Iklan

Iklan

Pertanyaan

Tanaman teh tumbuh baik di dataran tinggi sedangkan tanaman mangrove (bakau) tumbuh baik di daerah pantai berlumpur. Konsep geografi yang berkaitan dengan fenomena itu adalah ….

Tanaman teh tumbuh baik di dataran tinggi sedangkan tanaman mangrove (bakau) tumbuh baik di daerah pantai berlumpur.

Konsep geografi yang berkaitan dengan fenomena itu adalah ….

  1. konsep lokasi

  2. konsep deferensiasi area

  3. konsep aglomerasi

  4. konsep jarak

  5. konsep pola

Iklan

A. Ac

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Konsep diferensiasi area digunakan untuk mempelajari perbedaan gejala geografi antara wilayah yang satu dengan yang lain di permukaan bumi. Soal pada nomor tersebut membahas mengenai karakter tanah di dataran tinggi yang baik untuk ditanami the sedangkan pada daerah pantai berlumpur cocok ditanami tumbuhan bakau atau mangrove. Kedua karakteristik tersebut berkaitan dengan konsep diferensiasi area. Sehingga jawaban yang tepat adalah B. konsep diferensiasi area. Konsep lokasi berkaitan dengan posisi suatu objek atau fenomena, sehingga juga kurang tepat untuk membahas kasus tersebut. Konsep aglomerasi berkaitan dengan pengelompokan suatu objek berdasarkan kriteria tertentu. Konsep jarak menjelaskan tentang sela antara dua objek sedangkan konsep pola menjelaskan tentang bentukan objek jika dilihat dari suatu tempat yang lebih tinggi.

Konsep diferensiasi area digunakan untuk mempelajari perbedaan gejala geografi antara wilayah yang satu dengan yang lain di permukaan bumi. Soal pada nomor tersebut membahas mengenai karakter tanah di dataran tinggi yang baik untuk ditanami the sedangkan pada daerah pantai berlumpur cocok ditanami tumbuhan bakau atau mangrove. Kedua karakteristik tersebut berkaitan dengan konsep diferensiasi area. Sehingga jawaban yang tepat adalah B. konsep diferensiasi area.

Konsep lokasi berkaitan dengan posisi suatu objek atau fenomena, sehingga juga kurang tepat untuk membahas kasus tersebut. Konsep aglomerasi berkaitan dengan pengelompokan suatu objek berdasarkan kriteria tertentu. Konsep jarak menjelaskan tentang sela antara dua objek sedangkan konsep pola menjelaskan tentang bentukan objek jika dilihat dari suatu tempat yang lebih tinggi.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

2

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Tsunami sebagai gejala alam dapat dikaji melalui konsep-konsep Geografi. Jelaskan konsep-konsep yang dapat memberikan sumbangan pada pengkajian tsunami dan dampak yang ditimbulkannya.

35

4.3

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia