat adalah ...

19

4.6

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia